ABSTRACT

It has been designed and implemented an FPGA-based microprocessor prototype using Altera EPF10K10 and VHDL description then compiled and simulate using MAX+Plus II software. The microprocessor prototype is implementing using the Wizard A-01 development board and its assembly program stored in ROM. To decode and execute the instruction, it used Control Unit, which will send control signal to other components. The 16 instructions is implementing in this microprocessor prototype. This microprocessor prototype has 8-bit data bus and 4-bit address bus, implemented using 375 logic cells, operating at 14.72 MHz clock (maximum) and 3.68 MIPS.

PENDAHULUAN

Mikroprosesor telah berkembang menjadi bagian penting dalam dunia elektronika. Untuk menggunakan mikroprosesor, pengguna tinggal menyusun suatu program dengan memanfaatkan instruksi mesin (assembly) yang dimiliki oleh mikroprosesor tersebut. Adanya komponen register serta Arithmetic and Logic Unit (ALU) memungkinkan mikroprosesor dapat menjalankan berbagai macam komputasi, mulai dari komputasi sederhana hingga yang kompleks.

Menurut Turley (2002) Kendala yang dihadapi dalam perancangan mikroprosesor adalah mahal dan lamanya fabrikasi. Untuk mengatasi kendala waktu dan biaya fabrikasi, mikroprosesor dapat diimplementasikan dalam Field Programmable Array (FPGA). FPGA merupakan piranti yang bersifat dapat dikonfigurasi-ulang (reconfigurable). FPGA memiliki komponen kombinasional dan sekuensial dalam tiap sel logik-nya, sehingga memungkinkan FPGA dapat digunakan untuk implementasi rangkaian kombinasional dan rangkaian sekuensial. Dengan teknologi FPGA, implementasi rancangan sistem digital dapat dilakukan secara cepat (Maxfield, 2004).

Tujuan penelitian ini adalah merancang dan mengimplementasikan sebuah mikroprosesor sederhana (purwarupa mikroprosesor) dalam FPGA menggunakan deskripsi VHDL (VHSIC Hardware Description Language).

(informasi selengkapnya bisa diunduh disini)

Tags: , ,

4 Responses to “Purwarupa Mikroprosesor berbasis FPGA ALTERA EPF10K10 dengan Deskripsi VHDL”

  1. Pagi pak, saya yuniarto wimbo mahasiswa Polban, pak saya ingin menanyakan apakah FPHA dari Altera tipe DE2 dapat di dibuat interfacenya dengan menggunakan Visual Basic sebagai HMInya pak?
    terimakasih

  2. Good article

  3. thanks for sharing

  4. Purwarupa Mikroprosesor berbasis FPGA ALTERA EPF10K10 dengan Deskripsi VHDL
    Thats is Amzing Artical Thats To Much Informative

Leave a Reply

You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>