Kebutuhan akan resolusi tinggi dalam analisis sinyal non-stasioner telah mengakibatkan perkembangan berbagai sarana (tools) yang ampuh untuk menganalisis data-data sinyal non-stasioner.

Metode Transformasi berbasis Wavelet merupakan salah satu sarana yang dapat digunakan untuk menganalisis (meneliti) sinyal-sinyal non-stasioner. Dalam beberapa tahun terakhir ini, metode ini telah dibuktikan kegunaannya dan sangat populer di berbagai bidang ilmu. Analisis Wavelet dapat digunakan untuk menunjukkan kelakukan sementara (temporal) pada suatu sinyal, misalya dalam bidang geofisika (sinyal seismik), fluida, medik dan lain sebagainya. Metode Transformasi Wavelet ini dapat digunakan untuk menapis data atau meningkatkan mutu kualitas data; dapat juga digunakan untuk mendeteksi kejadian-kejadian tertentu serta dapat digunakan untuk pemampatan data (Foster dkk., 1994).

Selain itu Transformasi Wavelet juga dapat digunakan untuk analisis sinyal-sinyal non-stasioner (yaitu sinyal yang kandungan frekuensinya bervariasi terhadap waktu), karena berkaitan dengan kemampuannya untuk memisah-misahkan berbagai macam karakteristik pada berbagai skala (Anant dan Dowla, 1997).

Konsep Transformasi Wavelet telah dirumuskan sejak awal 1980-an oleh beberapa ilmuwan seperti Morlet, Grosmann, Daubechies dan lain-lain. Sejak itu Wavelet kemudian dikembangkan dalam beberapa area disiplin ilmu atau aplikasi seperti matematika, fisika, pemrosesan citra, analisis numerik, pengolahan data citra dan data geofisika. Transformasi Wavelet merupakan transformasi yang terpadu menggunakan kernel terintegrasi yang dinamakan wavelet. Wavelet ini digunakan dalam dua cara:

  1. Sebagai kernel terintegrasi untuk analisis serta mengekstraksi informasi suatu data, dan
  2. Sebagai suatu basis penyajian atau karakterisasi suatu data. Hal ini akan membawa kita kepada 2 (dua) pertanyaan berikut:
    1. informasi apakah yang dapat diekstraksi menggunakan wavelet ? dan
    2. bagaimana cara kita memperoleh suatu penyajian atau deskripsi suatu data menggunakan wavelet ?

Jawaban untuk pertanyaan yang pertama terletak pada sifat terpenting dari wavelet yaitu lokalisasi waktu-frekuensi (time-frequency localization). Kelebihan dari analisis sinyal menggunakan wavelet adalah bahwa dapat dipelajarinya karakteristik sinyal secara lokal dan detil, sesuai dengan skala-nya. Sifat ini sangat berguna untuk sinyal-sinyal non-stasioner atau memiliki komponen transien dengan waktu-hidup (lifetime) yang pendek atau memiliki karakteristik yang berbeda pada skala-skala yang berbeda atau memiliki singularitas. Sedangkan jawaban untuk pertanyaan yang kedua didasarkan pada cara memandang wavelet sebagai blok pembangun dalam proses penguraian (decomposition) atau ekspansi deret. Jadi, suatu penyajian data menggunakan wavelet dilakukan dengan cara ekspansi tak-berhingga dari wavelet yang diulur atau dilated dan digeser atau translated (Kumar dan Foufoula-Georgiou, 1994).

Wavelet merupakan fungsi matematik yang membagi-bagi data menjadi beberapa komponen frekuensi yang berbeda-beda, kemudian dilakukan analisis untuk masing-masing komponen menggunakan resolusi yang sesuai dengan skalanya (Graps, 1995). Kepentingan penggunaan Transformasi Wavelet ini berdasarkan fakta bahwa dengan Transformasi Wavelet akan diperoleh resolusi waktu dan frekuensi yang jauh lebih baik daripada metode-metode lainnya seperti Transformasi Fourier maupun Transformasi Fourier Waktu Pendek (STFT=Short Time Fourier Transform), selain itu analisis data pada kawasan waktu dan frekuensi penting dan harus dilakukan untuk mempelajari perilaku sinyal-sinyal non-stasioner, selain itu juga dapat dilakukan analisis data pada kawasan waktu dan amplitudo serta kawasan frekuensi dan daya (spektrum).

Daftar Pustaka:

  • Anant, K.S. dan Dowla, F.U., 1997, Wavelet Transform Methods for Phase Identification in Three-Component Seismograms, Bulletin of Seismological Society of America, Vol. 87, No. 6, halaman 1598 – 1612.
  • Foster, D.J., Mosher, C.C. dan Hassanzadeh, S., 1994, Wavelet Transform Methods for Geophysical Applications, 64th Annual International Meeting, Soc. Expl. Geophys., Expanded Abstract, halaman 1465 – 1468.
  • Graps, A., 1995, An Introduction to Wavelets, IEEE Computational Science and Engineering, vol.2, num.2, IEEE Computer Society, Loas Alamitos – CA, USA.
  • Kumar, P. dan Foufoula-Georgiou, E., 1994, Wavelet Analysis in Geophysics: An Introduction, Wavelet in Geophysics, Academic Press Inc., USA, halaman 1-43.

semoga bermanfaat… (klik disini untuk mengunduh ebook-nya)

Tags: , ,

112 Responses to “Analisis Sinyal Menggunakan Wavelet - Pendahuluan”

  1. assalamualaikum

    pak boleh saya minta file tentang wavelet semuanya

    ni saya lagi scripsi n skarang mau cari informasi banyak tentang wavelet. kalau bisa tentang famili2nya sekalian

    saya ingin belajar banyak agar selesai skripsi saya

    terima kasih pak

    tolong kirimkan ke alamat email saya sayidin@student.eepis-its.edu

    wassalamualaikum

  2. terima kasih, sudah saya japri mas Sayidin…

  3. malam bapak…

    perkenalkan saya Edwin, Mahasiswa Ilmu Komputer UB, sedang skripsi
    kalo bapak berkenan, saya saat ini sedang mengerjakan skripsi tentang watermarking menggunakan Discrete Wavelet Transform.

    Sekiranya bapak memiliki materi tentang perihal diatas, dan berkenan mengirimkan ke email saya, saya sangat berterima kasih sekali…

    ini email saya, wado_lali@yahoo.com

    terima kasih banyak bapak…

  4. asslkm,,bpk agfi,,saya wulan mhsiswi IT Telkom yang mengambil TA tentang dekomposisi wavelet dalam kaitan ttg pengenalan pola (image). Insya Allah nanti tgl 24feb saya sidang skripsi. tapi pemahaman saya ttg wavelet msh kurang. bisa tolong dikirim ke email saya smua materi ttg wavelet, terutama yang berkaitan dengan perbedaan antara koefisien dari mother wavelet coif1, haar, db2, serta db6 untuk saya pelajari sebelum menjelang hari sidang. email saya: wulanluvspink@gmail.com. trima kasih banyak sebelumnya

  5. file ebook “wavelet” sudah saya kirim, trims…

  6. pada dasarnya perbedaan pada mother wavelet COIFLET, HAAR dan Daubechis terletak pada sifat-sifat atau properti-nya, ada yang sifatnya ortogonal maupun non-ortogonal…

  7. asslkm,,bpk agfi,,,,nama saya irwan dinata, saya mahasiswa magister Institut Teknologi Telkom jurusan teknik telekomunikasi,,,,saat ini saya sedang mengambil tesis I dan seminar,,,dan saya tertarik dengan artikel wavelet tentang analisis sinyal yang bapak buat. Pengetahuan saya masih minim tentang wavelet ini karena ini merupakan hal baru bagi saya. Untuk itu adakah dari teknologi wavelet ini yang bisa di kembangkan dalam telekomunikasi lebih luas,,,(spread spectrum, freq division,,,dan lain2nya yang mungkin bisa di jadikan bahan refrensi saya untuk di jadikan tesis)…..

    terima kasih atas bantuan bapak,,,,

    irwan dinata
    babel_milano@yahoo.com

  8. wa’alaikum salam wr wb…
    buku-buku tentang wavelet sudah cukup banyak, perkembangan akhir2 ini memang luar biasa…
    dalam bidang telekomunikasi bisa Anda cek di Googld beriku…

    http://www.google.co.id/search.....#038;meta=

    sedangkan ebook waveletnya sudah saya kirim via email…
    trims…

  9. ass…pak, saya yuyun siti rohmah, mahasiswa s2 it telkom. saya teman irwan dinata…sama seperti irwan saya jg sedang mengambil seminar &tesis 1…saya berencana mau mengambil tema tesis tentang ortogonal wavelet divison multiflexing (owdm)…bisa minta bahan2nya dan referensinya….
    terima kasih atas bantuannya
    wass

  10. oh ya pak..referensi dan bahan2 wavelet tolong kirim ke
    neng_yu2n@yahoo.com
    makasih banyak pak

  11. @yuyun:
    ebook wavelet sudah saya kirim ke email, selamat membaca…

    untuk jenis ortogonal dapat digunakan dalam proses filter bank - dekomposisi sinyal…

  12. yuyun siti rohmah
    March 5th, 2009 at 7:00 pm

    ass…pa afi, ebooknya tdk bs di buka

  13. assalamualaikum.
    bpk Agfi saya sholikin dari S1 elektro ITS, saya mendapat tugas mengenai wavelet dalam bidang biomedik, saya kesulitan dalam mengerjakan tugas ini, kalau tidak keberatan saya ingin minta info mengenai materi atau ebook wavelet ini(DWT, spline WT, daubhecis).
    ini alamat email saya 5ichine44@gmail.com
    terimakasih atas bantuan bapak…

  14. Nama saya hendri dan sekarang kulia di ITM medan,pertanyan saya apa yg dimaksud dengan wavelets 1 dimensi??

  15. Asmkum,
    Saya Hendri Mahasiswa ITM medan,dan sekarang saya lagi scipsi,mau tau banyak tentang Wave lets,kebetulan judul saya mengenai analisa Wavelets 1 demensi dengan megunakan metode Matlab,dan tolong juga berikan situs2 tentang judul scipsi saya
    hputrawi@yahoo.co.id
    Trimakasih untuk bantuanya

    wslm….

  16. Assalamualaikum
    Saya adin mahasiswa Informatika ITS, saya tertarik untuk mempelajari wavelet.kalau tidak keberatan saya minta ebook mengenai wavelet.
    ini alamat email saya adineko@ymail.com.Atas perhatiannya saya ucapkan banyak terima kasih.
    Wassalamualaikum

  17. @adin: sudah saya kirim… terima kasih

  18. Assalamualaikum
    Terima kasih pak filenya sudah saya terima
    Wassalamualaikum

  19. Dane Kurnia Putra
    April 17th, 2009 at 6:46 pm

    pak,saya juga mau minta ebook tentang waveletnya donk..
    Tugas Akhir saya tentang pengolahan citra juga berkaitan dengan metode wavelet.. khususnya wavelet haar..
    terima kasih sebelumnya.. semoga bermanfaat..

    -dane kurnia putra-
    satura842002@yahoo.com

  20. perkenalkan pak saya denny dari it telkom
    pak saya minta tolong ya di share ke email saya ebook tentang wavelet
    email saya : dennyps_tel@yahoo.com
    terimakasih ya pak

  21. @deny:
    sudah saya kirim ebooknya, semoga bermanfaat…

  22. Saya reinhart pak..
    mahasiswa IT Telkom,saya sekarang lagi menyusun TA dan berhubungan dengan Transformasi Wavelet Diskrit dan Kontinu.Kalau tidak keberatan saya mau minta ebook mengenai wavelet pak.Email saya velocity_stt06@yahoo.co.id
    Mohon bantuannya ya pak..
    Terima kasih,

  23. Terima kasih banyak pak..
    Sudah sampai filenya pak..

  24. Assalamualaikum… saya cukup tertarik dengan wavelet analysis, saat ini saya sedang mencari berbagai referensi untuk skripsi saya, saya ingin tau lebih banyak tentang wavelet analysis, sudikah bapak mengirimkan berbagai materi atau ebook mengenai wavelet analysis, saya sangat berharap sekali. email saya fuad_stuckers@yahoo.co.id terimakasih sebelumnya pak
    wassalamualaikum..

  25. mau juga dunks paak…materi waveletna…ni lo pak email saya
    wado_lali@yahoo.com

    makasi banyak sebelunya….

  26. terimakasih banyak pak…filenya sudah terkirim, Insya Allah bermanfaat.. terimakasih banyak..

  27. Pagi pak..
    Pak kemarin saya pernah minta ebook mengenai wavelet dari bapak dan sudah bapak berikan.Kalo boleh pak saya mau minta lagi bahan-bahan mengenai dasar-dasar wavelet untuk yang baru belajar.Email saya velocity_stt06@yahoo.co.id
    Terima kasih banyak pak..

  28. Dear Pak Agfianto,

    Saat ini saya sedang mempelajari ttg seismik prosesing. saya sangat tertarik dengan artikel2 di blog bapak ini. Kalo boleh saya mau minta bahan2 ttg seismik processing (wavelet, digital signal processing, bahkan kalau boleh, step2 seismik processing itu sendiri:P). Saya sudah baca2 dari buku Ozdogan Yilmaz, tp bahasanya cukup sulit dimengerti yah pak. Ada referensi Pak, buku apa yg lebih mudah untuk dipahami utk mempelajari seismik processing tsb? Terima Kasih banyak Pak.

  29. @Dhanu:
    luar biasa, Anda tertarik dengan seismic processing, kebetulan data yang saya proses adalah seismik vulkanik Gn. Merapi di Jawa Tengah (DIY), beberapa referensi yang bisa Anda baca antara lain:

    Ini temen saya waktu di jerman buat disertasi S3 ttg Continuous Automatic Classification of Seismic Signals of Volcanic Origin at Mt. Merapi, Java, Indonesia. (PDF)

    Atau silahkan kunjungi Seismic Data Processing and Interpretation disini.

    kira-kira itu dulu…

  30. Dear Pak Agfianto,

    Terima kasih Pak atas budi baik bapak terhadap perkembangan iptek di Indonesia. banyak jasa bapak atas ini terlihat dari banyaknya email ke Bapak. Saya juga sedang meneliti image recognition… kalau bisa tolong bapak kasih tip dan triknya kalau ada ebook tentang wavelet transform dan lainnya tolong di upload ke email saya ini ya Pak

    Thanks alot.
    my email : zakaria_sembiring@yahoo.com.

  31. @Zakaria:
    beberapa ebook ttg Wavelet:

    A Wavelet Tour of Signal Processing, Third Edition: The Sparse Way (klik)

    Wavelet Applications In Engineering Electro- Magnetics (klik)

    dan lain sebagainya, silahkan kunjungi http://freebookspot.com kemudian pada isian title ketik ‘wavelet’ (tanpa tanda petik) dan klik Go…

  32. ass,,,
    pak agfi,,,

    saya irwan,magiser IT Telkom,,,
    ada berapa hal yang mau saya diskusikan ke bapak ,,

    kalo diaplikasikan pada citra/gambar pemakaian blok yang digunakan DWT dulu baru dilakukan inversnya IDWT ,tetapi dalam telekomunikasi (proses multicarrier orthogonal dengan wavelet) kita bekerjanya sebaliknya dilakukan IDWT dulu baru DWT.

    Untuk konsepnya, M-file yang tersedia semuanya selalu Forward baru invers,,, untuk telekomunikasi gmn ya??? algoritmanya?? saya menggunakan paket wavelet untuk analisanya,,,,mungkin bapak bisa memberi saran, contoh M filenya, atau ada referensi lain buat saya!!!

    terima kasih banyak !!!

    wass,,,

    irwan

  33. assalamulaikum pak agfi

    saya candra, dulu mahasiswa pak agfi di elins..saya mau juga donk pak di kirimin e book tentang transformsi wavelet karena sangat berguna untuk saya mengolah data hidrologi dan pasang surut arus laut.kebetulan saya bekerja di dep kelautan.trimakasih bapak

  34. saya sangat tertarik dengan wavelet dan akan saya jadikan topik TA. Tapi pemahaman mengenai wavelet sangat minim. Saya ingin mempelajari wavelet. Ada beberapa hal yang ingin saya tanyakan mengenai wavelet:
    1. saya masih bingung dengan maksud resolusi (2^j) dalam wavelet. Sebenarnya apakah maksudnya tersebut (kalo bisa disertai contoh).
    2. apakah resolusi (misalnya citra digital) ada hubungannya dengan analisis multi resolusi dalam wavelet?

    NB:
    Jika bapak berkenan, mohon mengirimkan tutorial mengenai wavelet ke email saya budi.angkara@gmail.com

    demikian pertanyaan dari saya. Atas jawaban yang diberikan saya ucapkan terima kasih…

    salam

    budy

  35. terima kasih atas penjelasan bapak via email, namun saya kurang mengerti dengan penjelasan bapak. Masih menyangkut masalah resolusi pada wavelet,
    1. apakah resolusi j itu sama dengan level dekomposisi wavelet.
    2. bagaimana cara menentukan suatu frekuensi sinyal dalam wavelet (misal sampel suara terdiri dari 64 sampel, terus di dekomposisi sampai tinkat ke N)
    3. Khusus untuk DWT, saya kurang begitu paham mengapa sinyal tersebut harus di downsampling 2 pada masing2 keluaran filternya.

    demikian pertanyaan dari saya.
    terima kasih

  36. tutorial wavelet buat pengolahan citra ada g??
    yang pake bahasa indonesia kalo ada…

  37. @gunar:
    coba cek di http://www.rose-hulman.edu/~br.....image.html

  38. assalamulaikum pak agfi
    pak saya skrg sedang mengerjakan tugas akhir dengan judul watermarking dengan metode svd-dwt…
    saya masih bingung untuk memulai program nya dengan matlab, mohon bantuannya pak. terima kasih.

  39. assalamualaikum pak agfi..
    pak, saya mau tanya ne.. saya lagi mengerjakan TA… mengenal suara dengan metode DWT dan Neural network…
    bagaimana ya pak cara mengenal suara yang lagi di tangkap oleh microphone miliknya sapa?? sedangkan satu orang bisa memiliki intonasi nada yang berbeda2….

    thx be4…

  40. @Mart:
    kalo itu yang Anda inginkan tentu saja harus menggunakan algoritma real time, yang bisa membedakan pola suara2 melalui ranah waktu-frekuensi (CWT), sedangkan DWT cenderung digunakan untuk filter bank atau dekomposisi sinyal…. bagus juga digabung dengan Neural Network…

  41. ow.. jadi klo dipaksakan menggunakan DWT bisa ga pak??
    kalo yang saya baca tentang DTCWT memang hasilnya lebih baik dibandingkan DWT… kalau ada suara seseorang misalnya si A, kita train(Neural net). dan di simpan data nya.. untuk kedua kalinya kita tangkap lagi suara si A.. bila suara si A yang di tangkap untuk kedua kalinya itu berbeda dgn yang pertama, apakah masih dapat dikenali? dan bagaimana caranya?
    terima kasih banyak pak.. mohon maaf bila masih banyak pertanyaan karena masih belum mengerti.. :D

  42. @mart:

    ini bukan masalah baik atau tidaknya, cuman kecocokan metode, biasanya DWT digunakan pada proses2 dekomposisi sinyal, bisa half decomposition, full decomposition…

    mestinya ada pola-pola khusus dari si A yang bisa ditangkap simpan menggunakan metode neural (maaf saya tidak mendalami bidang AI ataupun Neural Network)…

  43. oke deh Pak…
    terima kasih banyak atas penjelasannya.. :)

  44. saya mahasiswa teknik elektro yang sedang skripsi..dan saya ingin mencoba menggunakan transformasi wavelet untuk pengenalan pola citra.. klo bapak ada materinya boleh saya minta…klo blh juga dengan cara pemakaian dengan matlab.. trima kasih sebelumnya..

    email saya: obet_champ846@yahoo.com

  45. Pak bole saya tanya..di antara DWT terdapat beberapa metoda sperti haar, gabor n daubechis..diantara 3 itu mana yang baik penggunaan nya untuk proses DWT..thank before :)

  46. assalamu’alikum Wr.Wb
    pak agfi saya mau belajar tentang wavelet, tolong bantu saya kirimi ebooknya pak. email saya mulkan_2004@yahoo.com
    terima kasih pak
    wassalam

  47. assalamualaikum pak..

    saya nadya mahasiswi IT Telkom..kebetulan TA saya menggunakan transformasi wavelet..bisa saya minta ebook waveletnya.saya sangat berharap agar bisa terbantu..email saya nadya_freezy@yahoo.com
    terima kasih :)

    wassalamualaikum

  48. terima kasih ya pak..ebook sudah diterima..Insya Allah bermanfaat :)

  49. assalamualaikum

    pak boleh saya minta file tentang wavelet semuanya
    ni saya lagi da tugas kuliah n skarang mau cari informasi banyak tentang wavelet. kalau bisa tentang famili2nya sekalian
    saya ingin belajar banyak agar dapat menyelesaikan tugas kuliah saya.
    terima kasih pak

    tolong kirimkan ke alamat email saya meuliek_ac@yahoo.co.id
    wassalamualaikum

    amsir
    FISIKA FMIPA UNSYIAH

  50. Assalamua’alaykum pak, saya mahsiswa IT TELKOM,

    saya ingin bertanya, saya mengerjakan tugas akhir tentang deteksi api menggunakan wavelet, saya ingin mengecek perubahan intensitas pixel (red) dilokasi x,y, dari frame 1 sampai frame akhir, nah, setelah saya dapat datanya, saya masukin ke fungsi DWT di matlab.

    yang saya bingungkan pak, di paper itu dikatakan ada yang namanya koefisien filter untuk half-band-high-pas yaitu {-1/4,1/2,-1/4} dan low-pas-filter {-1/4,1/2,-1/4},
    ini makdusnya apa ya pa?

    di matlab saya hanya menggunakan sintaks:

    [ca1,cd1] = dwt(redsinyal,’haar’);

    lalu saya plot. dan keluarlah hasilny,

    nah, yang ingin saya tanyakan

    1.benar tidka caranya mendekomposisi sinyal 1D menggunakan sintak itu saja (kok sederhana sekali ya ^_^)
    2.lalu, untuk apa koefisien2 diatas??
    3.di hasil plot, ternyata sumbu Y itu dari 0 sampai 256, bisa gak pak kalo saya ingin jadi dari minus sekian, lalu 0, lalu sekian.. jadi biar keliatan pada frame keberapa intensitasnya melewati nilai 0.

    terimakasih sebelumnya.

  51. Malam Pak..
    Saya dari Univ Binus..
    saya lg maw buat skripsi tentang wavelet.. sy minta ebook nya blh pak?
    tlng krm ke email saya ya..
    chen_agus@yahoo.com
    sebelumnya terima kasih ya pak..

  52. assalamualaikum pak,
    saya mahasiswa universitas sriwijaya, sekarang saya sedang mengajukan judul skripsi saya tentang video watermarking menggunakan DWT.
    saya sedang mencari bahan tentang DWT, bagaiman perhitungannya dan penjelasannya, karena banyak yang belum saya mengerti

    tolong kirim saya bahan-bahan tsbke email saya sandimarlin@gmail.com

    terimakasih pak.. :)

  53. Assalamu’alaikum.
    Pak,perkenalkan nama saya Hanung mahasiswa IT Telkom.
    sya skrg sdg ambil tugas akhir dan insya Allah akan sidang pada pertengahan februari. nah saya ingin tau tentang konsep wavelet,family waveletbu,konsep haar wavelet,perbedaan haar wavelet dengan yang tipe lainnya. saya minta tolong pak untuk file2 yang saya minta tersebut untuk dikirimkan ke email saya zhaxono_goKil@yahoo.co.id..
    trima kasih Pak..

  54. @Hanung, dll:
    ebook WAVELET bisa anda unduh di sini.

  55. pak…
    saya mau tanya,,kebetulan tugas akhir saya berkaitan dengan wavelet transform khususnya mengenai Daubechies.
    Bisa tolong dijelaskan pak algoritma untuk kompresi citra menggunakan metode yg daubechies??? apakah ada kesamaan algoritma dgn metode Haar wavelet??
    perbedaan yg mendasar dari daubechies (db) dan biorthogonal, apa ya??

    klo boleh,,saya boleh minta bahan/e-book mengenai daubechies,dan bisa dikirim ke email saya (hji_yuli@yahoo.com)…

    terimakasih bnyk untuk ilmunya.

  56. Pak, saya minta tolong e book waveletnya ya…saya mau pelajari lebih dalam mengenai wavelet biorthogonal klo bisa versi indonesia nya pak…makasih ya pak

  57. Pak Agfi, perkenalkan, saya febty febriani. dulu menempuh S1 di Geofisika UGM. Sekarang sedang menempuh S2 di Chiba Univ, Jepang. mencoba menekuni signal processing untuk data elektromagnetik untuk gempa. setelah mengetahui seluk beluk FFT, sekarang menggunakan wavelet. Saya mohon ijin mengunduh ebook bapak. InsyaAllah sangat bermanfaat untuk saya.
    Terima kasih.

  58. Pak Agfi,,
    saya dwi mahasiswa undip
    saya sedang mengerjakan tugas akhir tentang wavelet yaitu mendeteksi suatu loncatan dengan menggunakan DWT.

    nah,jika ada suatu data. Dalam penggunaan wavelet,data tersebut harus diestimasi terlebih dahulu apa tidak??
    jika diestimasi,penggunaan untuk DWTnya langsung dari data atau dari estimasinya y??
    kalau ada materi tentang mendeteksi loncatan dengan menggunakan wavelet bs dikirimkan k email saya pak di uwie.dina.S@gmail.com
    terima kasih banyak pak..

  59. @dwi:
    sementara baca dulu ebook saya di
    http://www.4shared.com/file/17.....velet.html
    terima kasih…

  60. asalam,….saya nia mahasiswa teknik telekomunikasi, saya ada tugas untuk merubah gambar ke matriks kemudian matriks tersebut ditransformasikan dengan algoritma DWT kl ada e-book tentang itu tolong dikirim email ya…, makasih

  61. blognya sangat bagus, mohon untuk terus share ilmu2 mengenai DSP ya pak

    best regards

  62. assalamualaikum

    pak boleh saya minta file tentang wavelet semuanya terutama dekomposisi wavelet dan kalo ada juga program matlabnya. Ni saya lagi tesis n skarang mau cari informasi banyak tentang wavelet. kalau bisa tentang famili2nya sekalian.

    saya ingin belajar banyak agar selesai tesis saya cepat selasai

    terima kasih pak tolong kirimkan ke alamat email saya indah_werdiningsih@yahoo.co.id

    Terima Kasih banyak
    wassalamualaikum

  63. pak boleh saya minta file tentang wavelet semuanya terutama dekomposisi wavelet dan kalo ada juga program matlabnya, khusus tentang anlisa sinyal gempa pak.thanx, tolong dikirim ke marzuki_bmg@yahoo.com

  64. Assalamu’alaikum…

    pak boleh sy meminta bahan tentang wavelet, FFT dan DCT. sy sedang mengerjakan skripsi tapi kesulitan untuk mendapatkan bahan2 tersebut. mungkin dapat d kirimkan ke inun.sky@gmail.com

    trimakasih sebelumnya,
    wassalam

  65. @zuki:
    semua ada di dalam disertasi saya…

    @ibnu sina:
    klik http://www.4shared.com/file/17.....velet.html

  66. Halo bapak..
    bisa minta ebook tentang wavelet gak..?
    ato info2 laen mengenai wavelet
    kirim Andri_skyman21@yahoo.com
    saya mahasiswa UNIB
    dan saya mau belajar banyak tentang wavelet.

  67. Halo bapak..
    bisa minta ebook tentang wavelet gak..?
    ato info2 laen mengenai wavelet
    kirim Andri_skyman21@yahoo.com
    saya mahasiswa UNIB
    dan saya mau belajar banyak tentang wavelet.

  68. Assalamualaikum..
    pak, saya sedang mengerjakan Tugas Akhir yang menggunakan UDWT (Undecimated Discrete Wavelet Transform), untuk mendeteksi dan menghitung level keburaman (blur image), kalau dari referensi kata nya make regularity wavelet..saya ga belum mengerti tentang wavelet ini pak.. program di Matlab nya juga blm ngerti.
    Mohon bimbingan dari bapak ya..!!
    materi-materi terkait mohon di share ya pak..
    o ya, saya mahasiswa Universitas Andalas, Padang. browsky64@gmail.com
    http://www.facebook.com/profile.php?id=1396765851
    Terima kasih sebelum nya pak..
    Wassalam..

  69. Assalamualaikum,

    Pak saya juga lagi mengerjakan tesis tentang elektromedik, saya butuh bahan-bahan untuk teori wavelet terutama wavelet DWT, mohon bapak bisa mengirim e-book ke email saya kualajaya@yahoo.com.sg , atas bantuannya sebelumnya saya ucapkan terima kasih

  70. Ass.
    Maaf, saya iis mahasiswa magister instrumentasi ITB, saya tertarik pada penggunaan DWT utk analisa kedatangan gelombang P dan S pada seismic wave, tapi pengetahuan saya masih dangkal bisa minta tolong utk analisis kedatangan glombang P and S saya hrs fokus ke DWT yang apa? and bagaimana hub nya? jika ada saran and literatur and ebook mohon di share. Trima kasih
    Please sent by japri at tri.istiana79@yahoo.co.id
    thanks

  71. Halo pak Agfi,
    Saya tertarik untuk mengembangkan aplikasi image steganograpy berbasis wavelet.
    Dulu saya sudah pernah develop dengan BPCS.
    Tapi saya masih kurang paham dengan konseptual wavelet itu sendiri. So far saya baru tahu metode haar adalah yg paling simple, tapi tetap saja masih kurang benar2 jelas bila diterapkan pada image.
    Apakah bisa mohon pencerahan? berkaitan dengan implementasi wavelet terhadap image tersebut?
    Terima kasih

  72. pak sy mau tanya klo buku tentang analisis multi resolusi itu pa ya buku nya…?klo ada mnta ebook nya.
    dan analisis multi resolusi masuk nya k matematika pa?? terapan,murni atau komputasi…?

    sy mnta refernsi tntng analisis multi resolusi,scaling function dan fungsi wavelet.klo ada yg versi bhs indonesianya ya pak. ini email sy (karlina.math@gmail.com)
    mksh pak.

  73. boleh saya dapatkan pdf tentang wavelet??tolong dong!!ini email saya kyuzawa_01@yahoo.com

  74. pak bisa minta materinya gk pak,, kalo bisa tolong kirim ke email saya ya pak,, yasin.mustofa@gmail.com.. sebelumya terima kasih,

  75. Saya tertarik sekali dgn wavelet karena dsarankan ttg tugas akhir saya ada hub dgn wavelet mau jg pak utk file referensinya… bs di email ke hardi_widyanto@yahoo.com terimakasih banyak sebelumnya.

  76. pak saya boleh minta bahan tentang wavelet terutama e-book nya ya, ,
    tolong kirim ke email saya
    nuzie.abi@gmail.com

    terima kasih, ,
    secepatnya ya pak,,

  77. Pak, saya bisa minta materi tentang wavelet?
    kalau ada, implementasinya di java juga
    terimakasih banyak pak
    email: yogi_petrucci@yahoo.com

  78. pak, saya mahasiwa tingkat akhir yg sedang menyusung TA tentang denoising image dengan bayesshrink sebagai wavelet threshold nya
    kalo boleh, saya minta beberapa teori yang spesifik membahas denoising image dan teknik bayesshrink yang ada “jalan cerita” nya pak, maksudnya bukan hanya langkah-langkah nya saja, tapi yang ada contoh perhitungan matematikanya
    kalo uda ada, tolong krm ke tarco_deco@yahoo.com ya pak
    trimakasih banyak sebelumnya pak

  79. Assalamualaikum pak
    saya rahman, sedang menyelesaikan TA tenteng kompresi citra domain frequensi menggunakan FFT. sesudah ditransformasi, citra memuat bilangan real dan imaginer. sedangkan konsep kuantisasinya dalam bilangan real… saya mohon masukannya pak… dan jika ada buku atau artikel yang bisa saya baca untuk lebih memahami, tolong kirim ke email saya, pancer_mrk@yahoo.co.id..
    terima ksaih pak

  80. artikelnya bagus

  81. saya mahasiswa univ Hang Tuah Jurusan Oseanografi..saya sedang penulisan skripsi tentang Halmahera Eddy. data yang dipakai data angin dan diolah menggunakan wavelet pada matlab. saya masih asing dengan wavelet..mohon dikirimkan ebook nya tentang wavelet ya pak jika berkenan.
    email saya : Edo_kribz@yahoo.co.id
    trima kasih..sukses terus

  82. assalamualaikum pak..

    saya ana mahasiswa TI Universitas Kuningan..kebetulan TA saya menggunakan gabor wavelet..bisa saya minta ebook waveletnya.saya sangat berharap agar bisa terbantu..email saya anahardiana09@gmail.com
    terima kasih :)

    wassalamualaikum

  83. assalamulaikum
    pak agfi
    pak saya skrg sedang mengerjakan tugas akhir dengan judul Sistem Verifikasi wajah Dengan Metode Gabor Wavelets…
    saya masih belum dapat referensi toeri tentang Gabor Waveletsnya, mohon bantuannya pak. terima kasih.

  84. assalamu’alaikum pak agfi, saya mahasiswa informatika UB malang,TA saya pengenalan pola iris mata menggunakan wavelet Haar, saya masih nggak mudeng sama Wavelet, apa boleh saya minta file lengkap nya tentang Wavelet? cara mencari koefisien termasuk perbedaannya Haar, Daubechies, symlet, dll,, tolong dikirim di email saya 4bdinegara@gmail.com supaya TA saya segera selesai.

  85. Assalamualaikum.
    Pak, mohon bantuannya saya sedang menyusun skripsi. Skripsi saya menggunakan metode wavelet biorthogonal. Saya butuh banyak referensi untuk belajar. Jika Bapak tidak keberatan, saya ingin minta semua file mengenai wavelet. Filenya bisa dikirim melalui email fnurmalida@yahoo.com.
    Terima kasiy banyak sebelumnya, Pak. Semoga kebaikan Bapak ini dibalas oleh Allah SWT. Amin Amin Amin

  86. Assalamualaikum,

    Pak saya juga lagi mengerjakan skripsi tentang aplikasi radio streaming menggunakan metode wavelet transform, saya butuh semua bahan-bahan untuk teori wavelet, mohon bapak bisa mengirim e-book ke email saya gilang_mmf@yahoo.co.id , atas bantuannya sebelumnya saya ucapkan terima kasih dan semoga rejekinya lancar serta sukses selalu

    gilang_mmf@yahoo.co.id

  87. assalamualaikum,

    pak, saya sedang mengerjakan tugas akhir mengenai transformasi wavelet kaitannya untuk proses ekstraksi citra tulisan tangan. jika berkenan saya minta tolong untuk dikirimkan materi - materi terkait (semua juga boleh ^_^)

    dragonresonance@yahoo.com

    terimakasih banyak sebelumnya pak.

  88. Pak kami memiliki labview, disana ada contoh suatu deteksi puncak sinyal menggunakan wavelet. Apa aja langkah pengerjann wavelet itu Pak.

  89. Minta tolong kalo bisa file e-book tentang wavelet dikirim ke email saya adi_sadli_hamzah@yahoo.com saya coba donlot di 4shred sepertinya linknya sdh terhapus. Atas bantuannya saya ucapkan banyak trima kasih

  90. assalamualaikum pak, saya sedang mengerjakan skripsi ttg pengolahan signal suara dengan wavelet transform. moho bpk berkenan mengirimkan materi ttg wavelet dan matlab ke emai teknowavelet@gmail.com
    . terimakasi, waalaikumsalam.

  91. Assalam..
    sy peajar universiti di malaysia ingin bertanya mengenai perbezaan antara daubchies , morlet , dan haar..sy membuat analisis untuk menetukan mother wavelet yg terbak antara ketiga-tiga ini. rujukan mana yg sy patut rujuk untuk menjalankan analisis ini.

  92. tuan boleh email sy di mohd_ridhwan99@rocketmail.com

  93. Assalamualaikum pak.. Saya anna mahasiswi matematika di udayana.. Sya sedang mengambil tugas akhir mengenai estimator regresi semiparametrik menggunakan metode wavelet.. Apakah apa ebook yg kiranya bisa membantu sya pak? Mohon bantuannya pak, ini email sya annafitrianipangestu@gmail.com
    Trimakasih

  94. assalamualaikum pak, pak boleh minta file mengenai waveletnya, untuk bahan tesis. sekiranya bapak berkenan mohon kirimkan ke email ini pak, bahtiarimranlombok@gmail.com .. terima kasih pak

  95. dewi nugrahawati
    June 1st, 2015 at 11:57 am

    Assalamu’alaikum,, pak saya mahasiswa s2 ilmu fisika ugm,pak saya tesis tentang Gabor-Morlet decomposition,, saya belum paham prinsipnya,, tolong diemail referensinya nggeh pak,, terimakasih

  96. dewi nugrahawati
    June 1st, 2015 at 11:57 am

    Assalamu’alaikum,, pak saya mahasiswa s2 ilmu fisika ugm,pak saya tesis tentang Gabor-Morlet decomposition,, saya belum paham prinsipnya,, tolong diemail referensinya nggeh pak,, terimakasih. dewyn_nisa@yahoo.co.id

  97. Assalamualaikum Pak Agfi,

    Jika berkenan saya minta tolong untuk dishared ebook waveletnya ke nurina.febryanti@gmail.com, sebagai bahan bacaan untuk tesis saya.
    Link 4shared yang dikasih tidak disa diakses pak.
    Terimakasih banyak pak..

  98. Assalamualaikum wr, wb ,

    saya Lucky Deka Pratama jurusan S1 Ilmu Komputasi IT Telkom , saya sedang mengerjakan Tugas Akhir saya , mengenai Reduksi Data dengan transformasi Wavelete .Apabila bapak mempunyai e-book dan informasi lainnya tentang reduksi data menggunakan wavelete , atau informasi tentang wavelete lainnya yang bisa membantu tugas akhir saya .atau file file tentang wavelet lainnya .bisa dikirim ke email ini.

    luckydekapratama@gmail.com

    terimakasih banyak .

  99. Assalammualaikum, saya Ertha Agustina, D4/S1 Teknik Informatika, Politeknik Negeri Malang , apabila bapak memiliki ebook tentang materi tentang wavelet mohon di share di email saya ertha.agustina@gmail.com ,, karena materi ini saya pergunakan untuk bahan referensi saya pada skripsi saya terimah kasih wassalamualaikum.

  100. Assalamualaikaum pak agfi, saya bisa mintak materi tentang waveletnya
    kalau bisa minta materi tentang pengenalan sinyal suara
    dan kalo bisa yang B.indo.

    email: suudinahmad7@gmail.com/ suudingokil@yahoo.co.id
    trimakasih banyak bapak.

  101. saya dari sekolah tinggi teknik qomaruddin jurusan S1 teknik informatika Gresik.

  102. Assalamualaikum, pak saya inshy mahasiswa universitas telkom. saya tertarik dengan isi blog bapak. saya ingin menambah pemahaman tentang trans wavelet ini, boleh saya minta referensinya pak? terimakasih.

  103. Salam, bung Agfianto Eko Putra. Saya mahasiswa tingkat akhir sedang meyusun skripsi. Boleh saya minta ebook waveletnya, yudhirahadian27@gmail.com. Makasih.

  104. Assalamualaikum Wr Wb
    Bapak Agfi

    mohon maaf mengganggu waktunya
    Perkenalkan Saya Santoso dari Telkom Bandung
    saya ingin meminta file mengenai DWT (Discreate Wavelet Transform) berupa ebook atau pdf nya Bapak
    mohon informasinya karena untuk pengerjaan penelitian saya
    alamat email saya: santoso.3092@gmail.com

    mohon maaf Bapak Agfi
    alamat web yang Bapak Agfi share di http://www.4shared.com/file/17…..velet.html sudah tidak bisa di unggah Bapak
    mohon bantuannya Bapak Agfi
    Terimakasih banyak sebelumnya Bapak Agfi

  105. mas tolong kirimkan tutorial penggunaan transformasi wavelet ke email saya naufalmhdfahmi@yahoo.co.id

  106. Assalamualaikum Bapak Agfi,

    Perkenalkan Saya Dina dari ITS Surabaya
    saya ingin meminta file mengenai DWT (Discreate Wavelet Transform) berupa ebook atau pdf nya Bapak
    mohon informasinya karena untuk pengerjaan tugas akhir saya
    email saya: dinabian1@gmail.com

    mohon bantuannya Pak
    Terimakasih banyak sebelumnya Pak

  107. Assalamualaikum, pak.
    Saya Annisa mahasiswi tingkat akhir. Boleh saya minta file mengenai wavelet untuk membantu menyelesaikan skripsi saya?
    Email saya: nisamira91@gmail.com
    Terimakasih sebelumnya

  108. yantika dwi hendryanti ningtyas
    March 22nd, 2017 at 1:46 pm

    assalamualaikum pak saya mahasiswa ITATS surabaya sedang skripsi ttg wavelet transform sekiranya bapak berkenan bisakah bapak berbagi informasi atau ebook ttg wavelet tersebut, ini email saya pak.. tyas1410@gmail.com terimakasih pak

  109. assalamualaikum pak. saya mahasiswa uin suska sedang skripsi tentang wavelet. mohon sekiranya bapak berkenan memberikan informasi atau ebook tentang wavelet tersebut.
    berikut email saya arif.mudi.priyatno@students.uin-suska.ac.id
    terimakasih pak. wassalamualaikum

  110. selamat malem pak saya alvian saya mahasiswa tehnik ska sedang skripsi tentang wavelet. mohon sekiranya bapak berkenan memberikan informasi atau ebook tentang wavelet tersebut.berikut email saya taufiqalvian99@gmail.com
    terimakasih pak. wassalamualaikum

  111. ALDO ALEX ANDREW SITORUS 131113786
    May 17th, 2017 at 9:58 pm

    Selamat malam pak,
    Saya aldo mahasiswa mikroskil pak, perbedaan integer haar wavelet transform dengan integer wavelet transform apa ya pak serta kelebihan haar ini apa y pak?.
    kalau ada jurnal kirim ke email saya juga ya pak,
    aldositorus50@gmail.com

Trackbacks/Pingbacks

  1. Rangkuman artikel Pemrosesan Sinyal Digital sepanjang 2008-2012 | DSP & Embedded Electronics

Leave a Reply

You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>