ABSTRAK

Telah dibuat sebuah aplikasi ekualiser menggunakan algoritma Penapis Lolos-pita Tanggap Impuls Tak-hingga (IIR - Infinite Impulse Response). Dengan ekualiser tersebut dapat diubah penguatan pada tingkat frekuensi tertentu, sehingga dapat ditonjolkan suara bass, trebel maupun vokal dari suatu sinyal audio.

Salah satu teknik dasar yang merupakan komponen utama dalam pembuatan sebuah ekualiser adalah penapisan. Teknik penapisan digunakan untuk meloloskan beberapa sinyal tertentu dan memblokade lainnya. Penapis Lolos-pita Tanggap Impuls Tak-hingga adalah salah satu teknik penapisan yang menggunakan metode rekursif (menggunakan keluaran sebelumnya sebagai masukan saat ini dan digunakan untuk mendapatkan keluaran saat ini).

PENDAHULUAN

Ekualiser merupakan salah satu komponen efek suara (sound effect) yang biasanya terdapat dalam sebuah pemutar audio. Hampir semua pemutar audio dilengkapi dengan komponen ini. Keberadaan komponen ini menjadi penting mengingat fungsinya yang dapat mengatur penguatan masing-masing pita frekuensi secara terpisah. Ekualiser digunakan untuk melakukan seleksi terhadap suatu frekuensi tertentu dan mengubah kuat bunyi (gain) pada tingkat frekuensi tersebut. Dulunya komponen ekualiser ini terdapat dalam pemutar audio dan dibuat secara perangkat keras. Namun kini dengan kemajuan teknik pemrograman dan perkembangan bahasa pemrograman dapat diprogram sebuah ekualiser yang tentu lebih murah dengan kualitas yang tak kalah dari ekualiser secara perangkat keras.

(informasi selengkapnya bisa diunduh disini)

Tags: , ,

8 Responses to “Pembuatan Ekualiser 10-Band Stereo Digital dengan Algoritma Penapis Lolos-pita Tanggap Impuls Tak-Hingga”

  1. Pak Eko, tolong donk di share contoh programnya equalizer

  2. iya minta algoritmanya donk

  3. nais info… lumayan buat tambahan referensi…. komen2 di blog ane ya pak dosen…

  4. Ini kalau menggunakan matlab menggunakan real time processing ya pak? (analogoutput)

    yang saya bingung adalah bagaimana manipulasi matriks suaranya saat suara sedang dimainkan (putdata)..

    dikarenakan pada analogoutput itu tidak ada properties SamplesPerTrigger jadi kita tidak bisa memanipulasi sinyal suara per triggernya.. sedangkan ketika slidernya dinaik turunkan harusnya langsung berpengaruh pada sinyal suara (musik) yang terdengar..

    mohon penjelasannya..

    terimakasih banyak

  5. @riksa:
    maaf saya belum pernah pake real time processing-nya matlab, mungkin ada rekan2 lain punya saran…? monggo…

  6. Bagus pak artikelnya

  7. terimakasih sangat membantu

Trackbacks/Pingbacks

  1. Rangkuman artikel Pemrosesan Sinyal Digital sepanjang 2008-2012 | DSP & Embedded Electronics

Leave a Reply

You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>