Pendahuluan OPC DA (Data Access)

  • OPC DA merupakan standarisasi akses data secara real-time.
  • Komunikasi antar peralatan dan aplikasi selalu konsisten.
  • OPC DA tersedia untuk setiap sistem kontrol proses yang utama
  • OPC DA mengamankan skalabilitas.

OPC Data Access, atau cukup OPC DA, menyediakan sebuah cara standar untuk mengakses data-data secara real-time dari perangkat keras dan lunak kontrol proses.

Menggunakan OPC DA, komunikasi antar semua peralatan dan aplikasi akan konsisten. Server OPC DA untuk PLC, DCS, atau peralatan lainnya menyediakan data dalam format yang benar-benar sama! Begitu juga, HMI, Process Historian dan aplikasi lainnya bisa menerima data OPC dalam format yang sama. Hal ini membolehkan perangkat keras dan perangkat lunak kontrol proses Anda menukar-nukar data secara bebas, menyediakan interoperabilitas yang luas di dalam perusahaan.

OPC merupakan metode konektivitas yang handal. Dengan demikian, saat ini server OPC sudah tersedia untuk setiap peralatan dan perangkat lunak aplikasi utama. Dengan kata lain, setiap aplikasi kontrol proses, saat ini, sudah mendukung OPC dalam bentuk sebuah koneksi klien OPC.

Perusahaan-perusahaan besar telah banyak mengadopsi OPC DA sebagai standar komunikasi transfer da secara real-time untuk mengamankan skalabilitas sistem mereka. Pemilihan OPC DA sebagai standar komunikasi pada perusahaan Anda membolehkan Anda untuk dengan mudah mengembangkan sistem sesuai dengan keperluan di masa-masa mendatang.

OPC DA diawali dengan rilis OPC DA 1.o, kemudian tidak lama disusul dengan OPC DA 1.0a. Spesifikasi terakhir (saat artikel ini ditulis) adalam rilis OPC DA 2.0, dengan klarifikasi minor yang muncul secara periodik, seperti OPC DA 2.01, 2.0, 2.03, dan seterusnya. Para penjual diharapkan produk perangkat lunak mereka selalu up-to-date dengan rilis terakhir, silahkan cek dengan penjual Anda, rilis atau versi berapa yang mereka dukung.

Detil OPC DA

  • Hanya digunakan untuk membaca dan menulis data secara REAL-TIME.
  • Menyediakan akses ke item nilai-tunggal yang dinamai “titik” (atau “point“).
  • Masing-masing titik mengandung sebuah nilai, sebuah kualitas dan sebuah cap tanggal (timestamp).
  • Hanya menggunakan nilai terakhir, tidak ada nilai sebelumnya.

OPC DA digunakan khusus untuk membaca dan menulis data secara real-time. Untuk mengakses nilai-nilai sebelumnya, atau nilai-nilai historik, Anda perlu menggunakan OPC HDA (Historical Data Access).

Baiklah, mari kita lihat sebuah meter arus (flow meter) yang digunakan untuk mengukur laju sebuah pompa. Dalam contoh ini, meter arus terhubung dengan sebuah PLC, yang kemudian harus mengirimkan data ke aplikasi klien HMI.

OPC DA menyediakan akses ke item nilai-tunggal, yang dinamakan titik (point). Misalnya, sebuah pengontrol arus bisa memiliki lebih dari satu titik, termasuk sebuah titik set atau se point (FIC101.SP), sebuah nilai proses (FIC101.PV) dan lain sebagainya. OPC DA memperlakukan titik-titik tersebut secara terpisah. Masing-masing titik memiliki tiga atribut: satu untuk nilai, satu untuk kualitas dan satu untuk cap tanggal (timestamp).

OPC DA akan mengirimkan nilai suatu titik, seberapa baik suatu pembacaan, dan kapan pembacaan dilakukan, tidak peduli titik tersebut berasal dari PLC, DCS, atau aplikasi perangkat lunak. Misalnya, suatu pembacaan arus menghasilkan nilai “12.85 cubic feet per minute”, sebuah kualitas “good” dan sebuah cap tanggal “October 7, 2003 9:15 and 17.358 seconds”.

Pertanyaan umum yang diajukan sebuah klien OPC dan dijawab oleh sebuah server OPC adalah “berapa flow saat ini untuk FIC101?”, “seberapa baik pembacaan-nya”, dan “kapan pembacaan dilakukan?”.

Cap tanggal (timestamp) OPC DA

  • Server OPC menyediakan sebuah nilai, kualitas dan cap tanggal.
  • Jika cap tanggal peralatan tidak tersedia (misalnya, Modbus), maka server OPC akan menyediakannya.
  • Jika peralatan memiliki cap tanggal, server OPC akan meneruskannya.

Intinya server OPC DA menyediakan tiga atribut untuk setiap titik: nilai, kualitas dan cap tanggal.

OPC mengharuskan bahwa sebuah cap tanggal harus tersedia untuk setiap titik, tetapi tidak menentukan darimana cap tanggal tersebut berasal. Dengan demikian, dari manakah cap tanggal tersebut berasal?

Kadangkala sebuah cap tanggal tidak tersedia untuk suatu peralatan. Misalnya, Modbus tidak menyediakan cap tanggal dari PLC. Dalam situasi ini, server OPC akan menyediakan cap tanggalnya. Tetapi beberapa peralatan sudah menyediakan cap tanggal untuk tiap titik. Sehingga server OPC akan menerima hasil pembacaan sekaligus menerima cap tanggal dari PLC dan meneruskannya.

Sebuah server OPC dapat dirancang untuk mengabaikan cap tanggal, walaupun memang sudah tersedia. Karena OPC tidak menenentukan dari mana cap tanggal itu berasal, kadang kala server OPC akan mengabaikan cap tanggal peralatan karena hal ini akan mengurangi usaha dalam pengembangan. Selalu tanyakan ke panjual Anda, dari manakah cap tanggal-nya berasal.

Ringkasan OPC DA

OPC DA menyediakan akses standar untuk data-data real-time, sehingga seklaigus menyediakan konektivitas terbuka. Sistem OPC mendapatkan keuntungan dari interoperabilitas dan skalabilitas sebenarnya yang digunakan untuk pemantauan dan pengontrolan terawasi. OPC membolehkan aplikasi untuk menukar, termasuk baca dan tulis, nilai-nilai terakhir, bukan nilai-nilai sebelumnya. Jika Anda membutuhkan akses ke nilai-nilai historik, maka Anda harus menggunakan OPC Historical Data Access (OPC HDA).

Sumber

  • Matrikon OPC Website;
  • OPC Foundation.

Bersambung ke Bagian-5…

Tags: , , ,

6 Responses to “Tutorial OPC (Bagian-4): Akses Data Real-time (OPC DA)”

  1. salam kenal pak agfi..
    mau tanya tentang integrasi MATLAB dengan PLC.. dan juga MATLAB dengan Intouch Wonderware.. kebetulan nantinya dari matlab akan keluar data nilai berupa waktu (misal jam berangkat atau jam tiba kereta api).. kira2 bagaimana ya pak??

    mungkin bisa di balas di imel saya saja..
    akh_aan@yahoo.com

    terima kasih banyak pak.

  2. @aansetia:
    integrasi MATLAB dengan PLC melalui OPC toolbox, artinya ada rangkaian MATLAB - OPC Toolbox - OPC Server - PLC, singkatnya seperti itu…
    untuk Intouch sebelum dikonek ke OPC Server pake FS Gateway dulu…

  3. Salam kenal Pak Agfi,
    saya ingin menanyakan : jika kita akan meng-akses data dari PLC ke komputer, maka yang harus kita install di komputer kita itu OPC server atau OPC Client ?
    terimakasih atas jawabannya

    Salam Farrel

  4. Selamat sore Pak,
    Perkenalkan saya Edo, mahasiswa.
    Mau bertanya tentang integrasi antara:

    1. Matlab dengan Aspen Hysys 2006
    2. Matlab R2009a dengan DCS Centum CS3000
    3. Hysys dengan DCS

    Apakah dari ketiga itu bisa Pak??
    Saya ingin mengontrol sebuah plant pembakaran pada Thermal Oxidizer. Yang dikontrol oleh DCS : flow rate fuel dan udara. Yang di analisis keluarannya yaitu H2S (untuk mengetahui banyaknya H2S keluaran butuh Hysys). Bagaimana metode integrasinya Pak jika boleh tahu…
    Terimakasih.

Trackbacks/Pingbacks

  1. Tutorial OPC (Bagian-5): Akses Data historik (OPC HDA)
  2. Tutorial OPC (Bagian-3): Yayasan dan Spesifikasi OPC | DSP & Embedded Electronics

Leave a Reply

You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>