Telah dibuat sebuah sistem penajaman citra menggunakan kernel konvolusi penapis High-pass dan High-boost. Sistem terdiri dari dua kategori, yaitu mengimplementasikan metode kernel konvolusi penapis High-pass dan penapis High-boost untuk mempertajam citra dan menghitung nilai MSE (Mean Square Error) antara citra asli dengan citra yang telah dimodifikasi.

Sistem ini dapat mempertajam suatu citra yang terdegradasi oleh penapis Gaussian blur ataupun penapis jenis lain. Dalam hal ini, kualitas citra akan ditingkatkan dengan mempertajam detail yang penting dalam citra tersebut dan mempertajam detil objek yang telah blur. Citra yang telah ditajamkan dapat dibandingkan dengan citra asli untuk mengetahui seberapa dekat kesamaan kedua citra tersebut dengan menggunakan parameter MSE. Semakin kecil nilai MSE antara kedua citra maka kedua citra tersebut semakin mirip.

Hasil penelitian menunjukan penajaman terbaik diperoleh pada penajaman citra buram Gaussian Blur radius 1 piksel, yang ditandai dengan nilai MSE paling kecil yaitu pada kernel 1 dan faktor penguat 1. Hasil penajaman terburuk/terparah diperoleh pada penajaman citra buram Gaussian Blur radius 50 piksel, yang ditandai pada kernel 3 dan faktor penguat 5. Penajaman citra sangat tergantung pada kernel konvolusi High-pass filter dan High-boost filter dan nilai faktor penguat yang digunakan. Semakin besar nilai faktor penguat kernel, citra yang dihasilkan akan semakin terang.

Kata kunci: kernel konvolusi, citra tajam, penapis high-pass, penapis high-boost

(Informasi selengkapnya klik disini)

Tags: , , , ,

One Response to “Implementasi Metode Penapis Highpass dan Penapis Highboost dalam Penajaman Citra menggunakan Kernel Konvolusi”

  1. asslkum,,
    penak sekali pak,,, info na,,, bagus buat judul skripsi,,,
    salam informatika ya pak,,,
    wasslm,,,
    medan,,

Leave a Reply

You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>