Pendahuluan

Acuan Rancangan Audio Otomotif Altera® Automotive Audio Reference Design mendemokan bagaimana Altera Cyclone™ FPGAs dapat digunakan dalam suatu pengolahan audio dalam sektor otomotif. Acuan rancangan berjalan pada papan pengembang Nios®, edisi Cyclone® atau Cyclone II, dengan papan DAC (digital-to-analogue converter) delapan-kanal Santa Cruz.

Acuan rancangan memiliki fitur sebagai berikut:

  • Masukan audio dalam format WAV tersimpan dalam kartu compact flash (CF).
  • Ekualiser grafik tujuh-pita
  • Keluaran audio mono tengah, sub-mono, stereo depan dan stereo samping (enam kanal)
  • Tundaan jalur (hingga 10 md) untuk kompensasi tundaan depan atau samping.
  • Ekualiser hingga enam-pita untuk masing-masing kanal luaran
  • Mendukung laju pencuplikan audio digital standar, seperti 44,1 dan 48 kHz.

Deskripsi Fungsional

Pada Gambar ditunjukkan diagram blok dari The Automotive Audio Reference Design. Masukan audio dalam format WAV tersimpan dalam CF menggunakan sistem berkas FAT32. Sebuah CF berukuran 512MB bisa menyimpan sekitar 30 menit data audio stereo 24-bit dengan cuplikan 48 kHz.

Luaran audio melalui papan DAC Santa Cruz delapan-kanal, yang dilengkapi dengan empat DAC audio TLV320DAC32 dari Texas Instruments. Luaran dari papan pengembang ini bisa dihubungkan ke headphone atau speaker aktif. Antarmuka pengguna menggunakan tombol tekan dan LCD 2×16.

Pada gambar tidak ditunjukkan logik de-bounce untuk masukan tombol-tekan, PLL dan reset. Laju pencuplikan audio diatur melalui PLL, yang akan memberikan detak pada DAC audio TLV320DAC32 pada papan DAC audio Santa Cruz. Secara default, rancangan ini dikonfigurasi untuk 44,1 kHz.

Perangkat keras Pemrosesan Audio

Pada gambar berikut ditunjukkan perangkat keras Pemrosesan Audio. Prosesor Nios II membaca cuplikan-cuplikan audio dari penyangga SDRAM dan menuliskannya ke pengkonversi Avalon®-to-Atlantic™. Blok pemrosesan audio utama dihasilkan menggunakan piranti internal pada perangkat lunak Altera. Sebuah Atlantic Master Sink pada diagram blok tersebut membaca data-data hasil dari Avalon-to-Atlantic converter.

Informasi selengkapnya

Tags: , , , ,

One Response to “Rancangan Audio Otomotif dengan FPGA Altera Cyclone”

  1. Hmm,.. saya berencana membuat FPGA sebagai pengolah suara.. Masih binun bagaimana melakukan interface dari line in ke FPGA..

Leave a Reply

You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>