Apakah MOBOTSIM itu?

MOBOTSIM adalah sebuah perangkat lunak untuk simulasi 2D robot roda (mobile robot atau MOBOT) tipe penggerak diferensial (differential drive), sebagaimana contohnya ditunjukkan pada Gambar I.1 dan Gambar I.2, yaitu suatu mobot buatan Innex - Thailand, pada gambar tersebut adalah bentuk dasar tanpa dilengkapi sensor apapun serta kontrolernya berupa mikrokontroler i-Box, diprogram menggunakan Logo Blocks.

Gambar 1. Tipikal robot mobile differential drive
(tampak bawah - LabMate buatan TRC)

Gambar 2. Robot mobile yang dilengkapi dengan mikrokontroler i-Box
(Bentuk dasar, tanpa sensor, buatan Innex, Thailand)

Perangkat lunak MOBOTSIM ini menyediakan suatu antarmuka grafis yang mewakili suatu lingkungan dimana Anda dengan mudah bisa membuat, mengatur dan menyunting mobot - mobot dan objek-objek rintangan.

Agar mampu mengatur gerakan robot roda tersebut, MOBOTSIM memiliki editor Bahasa BASIC yang dapat digunakan untuk menuliskan makro-makro yang memanfaatkan fungsi-fungsi khusus mobot (selain fungsi-fungsi standar BASIC) untuk mendapatkan berbagai macam informasi, misalnya tentang koordinat mobot dan data-data sensor), serta mengatur gerakan mobot berdasar informasi-informasi yang diperoleh tersebut. Ini semuanya bisa dilakukan dengan menuliskan makro (program) dalam Bahasa BASIC.

Perangkat lunak MOBOTSIM v1.0 ini bisa Anda peroleh dari CDROM yang disertakan pada buku ini maupun men-download langsung dari website Mobotsoft yaitu http://www.Mobotsoft.com, yang dapat digunakan gratis selama 30 hari atau 100 kali penggunaan (mana yang lebih dulu tercapai).

Silahkan Anda unduh artikel lengkap disini atau informasi bukunya disini… Terima kasih.

Tags: , ,

8 Responses to “MOBOTSIM v1.0: Software Pembelajaran Pengendalian Mobile Robot”

  1. Assalamu’alaikum Wr.Wb.
    Pak saya tertarik dengan buku bapak yang berjudul pengendalian mobile robot, yang ingin saya tanyakan:
    1. Selain mobotsim apa saja software untuk simulasi yang lain? Apa kekurangannya dari segi kualitas dan harga.
    2. Apa program simulasi mobotsim jauh berbeda dengan mobot aslinya?
    Mohon penjelasannya.
    Terimakasih.
    Wassalamualaikum Wr.Wb

  2. @Adi:

    wa’alaikum salam

    1. selain mobotsim ada software eyewire - cuman sudah gak produksi lagi (padahal bagus banget karena animasi 3D-nya dan menggunakan mikrokontroler BasicStamp).
    2. Jelas simulasi mobotsim hanya digunakan untuk mencoba algoritma2 yang nantinya diimplementasikan ke robot sesungguhnya…

  3. assalamu’alaikum wr. wb.
    makasih atas artikel2nya pak ato mas.
    ternyata anda punya web to?
    padahal saya dah banyak membaca buku2 anda, tapi alamat webnya ga pernah saya perhatiin.
    pak saya mau belajar membuat robot line follower, bapak punya tutorialnya ga?kalo punya diposting donk,biar bisa saya download.atau dikirimin ke email saya.
    kalo buku tentang software mobotsim jujur ja saya masih binggung.
    Makasih banyak pak.
    wassalamu’alaikum wr. wb.

  4. Hey There Admin,Cool Post, Imagine having a litlte black box that allows you to watch over 100,000 movies, anytime you wish. You can also get TV shows and music with your already existing membership to Netflix, Amazon VOD and Pandora. The Roku XD Streaming Player 1080p delivers all of this and more.I’ll be back to read more next time

  5. thank u for sharing

  6. bagus nih pak, menarik untuk dicoba

  7. thank you for sharing it’s so helpful

  8. terimakasih sangat membantu

Leave a Reply

You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>