Mempelajari Bahasa Assembly atau Bahasa Mesin (untuk prosesor Intel 80×86) bisa dikatakan gampang-gampang susah, tergantung bagaimana cara Anda melakukannya. Pendekatan yang paling baik adalah metode ‘Learning by Doing’, belajar sambil mempraktekannya dan metode inilah yang saya gunakan dalam buku ini.

Segala sesuatu untuk mempelajari Bahasa Assembly dapat Anda peroleh menggunakan perangkat lunak Emu8086 (Emu8086, Inc), yang digunakan dalam buku ini adalah versi 2.58. Program Emu8086 ini mencakup fasilitas editor Bahasa Assembly, Assembler dan Disassembler (pengertian ini akan diterangkan kemudian), perangkat lunak emulator (PC Semu) yang dilengkapi dengan debugger.

Bab 1 Membicarakan tentang pengertian sistem bilangan dalam dunia komputer terutama dalam pemrograman Bahasa Assembly, termasuk operasi aritmetika yang terkait. Bab 2 membicarakan tentang perkembangan prosesor atau CPU pengertian Bahasa Assembly termasuk penggunaan secara umum Emu8086, Emulator dan Drive semu (virtual drive). Bab 3 menjelaskan cara-cara pengaksesan memori dalam pemrograman Bahasa Assembly termasuk pengertian memori stack dan wataknya, dilengkapi dengan contoh-contoh program. Juga diberikan penjelasan tentang variabel dalam permograman Bahasa Assembly serta cara-cara penggunaannya. Termasuk dalam bab ini dibahas tentang larik (array), pengalamatan variabel dan konstanta serta tentang stack.

Pada Bab 4 dibicarakan secara singkat instruksi-instruksi pada prosesor 80×86 yang meliputi instruksi untuk transfer data, aritmetika, manipulasi bit, transfer kontrol, string, interupsi dan kontrol prosesor. Bab 5 diulas berbagai macam interupsi Prosesor 8086 dan cara penggunaannya. Bab 6 dibahas tentang cara membuat dan menggunakan prosedur dan makro dibicarakan pada bab ini. Selain itu program Emu8086 dilengkapi fungsi-fungsi siap pakai yang memudahkan dalam pembuatan program Bahasa Assembly.

Sedangkan pada Bab 7, jika Anda suka dengan elektronika, maka dijelaskan bahwa dengan Bahasa Assembly-pun Anda bisa melakukan pengamatan dan pengendalian perangkat keras di luar komputer (yang biasa juga dikenal sebagai Teknik Antarmuka PC), tentunya bisa disimulasikan dengan piranti semu (virtual devices) yang telah disediakan oleh Emu8086.

Program EMU8086 bisa diunduh disini sedangkan listing program dalam buku bisa diunduh disini. Anda bisa mendownload daftar isi dan/atau contoh bab yang ada di buku ini… monggo…

PESAN SEKARANG JUGA!

Tags: , , , , , ,

15 Responses to “Buku: Belajar Bahasa Assembly dengan EMU8086”

  1. terima kasih…
    baru mau belajar…bahasa mesin…
    mungkin berguna buat profesi saya sebagai teknisi handphone…

  2. Salam..

    Perkenalkan saya Devy mahasiswi tingkat 4 jurusan T. Elektro di HTW Berlin (University of Applied Science), Germany.
    Kebetulan saat ini saya sedang belajar ttg Emu 8086. Berhubung saya sdg di luar indonesia.. Adakah Ebook ttg buku? jika ada saya izin download. Semoga Bapak bisa membantu saya melalui buku ini.

    Best regards,

    Devy

  3. @devy: salam kenal juga mbak Devy… sayang sekali belum ada versi ebook dari buku2 saya… maaf…

  4. ass pak agfianto,

    saya sudah baca buku tentang assembler tulisan bapak. namun baru kali ini saya bisa bertanya kepada bapak. saya ingin tahu kalo cari program assembler di mana ya pak…? ada berapa banyak jenis assembler selain MASM/TASM itu? yang haratis (sunda = gratis) hehehe.

    terima kasih dan wasalam.

  5. @deden:
    wa’alaikum salam…
    coba cari melalui google,yg gratis adalah MASM atau semacam itu… silahkan dicek melalui google…

  6. Mas apa yang harus saya lakukan untuk belajar microcontroler sedang saya seorang pemrograman basis data makasih mass

  7. Maaf,,
    saya sangat tertarik dengan elektronika cuma saya masih bngung bagaimana cara mewujudkannya. saya tertarik dengan masalah dot matrik yang mas tulis dalam beberapa artikel n saya ingin mencobanya.
    Sebagai pemula, saya twu sedikit ttg elektronika, bahasa basic dan mikrokontrolel MCS ATMEL seri AT89s52 dan dot matrik 5 x 7. Mhn cara merangkai antar dot matrik (rangkian).
    harap maklum dan trima kasih.

  8. ass bang saya baru belajar emulator neh………boleh ga saya minta contoh source code untuk menampilkan angka atau huruf dan semacamnya…………itu pun kalo abang berkenan………makasih

  9. thanks yach…
    akhirnya dpt uga tugas kuliah…..

  10. ahmad syah riza usman
    October 11th, 2010 at 9:17 pm

    mas saya cari buku Belajar bahasa assembly di bandung susah… di cari2 gak ada… katanya harus mesan langsung.. ke gava media…

    kalau di bandung kira2 harus kmana beli’y…

    tolong blz comen’y ke no hp ini.088 218 209 885

    makasih atas bantuan’y…

  11. ass. pk maaf saya kbtulan lagi semester awal tknk informatika nch, saya ingin tahu tentang pengertian bahasa asembly lebih jelas ad y pak…
    tnks….

  12. @andri:
    wa’alaikumsalam wr wb
    silahkan menyimak buku saya ini, “Belajar Bahasa Assembly dengan EMU8086″ dapatkan di toko2 buku terdekat di kota Anda atau langsung pesen online di http://www.gavamedia.net/

  13. saya udah baca buku bapak di perpustakaan kampus saya pak.
    bagus !!! saya recommended deh ! mantap \m/ salam mikrokontroller ! :-)

  14. salam, saya fikih dari SMAN 15 tangerang.
    dimana saja tempat buku itu dijual ?
    apakah di gramedia ada ?
    saya lagi mengejar target, dalam waktu 4 bulan saya harus bisa menguasai bahasa mesin.

    help me please, thank’s ..

  15. Numpang comment >> saya mo nyari buku tentang cara mendeteksi virus menggunakan bahasa assembly, trima ksh<

Leave a Reply

You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>