Yayasan OPC (OPC Foundation)

  • Merupakan organisasi non-profit.
  • Beranggotakan ratusan perusahaan.
  • Sesi interoperabilitas menjamin komunikasi antar produk OPC
  • Produk yang OPC Compliant harus lolos uji OPC

Yayasan OPC atau OPC Foundation merupakan sebuah organisasi internasional non-profit yang terdiri dari ratusan perusahaan di seluruh dunia. Bertanggung jawab dalam menetapkan dan mengurus spesifikasi OPC serta berusaha memelihara interoperabilitas-nya.

Sesi Interoperabilitas OPC dilakukan secara periodik di seluruh dunia. Selama sesi ini, para penjual (vendors), yang juga bisa berarti kompetitor, mengirimkan pakar-pakar teknis meraka untuk menghubungkan produk-produk OPC mereka dengan lainnya. Jika mereka menemui permasalahan konektivitas, para penjual akan berkumpul untuk mencari solusinya. Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk memastikan penjual Anda juga ikut berpartisipasi dalam sesi interoperabilitas OPC yang dilakukan.

Selain itu, Yayasan OPC juga mengembangkan sebuah perangkat uji Pemenuhan OPC (OPC compliance). Mereka yang lolos uji dapat mendaftarkan hasilnya ke Yayasa OPC dan boleh menampilkan Logo OPC Compliance pada produk-produk mereka yang terkait.

Logo OPC compliance merupakan indikator bahwa suatu Server OPC mematuhi spesifikasi OPC tertentu. Namun, logo OPC compliance tidak berarti semua server OPC adalah sama. Kenyataannya, server OPC dapat bervariasi dalam hal kecepatan, reliabilitas, kapabilitas dan interoperabilitas-nya, yang juga membedakan harganya. Silahkan Anda cek produk pada penjual Anda, termasuk garansi yang mereka tawarkan.

Spesifikasi OPC

OPC merupakan standar industri yang dipublikasikan untuk pertukaran data kontrol proses dan tersedia untuk siapa saja yang tertarik mengembangan produk OPC-nya masing-masing. Ada banyak spesifikasi OPC, berikut beberapa hal yang sering Anda jumpai:

  • OPC Data Access, atau OPC DA, menyediakan akses ke data proses secara real-time. Menggunakan OPC DA, seseorang dapat meminta data nilai terakhir, misalnya, kecepatan aliran, tekanan, level, suhu, densitas, dan lain-lain, secara real-time.
  • OPC Historical Data Access, atau OPC HDA, digunakan untuk mendapatkan dan menganalisis data proses tersimpan (historical process data), yang bisanya tersimpan di dalam sebuah Process Data Archiver, basisdata, atau RTU.
  • OPC Alarms and Events, atau OPC A&E, digunakan untuk pertukaran alarm dan kejadian-kejadian (events) proses. Pegawai operasional dapat menggunakan OPC A&E untuk memberitahukan kepada mereka alarm-alarm dan untuk mendapatkan serangkaian kejadian-kejadian.
  • OPC Data eXchange, atau OPC DX, mendefinisikan bagaimana server OPC melakukan pertukaran data dengan server OPC lainnya.
  • OPC Extensible Markup Language, atau lebih dikenal dengan OPC XML, mengenkapsulasi data kontrol proses sehingga tersedia untuk seluruh sistem operasi.
  • Selain itu, masih ada spesifikasi lain seperti OPC Batch dan OPC Security.

Yayasan OPC terus secara kontinu memperbaharui spesifikasi-spesifikasi OPC, seperti OPC DA 2.0 menjadi OPC DA 3.0. Selain itu, juga mengerjakan spesifikasi yang baru seperti OPC untuk Complex data dan OPC untuk Sistem ERP. So, di masa mendatang OPC akan berevolusi untuk memenuhi berbagai macam kebutuhan.

Penting untuk memilih spesifikasi OPC yang tepat untuk aplikasi Anda. Misalnya, OPC DA dan OPC HDA merupakan spesifikasi yang terpisah, dan digunakan untuk kepentingan yang berbeda. Lebih lanjut, masing-masing spesifikasi OPC memiliki nomor rilis yang berbeda-beda, seperti OPC DA rilis 1, 2 dan 3. Silahkan cek pada penjual Anda untuk mengetahui spesifikasi dan rilis yang mereka dukung.

Sumber

  • Matrikon OPC Website;
  • OPC Foundation.

Bersambung ke Bagian-4…

Tags: , , ,

2 Responses to “Tutorial OPC (Bagian-3): Yayasan dan Spesifikasi OPC”

  1. LOWONGAN KERJA SECURITY / SATPAM BAGI LULUSAN SD, SMP, STM, SMA, SMU, SMK, SMEA, TERBARU

    GOLDEN MILENIUM SECURITY, Bergerak di bidang jasa Pengamanan, yang bekerja sama dengan Mall, Hotel, Apartement, Bank, Rumah Sakit dan gedung perkantoran yang ada di wilayah Jakarta, Bekasi, Depok dan Tanggerang.

    KETENTUAN YANG BERLAKU :

    01. Pengalaman kerja Satpam / Security tidak di Utamakan.
    02. Setelah dinyatakan lulus seleksi oleh Kami, maka calon anggota Satpam / Security langsung mengikuti pelatihan selama 1(satu) minggu dan langsung penempatan kerja.
    03. Selama pelatihan di sediakan Mess (tempat tinggal).
    04. Gaji yang akan diperoleh per bulan setelah bekerja adalah UMR DKI + Lemburan.
    05. Biaya administrasi sebesar Rp. 500.000 (dipotong dari gaji setelah bekerja).
    06. Biaya baju seragam, atribut Satpam / Security, pelatihan dan piagam sebesar Rp. 1.500.000 (dibayarkan di muka pada saat seleksi dengan mendapatkan tanda terima penerimaan kerja, uang akan di kembalikan saat itu juga apabila dalam ujian dinyatakan tidak lulus seleksi penerimaan anggota Satpam / Security).

    PERSYARATAN YANG HARUS DIPENUHI :

    01. Jenis kelamin Pria / Wanita.
    02. Membuat surat lamaran kerja beserta daftar riwayat hidup.
    03. Melampirkan Ijasah foto Copy (setelah bekerja yang asli di lampirkan).
    04. Pas Foto berwarna 4 X 6 sebanyak 4 lembar.
    05. Foto Copy KTP sebanyak 4 lembar.
    06. Foto Copy Surat Keterangan Kelakuan Baik dari kantor Polisi.
    07. Surat Keterangan Sehat dari Dokter / Puskesmas yang asli.
    08. Tinggi badan Pria 170 Cm, Wanita 160 Cm.
    09. Umur Maksimal Pria 38 Th, Wanita 25 Th.
    10. Meterai sebanyak 3 Buah.

    APABILA SEMUA PERSYARATAN DAN KETENTUAN
    TERPENUHI DI JAMIN LANGSUNG BEKERJA

    Lamaran Dapat Di kirimkan
    Melalui Pos ke :

    GOLDEN MILENIUM SECURITY
    Gedung Plasa Lippo (CIMB Niaga) Lt. 5
    Jl. Jend. Sudirman Kav. 25
    Jakarta – 12920

    Atau Lamaran Dapat Di kirimkan
    Melalui Email ke :

    (arie_golden@yahoo.com)

    Untuk Informasi
    Hubungi Sdr. Arie
    Telp : (021) 32228536
    HP : 0855-1029572
    0813-17926502
    (Mohon Maaf Kami Tidak Melayani SMS / Missed Calls)

Trackbacks/Pingbacks

  1. Tutorial OPC (Bagian-2): Konektivitas OPC vs. Kepemilikan (Proprietary) | DSP & Embedded Electronics

Leave a Reply

You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>