DCS merupakan sistem kontrol yang mampu menghimpun (mengakuisisi) data dari lapangan dan memutuskan akan diapakan data tersebut, secara singkat DCS -> ambil/baca data + lakukan pengontrolan berdasar data tersebut. Data-data yang telah diakuisisi (diperoleh) dari lapangan bisa disimpan untuk rekaman atau keperluan-keperluan masa datang, atau digunakan dalam proses-proses saat itu juga, atau bisa juga, digabung dengan data-data dari bagian lain proses, untuk kontrol lajutan dari proses yang bersangkutan.

Terdiri dari apa saja DCS itu?

  • Operator Console
    Alat ini mirip monitor komputer. Digunakan untuk memberikan informasi umpan balik tentang apa yang sedang dikerjakan atau dilakukan dalam pabrik, selain itu juga bisa menampilkan perintah yang diberikan pada sistem kontrol. Melalui konsol ini juga, operator memberikan perintah pada instrumen-instrumen di lapangan.
  • Engineering Station
    Ini adalah stasion2 untuk para teknisi yang digunakan untuk mengkonfigurasi sistem dan juga mengimplementasi algoritma pengontrolan.
  • History Module
    Alat ini mirip dengan harddisk pada komputer. Alat ini digunakan untuk menyimpan konfigurasi DC dan juga konfigurasi semua titik di pabrik. Alat ini juga bisa digunakan untuk menyimpan berkas-berkas grafik yang ditampilkan di konsol dan banyak sistem saat ini mampu menyimpan data-data operasional pabrik.
  • Data Historian
    Biasanya berupa perangkat lunak yang digunakan untuk menyimpan variabel2 proses, set point dan nilai-nilai keluaran. Perangkat lunak ini memiliki kemammpuan laju scan yang tinggi dibandingkan History Module.
  • Control Modules
    Ini seperti otaknya DCS. Disinilah fungsi-fungsi kontrol dijalankan, seperti kontrol PID, kontrol pembandingan, kontrol rasio, operasi-operasi aritmatika sederhana maupun kompensasi dinamik. Saat ini sudah ada peralatan modul kontrol yang lebih canggih dengan kemampuan yang lebih luas.
  • I/O
    Bagian ini digunakan untuk menangani masukan dan luaran dari DCS. Masukan dan luaran tersebut bisa analog, bisa juga digital. Masukan/luaran digital seperti sinyal-sinyal ON/OFF atau Start/Stop. Kebanyakan dari pengukuran proses dan luaran terkontrol merupakan jenis analog.

Semua elemen-elemen yang telah dijelaskan tersebut terhubungkan dalam satu jaringan (saat ini sudah menggunakan teknologi Ethernet atau bahkan wireless, WiFi atau WiMax).

Saat ini batasan teknologi maupun perbedaan antara DCS, PLC atau Kontrol menggunakan komputer semakin kabur. Yang membedakan lebih banyak dalam tingkat perangkat lunak.

Tags: ,

33 Responses to “Distributed Control System (DCS)”

  1. yup setuju banget dengan paragraf terakhir, perbandingan dcs dengan PLC + HMI sekarang udah kabur banget karna banyak fungsi fungsi DCS yang sudah bisa dilakukan PLC, sepeti redundant system dan fail safe

    paling yang membedakan dari sisi softwarenya, dimana DCS udah “object oriented programming”….

    btw lam kenal pak agfi…
    dulu tahun 2005 saya bisa menyelesaikan tugas akhir omron - intouch
    karna salah satunya referensi dari buku bapak
    meski dalam buku itu masih menggunakan syswin hehehehe
    tapi dasar2nya udah cukup untuk mengeri omron

    thanks

  2. terima kasih juga mas Fathoni…

  3. Ass.
    Pak sy mw tany klu bk ttg dcs puny gak pak..Trus dptin buku ny dmn aja..Soalny sy lg ksulitan utk mnyelesaikan tugas ahir ttg DCS.
    Sblm ny sy prnh bli bk bpk ttg plc omron sysmac,isiny bgs bgt,trims byk pak.
    Jwbn bpk sgt sy nantikan ato mlalui mail sy d aseps_1987@yahoo.Com
    Wass…

  4. nyari data buku dcs kunjungi blog http://www.x-one-automation.blogspot.com

  5. assalamualaikum,…

    pak Agfi….saya mw Kerja Praktek tentang kontrol DCS…

    soalnya saya dpt info dari senior saya yang ambil KP ttg DCS..ktnya DCS itu luas banget…jdinya saya bingung, hrus mempelajari ap dlu..

    saya jug mnta alamt site yng ngebahas secara tuntas ttg DCS…

    mohon bimbingannya, merci beaucoup Monsiuer Agfi

  6. wa’alaikum salam wr wb
    DCS emang luas cakupannya, sebaiknya Anda pelajari dulu artikel saya tentang DCS, beberapa webiste yang bisa Anda gunakan untuk memulai…
    1. Wikipedia (klik disini atau disini);
    2. Tutorial DCS (klik)

    semoga bermanfaat

  7. Lam kenal Pak…

    thx infonya tentang DCS…
    kalau sempat dan ada info yang berhubungan dengan EMS (Energy Management System), saya mohon infonya juga…

    Thanx

  8. makasih banget pak, artikel ini sangat berguna buat presentasi thermodinamika sub bagian PLTGU saya ntar, thanks

  9. Pak ada ebook yg bahas tentang DCS gak ya dan apakah ada simulator DCS ya?
    soalnya saya tertarik dgn DCS banget pak.

    thx pak

  10. artikel yang bagus pak….salam kenal
    DCS????apakah semacam bisa buat spy juga….
    coba anda liat http://www.numberingplans.com/.....ub=phonenr

    silahkan masukan no gsm yang ada di indonesia….apakah ada yang dcs…coba terjemahkan.

  11. @Guest:
    DCS untuk sistem kontrol… bukan untuk SPY…

  12. Dimana kah saya bisa mendapatkan barang ini? apakah ada agen/dealer di indonesia? mohon info.

    Terimakasih salam,

  13. Sedikit mw share ttg DCS nih..
    Kebetulan saat ini saya lg KP di PT Yokogawa Indonesia dan dsni sy mengambil judul ttg DCS Centum3000..

    Sebenarnya DCS itu merupakan sebuah system (bukan hardware) krn ada jg org yg salah paham ttg ini. :( Mungkin jg skalian menghilangkan kabut2 yg menyelimuti pengertian antara PLC dan DCS. Krn setau sy PLC itu merupakan suatu alat ( mohon dikoreksi klo sy salah :D )

    Di dalam system ini, terdapat beberapa bagian2 (hardware-nya) yg menyusun system tersebut (DCS).
    Khusus DCS milik Yokogawa sendiri terdiri dari yg namanya:

    HIS :
    Human Interface Station, dimana seperti yg disebutkan di atas berupa operator console, tp selain model console ada jg model2 lainnya yg digunakan oleh operator atau si engineer. Pada HIS ini terisi dengan software Centum3000 sendiri dimana dari software itu, kita bisa melakukan segala kegiatan yg berhubungan utk proses dr system misalnya monitoring, controlling, pengambilan data history, dsb. Intinya, bagian inilah tempat seseorang mengoperasikan DCS. :)

    FCS :
    Field Control Station, nah ini dia yg bs dikatakn otak dr DCS. Letak FCS itu biasanya di control room (ada jg di tempatkn dilapangan mislnya type RIO), klo anda jalan2 ke kontrol room, biasanya ada semacam rak atau kabinet (ini khusus yokogawa loh.., tp sepertiya yg lainnya jg gitu :D ) FCS sendri terdiri dr beberapa bagian2 seperti modul I/O module(tempat koneksi field instrument2 lain seperti transmitter, valve, dll), CPU, kabel koneksi seperti Vnet kabel, power supply, dan card bus.

    Connectivity :
    Merupakan pnghubung antara field instrument, FCS, dan HIS. Ya seperti yg dijelaskan di atas klo skrg sdh ada yg menggunakan wifi. :)

    Sekian sharing ilmunya.. Semoga bermanfaat..
    Hidup Mahsiswa.. :D

  14. Pada dasarnya DCS, ma PLC sih hampir sama aja..dulu (zaman perjuangan mungkin) DCS ma PLC emang berbeda jauh mulai dari kapasitas I/O dan konfigurasi yang lain..tapi seiring dengan perkembangan jaman, PLC sekarang sudah mempunyai konfigurasi yang sama dengan DCS. I/O dari PLC pun sudah ada yang sama dengan kepunyaan DCS..tapi hal yang mendasar dari PLC dengan DCS itu bahwa PLC mempunyai scanning time yang lebih cepat daripada DCS..makanya aplikasi PLC sering digunakan sebagai system SIS (Safety Instrumented System), atau untuk ESD maupun EDP..
    Di oil & gas kebanyakan DCS hanya digunakan untuk controlling dan monitoring, sedangkan untuk SIS atau FGS klo ada digunakan PLC sebagai controllernya..
    Perbedaan yang lain adalah bahwa orang2 sering menyebut DCS adalah “one stop shopping”, maksudnya mulai dari controllernya, communication, ataupun HMI-nya harus dari satu vendor(penjual) yang sama..sedangkan PLC bisa dikonfigurasikan dengan vndor lain, sebagai contoh misalkan kita menggunakan controller dari vendor A tapi HMI-nya menggunakan vendor B masih bisa digunakan..

    mungkin itu sharing saya..klo ada yang meluruskan atau menambahi silahkan coz juga masih belajar ini..hehe

  15. setuju dengan ide-ide dari mas2 smua bahwa DCS adalah sebuah sistem yang tentunya sangat berbeda dari PLC…di dalam DCS itulah PLC berada dan digunakan sebagai controllernya.

    nah,sy py pertanyaan lg ni? dari mas F42.3.006 wrote :
    “Perbedaan yang lain adalah bahwa orang2 sering menyebut DCS adalah “one stop shopping”, maksudnya mulai dari controllernya, communication, ataupun HMI-nya harus dari satu vendor(penjual) yang sama..sedangkan PLC bisa dikonfigurasikan dengan vndor lain, sebagai contoh misalkan kita menggunakan controller dari vendor A tapi HMI-nya menggunakan vendor B masih bisa digunakan..”

    pertanyaannya klo kita ingin membuat sistem DCS dari PLC-PLC dan HMI Display yg kita py , sistem arsitekturnya bagaimana untuk sebuah mini DCS???? (misal main networknya pake TCP/IP)

    misal sy akan menggunakan mini DCS yg sy rancang untuk mengautomasisasi plant yg sy buat.nah dalam plant tersebut pasti ada banyak I/O yg digunakan. Nah fungsi penghandelan masing2 PLC pada plant tersebut bagaimana? apakah ada PLC khusus untuk ambil data dan PLC lain untuk aktuatornya atau
    satu subsistem plant (misal subplant pick and place barang )yg ditangani oleh 1 plc dan subplant lainnya( misal konveyor pengepekan barang)ditangani oleh 1 plc yg lain sehingga 1 plc hanya bekerja mengontrol untuk 1 subplant..dan penggabungan banyak plc untuk masing2 subplant inilah yg disebut sebagai DCS…tolong jelaskan ya pak agfi dan teman2 mohon bantuannya ni..

    pertanyaan terakhir deh,hehe klo kita ingin buat sistem redundancy DCS maka apakah yg dibuat itu adalah PLC back upnya?? jadi tiap2 PLC primary untuk mengontrol subplant harus ada secondarynya agal klo PLC primary fault maka proses tidak berhenti dan digantikan tugasnya oleh si PLC secondary td..
    jika iya,lalu bagaimana cara menyambung kedua PLC tersebut (prim dan sec) ke plantnya apakah kita memparalelkan wiring ke kedua PLC tersbut??

    segitu dulu aja sharing sekaligus pertnyaan yg banyak ini( maaf klo membingungkan ) mohon jwaban rekan2 sekalian.

    thx

  16. @fajar ari:
    DCS dengan PLC memang untuk saat ini sudah kabur batasan2-nya, jika ingin memanfaat PLC dengan DCS lebih baik ke arah total solution sebagaimana banyak perusahaan software spt Ge Fanuc, dll sudah membuat software2 untuk membangun sistem spt itu…

    total solution tu maksudnya mulai dari factory hingga IT management alias para pengambil keputusan di tingkat manajemen…

  17. wah nambah bingung lg ni dgn adanya total solution..

  18. Pak, Tempat saya itu ada simulator DCS ABB Infi 90, Tapi gak ada sofware yang mendukung, Apakah bapk tau sofware yang compatible untuk digunaka, trus Apkah ada alamat website tuk download?

  19. Sebenarnya dulu yang memunculkan lebih dulu nama DSC tu siapa ya? misalkan Yogowaka atau ah Honeywell ataukah siemens gt?

    trus saat itu apa kelebihannya dibandingkan dengan PLC pada saat itu juga.
    Thanks ya

  20. @arif:
    maaf tidak tahu dan tidak unya
    @Ali:
    setahu saya DCS awalnya pemantauan dan pengendalian dengan bantuan PC (sensor/aktiuator sambung langsung ke PC - tanpa adanya PLC), sekarang sudah mulai overlap antara DCS dan PLC…

  21. gmn kbrnya pak?saya dulu merupakan salah satu mahasiswa bapak..mau tanya diblog ini kan membahas tentang dcs,yang bapak skrg bahas mengenai dcs dgn jenis apa?skrg ini saya lagi mempelajari dcs dgn jenis experion kalau Pak agfi punya tutorialnya mungkin bisa saya gunakan bwt referensi untuk dapat cepat menguasainya..terimakasih

  22. Sangat bermanfaat pak, ijin link ya pak. salam

  23. Thanks sdh share sesuatu yg sangat bermanfaat.

  24. Setau saya DCS itu multiloop sedangkan PLC itu single loop, tapi sekarang PLC juga sudah ada yang multiloop jadi kabur batasannya…CMIIW

  25. Assalamu’alaikum.
    dear.
    pak agfi
    ap kabar?

    sy tertarik untuk belajar secara otodidak. bgmn petunjuknya ?
    terimakasih.

    salam
    bahri

  26. @fajar ari :
    Setahu saya rancangan untuk SCADA adalah seperti yang anda jelaskan ini
    “satu subsistem plant (misal subplant pick and place barang )yg ditangani oleh 1 plc dan subplant lainnya( misal konveyor pengepekan barang)ditangani oleh 1 plc yg lain sehingga 1 plc hanya bekerja mengontrol untuk 1 subplant..dan penggabungan banyak plc untuk masing2 subplant inilah yg disebut sebagai DCS”

    jadi tiap-tiap PLC punya bagian kerja (area) tertentu. Data2 dari beberapa PLC (misal bagian mixing,transfer, pengepakan) dikumpulkan kepada satu server,data tersebut juga bisa diakses oleh PLC lain untuk pengambilan keputusan. Misalnya jika terjadi masalah di subplant pengepakan maka plc area(subplant) transfer harus mengalihkan hasilnya ke subplant pengepakan yang lain atau bisa juga menghentikan proses di subplantnya sendiri.

    untuk redundancy DCS setahu saya, yang di buat backupnya adalah data dari PLC nya jadi, bukan PLC nya yang di wiring paralel dengan I/O. melainkan computer server yang di backup dengan komputer lain, sehingga data realtime prosess tetap tercatat.,mohon koreksinya kalo ada yang salah :)

  27. Asw,..Pak Agfi saya punya pertanyaan,..
    Pd Dcs Yokogawa setau saya memakai V-net untuk bus controlnya..sebenarnya kelebihan V-net itu ap ya Pak?..klo dilihat dari sistem transmisi datanya selain mampu beroperasi untuk keadaan real time..
    Trims

  28. Yang pasti perbedaan PLC dan DCS:
    1.Kalau sudah Bisa DCS ,,mau maen ke PLC tinggal Merem..
    2.Kalau sudah bisa PLC mau ke DCS minimal 5 tahun baru mahir DCS
    3.Kalau PLC murah abis (2jt juga dapet )
    4.kalau DCS gak sanggup beli kecuali perusahaan oil n gas atau chemical
    5.Kalau PLC Jarang fault telorant
    6.kalau DCS minimal 2 redundant
    7.kalau PLC tidak fail safe(kecuali tertentu)
    8.kalau DCS pasti fail safe
    9,kalau engineer plc kerjanya di manufacturing(pabrik)
    10.kalau engineer DCS kerjanya di oil n gas atau petrokimia

    yang terakhir ,,
    kalau programmer PLC pengalaman 10 thn gaji masih dibawah 10jt
    kalau programmer DCS pengalaman diatas 5 tahun gaji diatas 25 jt

  29. Untuk Pak Agfi dan teman2 berpengalaman pada DCS & PLC. Pabrik saya menggunakan Wonderware ver 7 pada komputer P3 ber-motherboard Gigabyte dan dikarenakan tenaga ahlinya sudah tidak ada lagi kami melakukan clone hardisk agar saat terjadi masalah komputer kami dapat segera me-restore sistem. Yang menjadi masalah bagi kami adalah saat kami hendak mengganti CPU/Komputer (upgrade dari P3 ke P4) semua indikator tidak berfungsi seperti tidak ada komunikasi antara komputer dan PLC. Pertanyaan kami adalah… apakah kami akan terikat menggunakan komputer P3 seterusnya tanpa dapat opsi untuk upgrade P4? Apakah ada setting khusus dari wonderware/DCS yang harus kami rubah agar dapat menggunakan komputer P4? Apakah versi wonderware tertentu hanya dapat menggunakan hardware (motherboard/cpu) tertentu saja? terima kasih untuk tanggapan atau saran yang dapat rekan2 sekalian berikan kepada kami

Trackbacks/Pingbacks

  1. Apakah SCADA itu?
  2. Operator Training Simulator (OTS)
  3. Electrical Training : Distributed Control System (DCS) | Informasi Training - Iklan Training - Pelatihan - Workshop
  4. Distributed Control System (DCS) | Info Seminar | Informasi Training | Pelatihan | Workshop | In House Training | Jasa Konsultasi

Leave a Reply

You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>