Abstrak

Pada penelitian ini telah dilakukan eksplorasi dan pengujian Transformasi Paket Wavelet (TPW) dan Dekomposisi Wavelet yang dilanjutkan dengan proses korelasi terhadap data-data Gn. Merapi. Proses korelasi dilakukan untuk menghasilkan analisa kuantitaif tingkat kesamaan pada frekuensi-frekuensi tertentu (berkaitan dengan hasil Dekomposisi Wavelet).

Hasil dari TPW menunjukkan adanya gambaran pola (analisa kualitatif), sedangkan hasil Dekomposisi Wavelet yang dilanjutkan dengan proses korelasi menunjukkan adanya tingkat kesamaan sinyal pada frekuensi-frekuensi tertentu dan hal ini berkaitan dengan suatu event tertentu (analisa kuantitatif).

Pendahuluan

Mempelajari perilaku suatu gunung berapi sehingga didapatkan karakteristik dari gunung yang bersangkutan merupakan penelitian yang salah satunya dapat dimanfaatkan untuk mendukung sistem peringatan dini bencana alam (gunung berapi). Salah satu metode yang digunakan adalah dengan memanfaatkan data-data seismik gunung yang bersangkutan.

Gelombang seismik ditimbulkan oleh suatu gangguan elastis yang merambat dari satu tempat (titik) ke tempat (titik) yang lain melalui suatu medium, yaitu bumi. Secara alami, gelombang seismik dapat ditimbulkan karena adanya aktifitas kerak bumi (berupa pengangkatan, penurunan, tekanan atau pelipatan/patahan) dan aktifitas gunung berapi. Yang pertama dinamakan gelombang seismik tektonik (gempa bumi) sedangkan yang kedua dinamakan gelombang seismik volkanik. Piranti yang digunakan untuk merekam gelombang seismik dinamakan seismograf.

Data-data gelombang seismik yang telah terekam, kemudian diproses atau diolah untuk suatu tujuan atau kepentingan tertentu. Misalnya, dengan menggunakan rekaman data seismik gempa bumi (tektonik) dapat ditentukan pusat dan kedalaman gempa bumi yang bersangkutan. Sedangkan pada gunung berapi dapat digunakan untuk memperkirakan jenis aktivitas gunung berapi tersebut, seperti gerakan magma, guguran lava padat, gejala-gejala akan terjadinya letusan dan lain-lain.

(informasi selengkapnya bisa diunduh disini)

Tags: , , ,

23 Responses to “Transformasi Paket Wavelet, Dekomposisi Wavelet dan Korelasi pada Data Seismik Gn. Merapi, Jawa - Indonesia”

  1. mas Agfianto saya bangkit erlangga, ingin minta bahan tentang transformasi paket wavelet, buat keperluan Tugas Akhir saya. mohon bantuannya.

    terima kasih

  2. mas Agfianto, saya bangkit erlangga ingin minta bantuan mohon diberi bahan tentang transformasi paket wavelet buat keperluan Tugas Akhir. mohon bantuannya mas agfianto.

    terima kasih.

  3. oh bisa-bisa… kira-kira Transformasi Paket Wavelet mo dipakai untuk apa ya??

  4. Mas,saya dhani.Saya mohon bantuan mengenai bahan tugas akhir saya yaitu transformasi wavelet untuk analisis tekstur. Mohon kiranya ada referensi buku,jurnal,atau perangkat lunak,atau apa aja…Mohon kiranya dikirim ke email ini. Trims b4

  5. okey, saya siapkan untuk semua yang membutuhkan… Insya Alloh…

  6. Jika ada yang membutuhkan penjelasan lengkap dari paper ini silahkan hubungi saya, karena akan saya kirimkan ebook-nya (hasil seminar internal) sekitar > 60 halaman… terima kasih…

  7. mas, bisa minta cara bagaimana tahap-tahap pengenalan wajah dengan gabor wavelet dong, sekalian cara hitung-hitungannya.

  8. @Ahmad:
    Maaf saya belum punya referensi pribadi, tapi Anda bisa mendapatkan informasi yang Anda tanyakan disini.
    Terima kasih

  9. mohon bisa dijelaskan karakteristik gelombang P dan S dan sekaligus manfaat keduanya dalam survei TPW…

  10. mas afgianto….boleh berbagi materi dan bahan mengenai dekompisisi wavelet??saya membutuhkannya untuk Tugas Akhir saya…makasih

  11. Did you utilize a help of a custom writing service for your hot release? I opine that you have great argument essay composing technique. Thank you for that!

  12. slmat sore pak..
    saya mengambil skripsi tentang penerapan transformasi wavelet diskrit untuk peramalan data time series, apakah bpk punya referensi mengenai bab tersebut?? oia pak, apa bpk punya syntax(macro)bab tersebut yang menggunakan matlab? kalo ad,tolong dikirim k eael saya ya pak, saya mohon bantuannya.. (r_linda8866@yahoo.com)

    terimakasih pak.

  13. pak agfi, saya ingin menanyakan sebenarnya yang dimaksud dengan resolusi itu apa?? dan yang dimakdud dengan Aj dalam DWT itu apa??saya pernah baca d sebuah skripsi, peramalan yg dilakukan itu N-nya menggunakan 8,16,32,64,128. apakah memang harus seperti itu??? klo bpk tidak keberatan,mohon mengirimkan tutorial mengenai wavelet dan aplikasix menggunakan matlab ke email saya r_linda8866@yahoo.com

    trima kasih pak

  14. mas,mau ikut tanya ni.
    kata berikut yg bener itu yg mana?
    akuisisi data atau akusisi data,mohon djelaskan ya.
    terima kasih.

  15. mas saya edy, saya sedang mengerjakan thesis, dan metode yang saya gunakan adalah wavelet. saya mau tanya tujuan mendekomposisi sinyal dengan wavelet sampai beberapa kali itu tujuannya untuk apa ya? terima kasih. tolong dong di kirim ke email saya.

  16. Mas tolong kirimin yang hasil seminar tu donk,,,,
    fatel.chelsea@gmail.com
    makasi ya mas.,,

  17. Assalamualaikum,
    maaf pak….bisa nggak kasih contoh listing program di M filenya…kebetulan saya juga sedang tesis ngambil aplikasi paket wavelet tapi utk kedatangan gelombang P pada kasus gempa Tasik 2009,lebih tepatnya ke denoising waveletnya, dan saya masih kebingungan utk memulai analisanya, mohon pencerahannya

  18. Mas, tolong saya minta dikirimin juga ebooknya. Buat tugas akhir juga tentang reduksi derau..

  19. @mashuri: silahkan kunjungi halaman “buku-buku saya” disana sudah ada link ke ebooknya… terima kasih

  20. Salam kenal Pak Agfianto…
    Saya sedang melaksanakan tugas akhir dengan mengambil judul Kompresi citra menggunakan Metode Transformasi Wavelet Diskrit,,tetapi saya belum mendapat referensi yang jelas dan lengkap..Saya mohon bantuannya pak seandainya bapak memiliki buku yang lengkap yang dapat saya pelajari.

  21. salam kenal pak, saya mau mohon bantuan untuk tugas akhir saya….saya menggunakan DWT untuk pengolahaan citra tulisan tangan,mohon bantuan cara penggunaan untuk DWT pada citra pak,mohon bantuan ref.nya pak

  22. mas agfianto bisa mnta tolong postingkan transformasi wavelate untuk pengolahan citra ndak, saya hendak mengerjakan tugas untuk transformasi citra namun msi bingung bagaimana sintax nya dalam matlab dan vb

  23. Mas saya minta tolong buat theory wavelet nya saja buat tugas akhir.
    soalnya saya fokus ke materinya saja tanpa studi kasus, jadi kalo bisa referensi theory waveletnya.
    terima kasih sebelumnya.

Leave a Reply

You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>