Dewasa ini sistem keamanan rumah menjadi hal yang penting untuk diperhatikan. Saat ini kunci konvensional yang masih dipakai secara luas dinilai kurang praktis dan aman. Berdasarkan hal ini telah dirancang sebuah kunci digital. Dengan kunci digital ini, masing-masing pengguna tidak perlu membawa kunci satusatu, cukup mengingat nomor PIN saja. Kunci digital ini juga lebih mudah diganti PIN-nya sewaktu-waktu.

Kunci digital dirancang berbasis FPGA. Rancangan dibuat dalam modulmodul dengan deskripsi VHDL dan Verilog, kemudian digabungkan secara skematik dengan perangkat lunak MAX+PlusII. Rancangan telah berjalan dengan baik pada piranti Altera FLEX-10K.

Kunci digital yang berhasil dibuat cukup aman karena dapat diset hingga satu juta kombinasi angka masukan. Rancangan yang dibuat hanya menggunakan sumber daya blok logika pada FPGA, sedangkan blok embeded-nya tidak digunakan. Rancangan dengan VHDL membutuhkan 243 sel logika sedangkan rancangan dengan Verilog membutuhkan 270 sel logika.

(informasi selengkapnya bisa diunduh disini)

Tags: , , ,

4 Responses to “Prototipe Kunci Digital Berbasis FPGA menggunakan VHDL dan Verilog”

  1. Saya masih kurang mengerti, apakah FPGA-nya nanti dibawa kemana2 atau seperti pintu ber-PIN yang ada atau bagaimana?kelebihannya apa dari solusi yang sudah ada dipasaran?

    Trus klo malingnya pake magnet yang cukup gede, bisa buyar semua dong data digital yang ada pada fpga-nya…

  2. piranti dikemas dalam boks, FPGA sudah terpasang di PCB, sehingga konfigurasi langsung dilakukan secara otomatis saat prianti dihidupkan…

    tidak masalah kalo ada maling pake magnet yang besar, karena piranti kontrol diletakkan bisa cukup jauh dari pintu, untuk amannya bisa digunakan piranti pewaktu watchdog, sehingga kalo hang/crash karena gangguan magnetis, piranti akan mereset dirinya sendiri…

    jika perlu pake FPGA yang rom-based jadi hanya diprogram/dikonfigurasi ulang, tidak terpengrauh oleh adanya magnet…

    begitulah, semoga jelas…

  3. dalam membuat sebuah rancang bangun alat…yang tidak kalah penting keberadaan nya adalah masalah Backup catu daya..masalah nya..kasus2 selama ini, kadang pencuri membobol sistem seperti tersebut diatas, kalo ga dengan magnet, pasti daya dimatiin….

  4. Terimakasih telah berbagi pak

Leave a Reply

You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>