OpenSPARC is an open source hardware project started in December 2005. The initial contribution to the project was Sun MicrosystemsRegister transfer level (RTL) Verilog code for a full 64-bit, 32-thread microprocessor, the UltraSPARC T1 processor. On 21 March 2006, Sun released the source code to the T1 IP core under the GNU General Public License. On December 11, 2007, Sun also made the UltraSPARC T2 processor’s RTL available via the OpenSPARC project.

Selama dua hari, 8 dan 9 Juni 2009, Kelompok Keahlian Elektronika, STEI-ITB mengadakan OpenSPARC Training yang langsung diisi oleh David L. Weaver (editor buku OpenSPARC Internal, unduh bukunya disini). Untuk acara ini Komunitas OpenSPARC-UGM yang diwakili oleh Agfianto E.P. mengadakan video conference (vicon) langsung di Ruang Sidang PPTIK, UGM.

pak Trio Adiono, Ph.D. sedang memberikan sambutan

Acara dimulai dengan pembukaan oleh pak Trio Adiono (KK Elektronika, yang punya acara), pak Adang Suwandi (Dekan STEI), dan pak Harry Kaligis (Sun Microsystems). Setelah itu acara langsung dimulai dengan presentasi oleh David Weaver, Chief OpenSPARC Evangelist dari Sun Microsystems. Informasi tentang Workshop ini juga bisa Anda baca di blog-nya pak Budi Rahardjo (klik donk).

David Weaver memberikan presentasi latar belakang OpenSPARC

Tags: , , , , ,

9 Responses to “OpenSPARC Training (8-9 Juni 2009)”

  1. wah mantap pak..
    ayo kita adakan di ugm..
    insyaallah saya mau bantu sebisanya..

  2. Kayaknya mau nyaingin ARDUINO neh !!!

  3. belum habis Open Source Software, udah ada lagi Open Source Hardware. mantap!

  4. Ayo Indonesia Bisa!!!
    ayo berkolaborasi, bekerja dan berkarya!!!
    kita kerjakan apa yang kita bisa, tularkan ilmu dan semangat kemandirian elekronika Indonesia.

  5. acara yang bagus ini. Good

  6. keep it up !

  7. thank you for sharing it’s so helpful

  8. thanks for sharing

  9. Konten halaman artikel ini, saya menemukan konten yang cukup menarik dan bermanfaat bagi saya, terima kasih telah berbagi

Leave a Reply

You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>