Pendahuluan

Pada perkembangan saat ini elevator memiliki sistem kontrol yang canggih. Fasilitas yang ada semakin kompleks dan sistem kontrolnya menjadi semakin rumit. Elevator saat ini sudah dilengkapi sistem kontrol yang menggunakan PLC, mikrokontroler maupun mikroprosesor. Sedangkan FPGA merupakan media alternatif yang dapat digunakan implementasi sistem kontrol elevator tersebut.

Dalam penelitian ini dibuat prototipe rangkaian sistem kontrol elevator sederhana, yang rancangannya dibuat dengan deskripsi VHDL dan diimplementasikan pada FPGA Altera keluarga FLEX-10K seri EPF10K10. Perangkat lunak yang digunakan adalah MAXplus+II. Sistem kontrol elevator ini digunakan untuk mengendalikan elevator 12 lantai.

Perancangan Sistem Kontrol Elevator

Sistem kontrol elevator yang dibuat dapat mengendalikan 12 lantai. Masukan kontrol berupa sinyal yang mewakili posisi tiap lantai dan sinyal keluaran berupa lantai tujuan. Sistem kontrol bekerja sebagai berikut: elevator akan bergerak pada satu arah selama masih ada permintaan lantai pada arah yang sama dan jika tidak ada permintaan lantai pada arah yang sama, elevator akan berhenti dan menjadi idle, atau berubah arah jika ada permintaan lantai dengan arah yang berlawanan.

Secara umum arsitektur VHDL dari sistem kontrol elevator mengarah pada penggunaan sistem memori. Masukan dari luar sistem akan diidentifikasikan sebagai masukan yang mengisi alamat memori dengan sinyal bit satu dan kemudian akan diakses oleh sistem kontrol. Untuk memudahkan perancangan sistem kontrol dibagi dalam beberapa blok, sebagaimana ditunjukkan pada Gambar 2, yang komunikasi antar blok-nya digunakan beberapa sinyal.

(informasi selengkapnya bisa diunduh disini)

Tags: , , ,

7 Responses to “Implementasi Prototipe Sistem Kontrol Elevator Berbasis FPGA Menggunakan VHDL”

  1. Pak, numpang tanya,, masih pemula dalam VHDL,,
    kalau kita pakai FPGA dari xilinx, dan editornya pakai ISE, apakah akan berbeda code VHDL-nya??
    bisa tolong minta listing code VHDL-nya??

  2. @rahmad:
    kode VHDL-nya tetap 99% sama saja, yang membedakan adalah constraint-nya karena device Xilinx beda dengan Altera…

  3. ikhsan mulyadi
    May 4th, 2010 at 1:23 am

    sourcecodenya ada ga??

  4. nah ini nih yang saya cari, bermanfaat banget gan

  5. apa ada source codenya ?

  6. source codenya dong

Trackbacks/Pingbacks

  1. Implementasi sistem mikroprosesor/mikrokontroler « Alifian Nur

Leave a Reply

You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>