Akuisisi data atau proses mendapatkan data (sederhana-nya), merupakan proses yang penting dalam sistem pemantauan dan pengendalian sistem. Fenomena fisik seperti suhu, tegangan, posisi, laju atau kecepatan, gaya, tekanan, radioaktivitas, intenstitas cahaya, resistansi, kelembaban, konsentrasi gas, medan magnet, frekuensi, level suara dan lain sebagainya ditangkap oleh sebuah transduser.

Apakah transduser itu?

A transducer is a device which converts a physical stimulus to another form of energy (usually electrical)

Tranduser merupakan peralatan yang mampu mengkonversi suatu bentuk energi (fisik) menjadi bentuk energi lainnya (biasanya energi listrik). Di dalam transduser terdapat sensor dan pre-amp…

Apakah sensor itu?

A sensor is a device which responds to a physical stimulus

Sensor adalah alat yang merespon rangsangan (stimulus) fisik tertentu. Jelas kalo sensor suhu hanya bisa merespon perubahan suhu, bukan perubahan tekanan atau gaya. Pre-amp digunakan sebagai penguat awal sinyal-sinyal listrik yang luarannya diumpan ke penguat dan pengkondisi sinyal.

Untuk apa penguat dan pengkondisi sinyal?

Penguat dan pengkondisi sinyal melakukan tugas penguatan sinyal sekaligus melakukan pengkondisian sinyal, termasuk proses tapis sinyal, yang bisa digunakan untuk memisahkan sinyal dengan deraunya, atau memilih dan memilah sinyal dengan frekuensi-frekuensi tertentu. Intinya agar sinyal yang diterima PC (komputer) sudah merupakan sinyal yang benar-benar diinginkan.

Komputer dipakai untuk apa?

Kemudian hasil dari penguat dan pengkondisi sinyal diberikan ke komputer untuk pemrosesan lebih lanjut, hasilnya bisa diumpankan kembali ke suatu aktuator yang akhirnya terdeteksi sebagai besaran-besar fisis. Atau luaran dari komputer diberikan ke aktuator sebagai tanggapan fisik dari sinyal listrik. Aktuator ini bisa berupa speaker yang menghasilkan suara, pembacaan meteran, indikator LED, tampilan digital, perekam grafik, keluaran VDU dan lain sebagainya.

Untuk antarmuka menggunakan komputer, Anda bisa menggunakan fasilitas port paralel (yang biasa digunakan untuk printer), port serial maupun USB. Jika Anda menggunakan laptop atau notebook, tentunya port serial (menggunakan alat khusus USB2Serial) serta USB menjadi pilihan yang masuk akal. Mengapa? Karena sudah tidak ada port paralel-nya lagi.

Secara umum komputer bisa diganti dengan mikrokontroler, agar sistem menjadi lebih protable, atau bisa sistem embedded yang dapat diakses melalui komputer dimana saja, melalui jaringan TCP/IP baik wired maupun wireless.

Penggunaan komputer dalam dunia industri biasa disebut sebagai SCADA, yang merupakan kepanjangan dari Supervisory Control And Data Acquisition.

SCADA merupakan sebuah sistem yang mengumpulkan informasi atau data-data dari lapangan dan kemudian mengirimkan-nya ke sebuah komputer pusat yang akan mengatur dan mengontrol data-data tersbut. Sistem SCADA tidak hanya digunakan dalam proses-proses industri, misalnya, pabrik baja, pembangkit dan pendistribusian tenaga listrik (konvensional maupun nuklir), pabrik kimia, tetapi juga pada beberapa fasilitas eksperimen seperti fusi nuklir. Dari sudut pandang SCADA, ukuran pabrik atau sistem proses mulai dar 1.000an hingga 10.000an I/O (luara/masukan), namun saat ini sistem SCADA sudah bisa menangani hingga ratusan ribu I/O. Ingin mendalami lebih lanjut? Klik disini.

Bacaan lain-nya

Tags: , ,

48 Responses to “Antarmuka PC: Dasar-dasar Akuisisi Data”

  1. assalamu’alakum..
    pak.. kul antarmuka io.dll.. di web bpk. jdulnya ap??
    di antarmuka hanya ada antarmuka pc saja..
    terima kasih..
    wassalamu’alaikum

  2. wa’alaikum salam wr wb
    coba cek di
    http://agfi.staff.ugm.ac.id/bl.....-basic-60/

  3. Pak, bisa minta bantuan untuk interface delphi ke mikrokontroller atmega16, untuk Tugas Akhir, rencananya kontrolnya dari delphi. tapi bingung.

  4. @Aryo:

    untuk antarmuka Delphi pada dasarnya sama saja, Anda bisa coba baca artikel “Akses Port Paralel menggunaka VB“…

    sedangkan antarmuka ke ATMega16 tergantung mo pake paralel atau serial? jika menggunakan paralel Anda bisa baca artikel di atas, sedangkan jika menggunakan serial Anda bisa membaca artikel “AT89: Sistem Akuisisi Data dan Pemantauan

    demikian…

  5. antarmuka dengan menggunakan komunikasi serial(Universil Serial Port). dari notebook ke mikrokontrer gimana dan pengalamatan usb di notebook

  6. pak , mau tanya kalau kita mau buat program antarmuka dengan delphi, apakah file “dll” yang di pakai sama dengan yang di pakai pada Visual Basic ( inpout 32) atau memiliki dll tersendiri .
    terima kasih

  7. @usman:
    saya belum pernah coba pemrograman USB melalui PC, maaf..

    @soni:
    kalo gak salah sama saja dll-nya… tinggal cara inisialisasi dan penggunaannya yang berbeda…

  8. mas saya minta tolong ,
    maaf baru belajar delphi,saya pengen ambil data suhu pada miko ke komputer melalui serial,gmana source programnya dan buat aplikasi aritmatikanya setelah data dibaca komputer di tedit.

  9. selamat Pagi Pak
    Saya membuat program akses port paralel dengan Visual Basic ( DLL yang dipakai inpout32 dll).
    Syntac programnya sesuai dengan apa yang tertulis pada tutorial Bapak.Pertanyaan saya kenapa waktu di “Run” muncul error: Compile error, user defined type not defined.
    Action yg telah dilakukan:
    1. Check inpout32 dll di \windows/system32…>ada
    2. Check syntac program …>sesuai tutorial yang bapak tulis
    3. check LPT port address…>&H378
    4. check LPT Mode…>Saya sudah mencoba mengubah semua mode yang ada: SPP, ECP, EPP, ECP+EPP dan normal
    5. Saya menggunakan desktop PC
    Mohon masukannya terima kasih

  10. @soni:
    dilihat dari errornya, yang sebaiknya Anda periksa adalah program VB-nya dulu, karena ada variabel yang barangkali belum didefinisikan…
    yang penting dimana letak error-nya, pada statement apa?

  11. error ini terjadi pada Program fungsi & prosedur akses port
    ( Public Declare sub ……dst)
    Kebetulan saya buat program ini di form bukan Modul
    Pertanyaan:
    Apakah program untuk akses port harus di Modul atau Form atau kedua-duanya.

    Terima kasih atas masukannya

  12. Pak, bisa minta bantuan untuk interface dr labview ke mikrokontroller atmega16, untuk Tugas Akhir, rencananya ada push button dari labview untuk menggerakkan motor stepper. tapi output dari labview saya masih bingung.(makasih semoga cepet dibalaz)..

  13. pak agfi,saya mau tanya nie..
    saya punya tugas akhir mengenai pemantau suhu dengan menggunakan port serial rs232,dan mikrokontroler at8535,,tampilan pemantau suhu yang saya gunakan adalah vibi.6..tampilan yang diinginkan sederhana saja..menampilkan suhu di ruang A dan ruang B (pada mikrokontroler ruang A diberikan kode=01 dan ruang b=02)..
    kemaren saya download Sistem Akuisisi Data dan Pemantauan,.dan saya coba buat dengan tampilan 2 sensor tanpa record,program yang saya buat bisa dicompile tapi tidak keluar ‘visual basic form binary’ (kata teman saya ada program yang kurang atau salah)…saya udah binggung buat programnya, mohon bantuan dari bapak (kalo bisa segera,karena besok juli saya sudah maju sidang)

  14. @soni:
    untuk mengakses port di VB, inpout32.dll harus anda deklarasikan terlebih dahulu dengan pernyataan yang mirip dengan di artikel saya “Akses Port Paralel menggunakan VB“.
    sebaiknya didefinisikan di module/class tersendiri…

  15. @Rahma:
    untuk antarmuka labVEW dengan mikrokontroler apapun bisa digunakan port serial, di Labview gunakan komponen atau objek serial port (bukan yang punya NI, tetapi yang primitive, cek HELP-nya Labview).
    komunikasinya menggunakan protokol yang bisa Anda tentukan sendiri.

  16. saya saat ini sdang mnggunakan VB sbgi HMI untuk tampilan boiler dgn snsor suhu dn level…yg jadi masalah adalah bagaimana caranya memperoleh alamat yang berasal dari PLC kemudian di terima dan disimpan secara real time pada VB…(akuisisi datanya)
    mohon bantuannya dalam hal ini…..adakah coding khusus….??
    thanx….
    Balas

  17. ass. saya mw bertanya saya ingin menggunakan vb untuk data akuisisi untuk tampilan mesin kapsul dengna sensor suhu dan kelembapan. bagaimana caranya men-interface kan sensor suhu ke vb dengan menggunakan rs-232. selanjutnya hasilnya dapat disimpan. terima kasih

  18. maaf Pak Agfi agak ngiklan. hehe…

    To semua.
    Sebentar lagi saya akan mengeluarkan produk baru berupa minimum sistem untuk AVR dan MCS51 kelengkapannya adalah:
    1. Onboard Downloader.

  19. Lanjutan…
    sofware-nya bisa pake:
    -AVR Studio
    -CodeVisionAVR
    -Universal ISP Downloader
    (*.hex, *.elf, *.ihx, *.rom, *.bin, *.eep, *.gen)
    seabrek format file dikenali.

    -Etc (dikenal sebagai AVRISPmkII). AVRDude juga kenal.

    2. Onboard USB to ADC/DAC. Bisa juga digunakan untuk ADC/DAC to mikro untuk penggemar MCS51 agar tidak Perlu nambah ADC/DAC lagi.

    3. Selain untuk download interface USB-nya juga langsung dapat digunakan untuk komunikasi ke mikro: USB to serial / USB to SPI.
    (ngak usah bongkar pasang semua ada, dari Download, komunikasi, ADC/DAC dan regulator dalam satu sistem).

    4.USB open dll by ADP Product, dan dilengkapi dengan contoh program mengendalikannya. Terdapat banyak program contoh, pada sisi mikro dalam bahasa Assembler (AVR Studio) dan C (WinAVR/AVR Studio dan CodeVision), pada PC dengan bahasa DELPHI dan C++ Builder.

    (rasakan kenikmatan membuat program USB sendiri !!!)

    5. Sumber daya bisa dari USB dan atau dari luar 6-9V.

    6. Contoh buat program download sendiri juga ada.

    Tapi sabar sekitar Oktober/November baru bisa di Download di AudioPlasa. Jika udah kebelet ingin memilikinya hubungi: adhopraz@yahoo.com

    Makasih Pak Agfi.

  20. assalamuailakum

    saya mw tanya akses port paralel dengan visual basic
    klo bsa saya mnta tlong kiriman program mentahanya
    ke email saya krisna8@yahoo.com
    trima kasih sbelumya

    wassalamualaikum

  21. Assalamu’alaikum Pak Agfi….

    Gmana kalau saya mau buat sistem akuisisi data (misalnya data suhu, kelembaban dll) kemudian data itu saya tampilkan di web secara online (baik secara grafis atau data character biasa).
    Saran bapak (menurut pengalaman pemrograman bapak)…, saya harus pakai apa pak ya???, trus sistemnya seperti apa ya?

    Yang paling pokok sistem akuisisi datanya gmana?pakai program apa?ngirim ke servernya gmana? dll….

    Sebelum dan sesudahnya terima kasih…..
    Salam sukses pak Agfi…
    Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

  22. @krisna:
    wa’alaikum salam wr wb
    akses port paralel menggunakan VB bisa Anda lihat caranya di http://agfi.staff.ugm.ac.id/bl.....-basic-60/, gampang kok…

    @hadi prasetyo:
    sistemnya menggunakan sensor yang kemudian dihubungkan ke mikrokontroler yang juga terhubungkan ke ethernet atau tcp/ip intreface, jika ingin mudah bisa menggunakan modulnya wiznet (misalnya wiz110sr atau sejenisnya). di dalam mikrokontroler Anda buat sebuah website sederhana yang bertindak sebagai web server dan dapat diakses melalui jaringan internet atau intranet… begitu konsep dasarnya…

  23. Pak, kalo mau akuisisi arus DC yang besar (100-200 A) pake sensor apa ya sebelum masuk ADC mikrokontroler?

  24. Assalamu’alaikum pak Agfi..

    Langsung saja, saya mempunyai Data ASCII realtime yang di dapat dari port Serial (Dapat dibaca melalui Hyperterminal), data ASCII tersebit dapat dibaca setiap detik.

    Yang jadi masalah Bagaimana caranya agar data ASCII tersebut (yg terbaca di PC server) dapat diimplementasikan ke dalam web browser (web based) dalam bentuk grafik atau character secara realtime (agar tiap detik data di web bisa berubah)

    1. Langkah-langkah atau tools apa yang harus saya gunakan?
    2. Bagaimana data ACII tersebut dapat diakses melalui web browser di internet?

    Mohon pencerahannya.

  25. It is very good that you are making a king of hot thought just about this post. Thus we guess that that can be great when some persons buy the thesis samples or just buy thesis from you.

  26. Assalamualaikum mas Agfi,
    Sebelumnya saya ucapkan terima kasih atas adanya forum ini, banyak ilmu yang saya dapat dari sini. Beberapa buku karangan mas Agfi, saya sudah punya, cuma karena background saya jauh berbeda jadi sedikit kesulitan memahaminya, meskipun demikian berkat sharing ilmu dari Bapak melalui beberap buku yang bapak buat, Alhamdulillah saya dah bisa sedikit-sedikit memahami konsep2 mikrokontroller.
    To the point aja mas, saat ini saya kesulitan untuk memisah data string dari mikrokontroller. Saya menggunakan 4 sensor dan dari mikro data ditangkap dengan format string pada memo. Compiler yang saya gunakan pake delphi dengan komponen gratisan TComport.
    Saya coba pake procedure split dari salah satu referensi saya, cuma masih ngaco, mohon pencerahannya

    Terima kasih

    Salam

    Zulfahmi

  27. Ass. Mas Agfi, mohon bantuannya untuk pertanyaan sebelumnya tentang pemisahan data

  28. ardiyan alamsyah
    March 30th, 2010 at 3:10 pm

    ass. mas agfi boleh minta bantuan tentang setting antarmuka antara mikrokontroler dengan komputer dengan menggunakan delphi 7.0. kalau VB komunikasinya menggunakan MS COMM prodak dari microsoft, kalau untuk delphi komunikasi dengan mikrokontroler itu apa mas agfi?

  29. Askum.
    Pagi pak Agfi.Saya ada tugas Akhir melakukan monitoring suhu melalui port USB.Mohon dengan sangat bantuan dari Pak Agfi.Gimana caranya dan komponen yang harus saya pakai.Saya memakai delphi 7 untuk programnya. Dan saya juga membuat konverter serial to USB.Cuma gak tau cara dan komponen apa yang digunakan untuk Interfacenya.Terima kasih banyak.
    Waskum.

  30. @shiro:
    wa’alaikumsalam wr wb
    pertama saya pikir tugas TA Anda langsug akses ke USB ternyata menggunakan USB2serial, ya intinya gunakan rangkaian dari FTDI (untuk usb2ser-nya), koneksi dan cara komunikasi tetap mennggunakan fasilitas serial di mikrokontroler-nya - spt biasanya… silahkan merujuk buku saya untuk tipe AT89 atau buku lainnya untuk AVR…

  31. Askum.
    Terima kasih jawaban dr pak Agfi.Skrng sya br menguasai program interface secara serial dan paralel.Namun saya tertarik sekali interface dengan USB.Untuk konverterny saya buat dengan AVR dan udah jd.Saya gunakan program kirim dan terima serial pada mikrokontrolernya.Soalnya saya belum tau program kirim usb pd mikrokontroler.Jd paket data serial dari mikro di ubah menjadi data usb oleh converter rs 232 to usb yg saya buat.Masalah yang ada adalah program kirim dan terima USB dari delphinya.Saya tdk tau komponen apa yg digunakan d delphinya.Ato program inisialisasi usb pada Delphinya. Kalo untuk serial biasanya saya pake comport.Untuk kirim(comport1.write) dan untuk terima(comport1.read).Cara ini tdk bisa untuk ambil dan kirim data pake port USB.
    Mohon dengan sangat bantuan dr Pak Agfi.Terima kasih banyak.
    Waskum.

  32. Sya mw tny pak,
    Code delphi untk membaca perubahan suhu menggunakan rangkaian biasa (NTC) pada port paralel gmn y?
    Cra kerjany gni, jd port paralel membaca brp suhu sekarang pd ntc lg dtmpilkan d text pada delphi,perubhan suhuny itw real time,jd swaktu2 b’ubah sesuai suhu ruangn tersebut,

    Mhon bntuanny,
    Trima ksh,

  33. Asskum.
    Trima kasih bnyak Pak atas bantuannya.Saya sudah ada rangkaian dan driver dari FT 232 RL.Saya pake yang tipe RL.Saya mau tanya lg Pak. Yang di rangkaian tu ada komponen Ferrite Bead.Itu untuk mengurangi noise.Saya cari komponennya di dearah saya tidak ada.Jika saya hilangkan,apa usb2ser yg akan saya buat masih bisa bekerja?
    Waskum

  34. @ndah:
    pada prinsipnya Anda harus mengunduh berkas DLL untuk akses port paralel (silahkan unduh disini atau baca artikelnya disini), kemudian gunakan fungsi2 di dalam DLL tersebut untuk mengakses port paralel sebagaimana Anda inginkan….

  35. @shiro:
    wa’alaikumsalam wr wb
    kemungkinan masih bisa bekerja, sebaiknya langsung dicoba saja, apalagi kesulitan dengan komponen tsb.

  36. Askum.
    Trima kasih Pak.Untuk komponen lain tidak ada kesulitan.Saya mau tanya Pak.Selain pake FT 232,bisa pake At Tiny2313.Bapak pernah membuat belum?Jadi Attiny 2313 digunakan sebagai kontroler untuk mengkonversi serial to usb.Saya masih ingin membuat yang itu juga Pak.Jadi yang FT 232 buat cadangan kalo yang Attiny gagal.Untuk yang Attiny sayA sudah dapat rangkaian,source code Attiny 2313 dan drivernya.Tp saat saya konekkan ke port USB selalu not recognice.Mohon dengan sangat bantuan dari bapak.

  37. Maaf Pak ini alamat web saya dapat rangkaian,source code dan driver usb2serial //www.recursion.jp/avrcdc/.Mohon bantuan dr Bapak.Trima kasih banyak.

  38. mau tanya ni mas,

    kalo mikrokontroler dihubungkan dengan accesspoint caranya gimana?

    mohon pencerahannya

  39. pak, saya mhasiswa pemula banget.
    gmna cra pengalamatan port paralel pd aplikasi delphi?
    thanks’..

  40. Salam Kenal pak Agfi, Pak mohon topik untuk penelitian dalam komputer cerdas,,, trims.

  41. Dear Pak Eko ,

    Mau tanya lagi pak …
    kenapa komunikasi antara komputer dan mikrokontroller ats51 dengan rs232 berjalan dengan baik , tetapi setelah menggunakan rs485 pengiriman karakter tidak terbaca CONTOH $%^&$% di dalam memo yang seharusnya angka 1 atau 1234 ( repon ID seperti pelajaran yang bapak sampaikan ).

    bahasa yang di gunakan delphi , br 9600 , converter yang di gunakan adalah dt io rs232 to rs 485.

    kira2 bapak bisa bantu dimana letak kesalahan nya apakah harus di rubah program di dalam mikrokontrollernya?

    Thanks Pak

  42. mau tanya,,,
    kalau akusisi data suhu dengan delphi 7 diakses dari at8535 melalui usb gmn?
    apa ada referenssi?

  43. mau tanya pak, kalo mau komunikasi antara Labview dengan atmega 32 via ethernet modul gimana ya pak? trimakasih pak

  44. @dian:
    komunikasi LV dengan mikrokontroler apa saja bisa dilakukan melalui antarmuka port serial atau antarmuka jaringan TCP/IP. karena kedua antarmuka tersebut jelas sudah tersedia di lingkungan LV dan juga diduukung oleh beberapa mikrokontroler…

    Untuk antarmuka serial, ATmega32 sudah memiliki fasilitas UART yg siap dipake, sedangkan menggunakan antarmuka TCP/IP atau Ethernet, dibutuhkan modul tambahan untuk itu…

    terima kasih…

  45. Assalamualaikum.

    Maatau rekan seklian ada literature membuat Scada pake VB koneksi ke PLC ?
    mohon bantuannya

  46. I will bookmark your blog site and will be without doubt coming back. Once again, I appreciate all your work and also providing a lot vital tips for your readers.

  47. Really fantastic article regarding the project. I just really love it. Thanks for making a wonderful share!

Trackbacks/Pingbacks

  1. Agus : Tugas 1 Akuisisi Data

Leave a Reply

You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>