versi 1.2 (14 Desember 2009)

Banyak komentar,pertanyaan dan saran masuk melalui SMS, email, omong langsung agar saya membuat sebuah tulisan atau artikel tentang bagaimana cara membuat aplikasi mikrokontroler AVR maupun AT89 dari nol. Okey dech, kali ini saya berikan jawabannya…

Baiklah, untuk memudahkan saya menjelaskan dari ‘nol’, ada baiknya Anda perhatikan dulu diagram alir pada Gambar 1 (jika kurang jelas, silahkan di-klik aja yach)…

Gambar 1

Nach, berdasar diagram alir tersebut, semuanya berawal dari MASALAH, atau bisa juga Anda sebut PROYEK, KASUS atau apa saja yang Anda suka selama artinya adalah sesuatu yang ingin dicari, dibuat solusinya. Lebih tepatnya, pada tahap awal yang perlu dilakukan adalah IDENTIFIKASI MASALAH, persis atau detilnya bagaimana, misalnya…

“Bagaimana membuat aplikasi menghidupkan LED berdasar tombol yang ditekan?”

Ini tentunya belum cukup, informasinya masih kurang, beberapa pertanyaan yang bisa diajukan antara lain:

  • LED-nya berapa?
  • Tombol apa saja yang ditekan?
  • Bagaimana hubungan antara sebuah tombol dengan LED yang bersangkutan?
  • Apakah dimungkinkan menekan dua  tombol atau lebih secara bersamaan?
  • Apakah menyala-nya LED menggunakan tundaan? Atau hanya sekedar sesuai dengan tombol yang bersangkutan?
  • Dan lain sebagainya.

Hal ini sangat penting, dikarenakan dengan informasi yang detil, maka kita bisa membuat rangkaian dan program yang benar-benar sesuai dengan apa yang diinginkan. Dan yang lebih penting lagi, jika ini merupakan proyek atau pesanan orang, bisa dijadikan bahan dalam kontrak kerja atau berita acara. Tidak peduli akan Anda selesaikan dengan mikrokontroler AVR maupun AT89 atau bahkan mikrokontroler apapun.

Selain itu, dengan detil informasi yang diperoleh, Anda bisa menentukan mikrokontroler apa yang akan digunakan, sesuai dengan kebutuhan berdasar detil informasi yang bersangkutan. Ingatlah bahwa setiap mikrokontroler (baik keluarga AVR maupun AT89) masing-masing memiliki fasilitas yang sama dan juga berbeda. Apakah aplikasi atau solusi yang Anda tawarkan memerlukan timer? Memerlukan sinyal PWM? Menggunakan motor servo? Motor DC? Motor Langkah? Apakah memerlukan Watchdog? Berapa frekuensi clock yang dibutuhkan? Dan lain sebagainya…

Biasanya, persoalan yang dihadapi adalah mencari solusi itu sendiri. Katakan saja jika persoalan masukan/luaran sudah teridentifikasi secara 100% semuanya, langkah berikutnya adalah merancang solusi, termasuk memilih mikrokontroler mana yang akan digunakan. Untuk keperluan mendapatkan informasi mikrokontroler AVR atau AT89 secara lengkap silahkan merujuk datasheet masing-masing. Ini adalah sumber utama yang bisa dipercaya, karena langsung diterbitkan oleh pabrik mikrokontroler yang bersangkutan (ATMEL).

Setelah Anda melakukan IDENTIFIKASI MASALAH, langkah berikutnya (lihat diagram alir) adalah MELAKUKAN PERANCANGAN (termasuk menentukan masukan dan luaran apa saja yang terlibat dalam solusi tersebut). Langkah ini memang tidak semudah mengatakan-nya, namun ANDA PASTI BISA, karena semakin tinggi jam terbang Anda dalam menangani berbagai macam kasus-kasus yang melibatkan penggunaan mikrokontroler, Anda akan semakin terampil dan ‘jenius’.

Misalnya saja, ada pertanyaan yang masuk ke saya bagaimana menampilkan hasil perhitungan atau hasil akuisisi data di LCD? di Dot Matrix atau bahkan di 8×7segmen? Ini semua memerlukan kreativitas untuk mendapatkan solusinya. Anda rajin membaca artikel-artikel saya atau diskusi dengan saya, atau bahkan cari sendiri di internet, tanya ke yang lebih pakar dan lain sebagainya…

Termasuk dalam langkah MELAKUKAN PERANCANGAN adalah membuat DIAGRAM ALIR program mikrokontroler Anda (Anda bisa membaca ulasan tentang diagram alir disini). Beruntunglah Anda, karena saat ini sudah ada sebuah program yang dapat digunakan untuk membuat diagram alir sekaligus mengkonversikan-nya dalam bahasa C atau ASM untuk mikrokontroler AVR (termasuk juga untuk PIC dan ARM), asik khan? Silahkan baca informasinya dan unduh program demonya di Matrix Multimedia - FLOWCODE v3.0 for AVR atau langsung saja mengunduh disini.

Oya, dalam membuat diagram alir usahakan dibuat secara umum, artinya tidak mewakili bahasa pemrograman apapun, termasuk assembly. Mengapa? Karena memang begitu aturan dalam membuat diagram alir yang baik dan benar, selain itu akan memudahkan kita atau mungkin orang lain, jika Anda berkenan, melakukan pengembangan lebih lanjut dengan bahasa yang berbeda-beda (misalnya Basic, C dan lain sebagainya).

Langkah berikutnya adalah MEMBUAT RANGKAIAN YANG SESUAI (RANGKAIAN BAKU/MINIMUM PLUS APLIKASINYA), namun sebelum itu ada baiknya juga Anda sudah menentukan bahasa pemrograman apa yang akan digunakan, sebaiknya yang GRATIS aja, namun itu terserah Anda.

Pada tahap ini, barangkali Anda bertanya-tanya, dimana dan bagaimana saya mendapatkan rangkaian-rangkain aplikasi tersebut? Ya Anda sangat beruntung, karena beberapa buku-buku mikrokontroler sudah banyak membahas hal tersebut, antara lain:

  • Belajar Mikrokontroler AT 89C51/52/55 (Teori dan Aplikasi) Edisi 2, Oleh: Agfianto Eko Putra, terbitan Gava Media, Yogyakarta (info);
  • Belajar Dengan Mudah dan Cepat Pemrograman Bahasa C Dengan SDCC (Small Device C Compiler) Pada Mikrokontroler AT89X051/AT89C51/52 Teori, Simulasi dan Aplikasi, Oleh: Totok Budiok, terbitan Gava Media, Yogyakarta (info);
  • Belajar Mikrokontroler ATMEL AT89S8252, Oleh: M. Ibnu Malik, ST, terbitan Gava Media, Yogyakarta (info);
  • Belajar Mikrokontroler Atmel AVR ATtiny 2313 “Step by Step”, Oleh: Ardi Winoto, terbitan Gava Media, Yogyakarta (info);
  • Design dan Implementasi Sistem Embedded Mikrokontroller ATMega8535 dengan Bahasa Basic, Oleh: Iswant, terbitan Gava Media, Yogyakarta (info)
  • Bisa juga dengan membaca rangkuman artikel “Memulai Belajar Mikrokontroler - Quick, Easy and Harmless!“.
  • dan masih banyak lagi!

Selain dari buku-buku yang saya sebutkan tersebut, Anda juga bisa memanfaatkan media Internet untuk mencari dan mendapatkan rangkaian-rangkaian aplikasi yang Anda inginkan, cobalh bergabung atau melihat-lihat mengunjungi

Setelah Anda merancang rangkaian solusinya, yang kemudian kita sebut sebagai PROTOTIPE atau PURWARUPA, tentu langkah selanjutnya adalah MEMBUAT PROGRAM APLIKASI yang terkait dengan solusi yang telah Anda rancang sebelumnya, berdasarkan diagram alir yang telah Anda buat sebelumnya.

Pembuatan program aplikasi bisa Anda lakukan dengan bahasa pemrograman apapun yang Anda inginkan, jika Anda seorang pemula, saya sarankan untuk menggunakan BASCOM 51 atau BASCOM AVR dari MCSELEC.COM, karena sangat mudah penggunaanya. Selain itu, Anda bisa menggunakan:

Oya program Anda, yang menggunakan bahasa apapun yang Anda suka, harus dikompilasi (menggunakan perangkat lunak yang sudah saya sebutkan sebelumnya) menjadi berkas BIN atau HEX (format heksadesimal), sebagaimana ditunjukkan pada Gambar 2, untuk kemudian di-download-kan ke mikrokontroler yang bersangkutan. Sehingga mikrokontroler Anda bisa menjalankan program Anda. Selain itu, Anda bisa mencoba-nya terlebih dahulu melalui simulator mikrokontroler Proteus VSM dari LabCenter.

Bagaimana cara mendownload? Menggunakan (alat) apa? Silahkan membaca artikel Pemrogram (downloader) Mikrokontroler AVR melalui USBSoftware untuk AVR Downloader (berbasis USBasp) dan Min MCS51/AVR dan Min AVR dari ADP. Ingatlah selalu, agar mikrokontroler AVR Anda bisa berjalan dengan baik dan benar, lakukan pengaturan clock sistem terlebih dahulu, silahkan simak artikel Mengenal System Clock pada Mikrokontroler AVR.

Untuk persoalan mendownload ada sebuah catatan pengalaman menggunakan AT89S8252 yang terasa sangat lambat saat didownload menggunakan Min MCS51/AVR dan ternyata saya mendapatkan pencerahannya langsung dari pembuatnya mas Anang Dono Prasetyo (terima kasih mas Anang), berikut cuplikannya:

Signature AT89S8252 memang tidak bisa dibaca jika menggunakan serial programmer, sama seperti signature AT89S53. lihat: AT89S8252.pdf hal 21. kedua mikro tersebut menggunakan format pemrograman FLASH yg tdk setandar yaitu 3byte. (yang lain 4byte). Byte MSB alamat programnya juga tdk beraturan. Signature AT89S8252 & AT89S53 hanya bisa dibaca dengan programer Paralel.

Kalau ingin memprogram mikro ini harus dipilih secara manual pada list mikrokontroler programernya. karena alamat FLASH tidak beraturan maka memprogram mikro ini jadi lama.

Solusinya, ganti AT89S8252 dengan AT89S8253. lebih besar dan menggunakan format programer FLASH standar(4byte). harga tdk jauh beda. Semoga Bermanfaat….

Langkah selanjutnya tentu saja MELAKUKAN UJI-COBA DAN EVALUASI apakah rangkaian dan program sudah berjalan dengan benar atau belum, lakukan TROUBLESHHOTING jika memang masih ada kesalaha mayor maupun minor, sehingga hasil yang diperoleh menjadi baik dan benar. Ingatlah bahwa kesalahan bisa terjadi pada RANGKAIAN dan/atau PROGRAM, bahkan seringkali kesalahan-kesalahan sepele tetapi berdampak besar pada jalannya aplikasi kita, dengan demikian lakukan pengecekan secara menyeluruh.

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan Anda bertanya atau berkomentar, dan silahkan juga mengikuti pelatihan-pelatihan mikrokontroler AVR atau AT89 yang kita selenggarakan.

Terima kasih sudah membaca artikel saya, semoga bermanfaat dan sukses selalu untuk Anda!

NB: artikel ini versi 1.2 diupdate pada 14 Desember 2009, update akan dilakukan setiap saat, keep in touch…

Tags: , , , , , , , , ,

45 Responses to “Membuat Aplikasi Mikrokontroler AVR/AT89: Khusus Pemula!”

  1. luar biasa mas blognya ..
    smoga anda terus diberi kesehatan agar bisa menulis artikel terus..
    :D

  2. hebat banget bosssssssss terimakasih banyak. mau saya jadi murid ikut belajar.

  3. boleh numpang nanya?
    maaf kalo cuma menuh2in blognya…

    1. alur pembuatan dari pemrograman sampe nyimpen ke mcu nya gimana?
    2. bedanya compiler & assembler?
    3. kalo program udah di bikin di compile ato di assembly?
    4. kenapa transfer dari PC ke MCU disebut download bukan upload, padahal yg terjadi kan pengiriman kode2 program ke MCU bukan pengambilan kode2 program dari MCU?
    5. kalo kita bikin program buat MCU tapi pengen pake program yang lain buat ngiriminnya ke MCU, program itu harus di compile ato di assembly?

    sebelum dan sesudahnya saya cuma bisa bilang terima kasih udah ngijinin saya buat menuh2in blognya doang

  4. @willy:

    1. sebagaimana saya jelaskan dalam artikel ini, contoh kasusnya bisa mengikuti artikel disini;

    2. program bisa ditulis dalam bahasa ASSEMBLY (ada juga yang menggunakan istilah ASSEMBLER) kemudian di-COMPILE untuk menghasilkan berkas BIN atau HEX yang siap disimpan ke mikrokontroler ybs;

    3. di-COMPILE…

    4. di-DOWNLOAD artinya dari PC ke MCU, di-UPLOAD artinya program yang ada di MCU dibaca, istilah2 ini sudah baku jadi qta tinggal mengikuti saja supaya tidak terjadi kesimpang-siuran istilah;

    5. semua program baik ditulis dalam bahasa ASSEMBLY, C, BASIC, dll di-COMPILE dulu sebelum di-DOWNLOAD ke MCU…

    semoga bermanfaat…

  5. Terima kasih artikel-artikelnya, sangat membantu saya, apa lagi saya sebagai pemula yang masih perlu banyak mengumpulkan artikel tentang Mikrokontroler agar bisa langsung di praktekkan

    Dan semoga artikel-artikelnya bisa terus di bertambah, agar kami-kami ini bisa terus belajar

  6. Oooo… jadi begitu ya…?
    Berarti kalo saya bikin programnya pake bascom (misalnya), saya bisa ngedownload ke MCU nya pake program yang lain dengan cara di compile dulu di program bascomnya dan file hasil compile di masukan ke program untuk men-downloadnya ke MCU?
    O-i-a, kalo ic 74HC595D shift registers fungsinya apa?

    Maaf, banyak nanya. Hehehehe….

  7. @willy:
    ya betul, untuk mendownload menggunakan program lain atau jika Anda memiliki board yang didukung program compiler tinggal menggunakan add-in atau fasilitas di compiler ybs…
    shift register intinya digunakan untuk menggeser data-data dalam register (memori sementara)…

  8. Pak kapan mulai mengupas produk wiznet, misal w7100 yang identik dengan MCS51 yang dilengkapi dengan fungsi ethernet…

  9. mas saya mo nanya nih gimana caranya memsukan data/program melalui proteus. dan program apa yang bisa mengkonversi ke *.hex. sbab proteus minta data yang berekstensi *.hex.

  10. @nana:
    1. silahkan anda buat dulu rangkaian di proteus
    2. buat program-nya (asm, bascom, terserah)
    3. lakukan kompilasi pada program tsb sehingga menghasilkan HEX
    4. kembali ke rangkaian proteus klik pada mikrokontrolernya
    5. klik kanan kemudian kiri (proteus lama) atau klik kanan pilih properties (proteus baru).
    6. pada isian Program file< \strong> isikan file HEX-nya
    7. jalankan proteusnya…

    selamat mencoba…

  11. Maaf nih mo nanya lagi..
    Saya sudah buat program, di compile ke .hex dan download ke Attiny2313 menggunakan Ponyprog2000, semua proses berjalan lancar 100%. Cuma ada masalah pada saat penerapan ke sirkuitnya. Yang mau saya tanyakan:
    1. Hal apa yang mewajibkan adanya resistor antara Vcc dan Pin 1 (Reset)
    2. Hal apa yang menentukan nilai resistor yang dipakai? Kalo liat di website yang sama-sama pake Attiny2313 dan Pin-pin nya cuma buat nyalain satu LED ada yang pake resistor 10k, 33k ato gak pake resistor sama sekali
    3. Baca dari datasheetnya Attiny2313 maksimum internal clocknya 20MHz, saya cuma pakai 8 MHz apakah harus memakai komponen crystal dengan clock yang sama?

    Sebelum dan sesudahnya, Terima kasih…

  12. @willy:

    1.
    sesuai dengan datasheet antara VCC dan RESET diberi R antara 100 hingga 500K (halaman 36, datasheet);

    2.
    untuk menjelaskan hal ini, perlu diketahui bahwa ada 4 macam RESET pada at2313: power on, eksternal, watchdog dan brown-out (jika tegangan ngedrop). untuk reset eksternal (biasanya menggunakan pushbutton) tegangannya acuan Max sekitar 0.9 Vcc, sehingga pemasangan R antara Vcc dan RESET digunakan untuk menurunkan tegangan (arus), sekaligus juga sebagai pullup resistor, kalau tidak diperlukan RESET eksternal yang nggak usah dipasang Resistor…

    3.
    tidak harus… jika meggunakan crystal, Anda harus mengatur seting oscilator menggunakan external crystal 8 MHz - baca artikel saya disini.

  13. Trima kasih atas artikel2nya mas agfi. sangat membantu saya sbg pemula.
    mau nanya nih ..saya lg belajar membuat program sederhana untuk menyalakan led dgn bascom menggunakan ATMEGA8535, tapi ga bisa didownload. proses compile berhasil, programmer di set STK 200/300, saat di download pesan yg muncul : could not identify chip with ID:FFFFFF. saya menggunakan laptop dgn usb to paralel ga berhasl. dicoba dgn PC juga tetap ga berhasil. tapi saat saya menggunakan komputer di lab kampus (sblmnya pake PC di rumah) kok bisa di download. jadi bingung.
    Terima kasih sebelumnya..

  14. artikelnya OK banget pak Agfi,,,kalau saya pengen belajar dari awaaal sekali tentang microcontroller,downloadernya ,bahasa pemrogramannya sampai dengan membuat aplikasi2nya kira2 buku apa saja yang harus saya beli terutama untuk kalangan pemula n kira2 alat2 apa saja yang harus saya adakan/beli…kalo bisa yang disertai contoh2 yang puaaaling mudah sekali..atau kalo perlu aplikasi2 yang under windows…atau apalah yang intinya memudahkan saya belajar dari awal…atw training di elins tapi posisi saya di luar jawa he…pokoknya carikan solusinya plisss bgt ya…thanks bgt pak Agfi

  15. @hari:
    terima kasih…
    untuk memulai saya sarankan bisa menggunakan bahasa tingkat tinggi (misanya C atau BASIC - Bascom 8051 atau BASCOM AVR)…
    untuk buku, da alhamdulillah sudah digunakan sebagai acuan di SMK-SMMK indonesia, gunakan buku saya (informasi)…

  16. Bos isi nya ini bagus” N banyak membantu , sekalian tanya juga apa nyedia komponen yang sulit di cari t4 lain .

    kalo punya toko online nya apa alamat Web nya kirim kabarin lewat email aja..

  17. pak saya mau nanya tentang microcontroller,dengan studi kasus mematikan lampu jarak jau dengan menggunakan sms,,mohon bantuannya cz mau buat judul ta tentang mcrcntrller,,maklum ms o’on..thnx’s sblumnya

  18. …………..mau ikut gabung………
    maaf mas mau nanya, kalo belejar mokrocontroller dengan software bascom avr supaya lebih midah gimana??? terus mau nanya kalau…alarm anti maling pada motor menggunakan mikro, itu jeninya apa??? atmel atau apa??? kalo atmel tipe berapa???

    garis besar tugas dari dosen saya membuat proyek apa aja, saya ambil alarm anti maling……

    garis besarnya, jadi membuka alarmnya menggunakan kode pin, misal pin saya 3, gimana supaya bisa membukanya yaitu dengan cara menekan klakson motor 3 kali berarti pin saya hidup, begitu….dan ada saklar untuk mereset pin dan ada juga untuk mengganti2 pin………….terima kasih mas. d tunggu balasanya secepat mungkin.

  19. @Sigit:
    coba cek di website http://www.digi-ware.com/dw.php?p=home atau bisa juga kunjungi http://deltakits-sby.com/shop/

    @wawan:
    perlu artikel atau jawaban panjang, cuman konsepnya mikrokontroler dihubungkan dengan HP atau SIM300 (sebagai pengganti HP), sedangkan mikrokontroler ybs juga dihubungkan dengan peralatan yang akan dikontrol…

    Anda perlu mempelajari AT command utk HP ybs (atau SIM300) khususnya untuk membaca SMS, gunakan perintah khusus pada SMS untuk mematikan atau menyalakan peralatan…

    @dadin:
    belajar mikrokontroler ada 2 alternatif: otodidak atao private dengan saya. Intinya learning by doing.
    Untuk kasus Anda diperlukan antarmuka keypad dan pemrogramannya, bisa menggunakan fungsi GetKbd pada Bascom AVR.

  20. mas blognya bagus banget
    kalo ada waktu tolong di tambahin ya mas supaya saya lebih mengerti micro sistem.

  21. mas satu lagi,saya pengen mas buat forum komunitas mikro mas,supaya teman2 bisa langsung tanya jawab dengan mas.
    saya juga pengen membuat satu karya yang didalamnya ada nama saya gimana caranya mas!mohon bantuannya.

  22. @bara:
    sebenarnya komunitas yang sudah berjlana sudah ada - sementara ini memang untuk kalangan bimbingan TA saya, jika ingin bergabung di Yahoo Groups dengan nama “Tim Riset AEP”, terima kasih…

  23. Salam hangat,Mas saya baru belajar avr mohon bantuannya,ada ngak buku avr menggunakan bahasa c yang isinya contoh program basic saja dulu, seperti menggunakan tombol dengan on delay atau off delay seperti segampang plc,sulit,saya ngeblank,yang saya baca tidak dibahas,selama ini yang sy baca tombol ditekan on,dilepas off,saya sudah banyak membeli training kit tapi mentok di program,mau kursus waktunya ngak ada,mohon pencerahan mas,mohon maaf,trimakasih.

  24. wwwwaaaaah bang makasih banget ya buat ilmunya ..
    manfaat banget nih buat saya, saya jadi lebih ngerti tentang microcontroller .

    gini bang saya mau tanya juga …
    untuk pemrograman yang paling mudah menggunakan bahasa apa ya ??
    lalu yang membedakan kemudahan dari bahasa lain dari sisi mana ??
    maklum mas masih awam ..

    mohon di balas ke email saya ..
    terimakasih sebelumnya ..
    salam kenal, gery .

  25. wah,sangat bermanfaat sekali blogny pak.
    oya,sklaian mau nanya tentang dasar2 dari teknik menghindari rintangan (obstacle avoidance)apa saja ya pak?
    makasih

  26. mas AVR studio q kq g ada AvrGCC nya ya?
    tanks

  27. slamat siang mas agfi,,
    wah,, artikel-artikelnya bagus-bagus mas,,,
    cuma ada permasalahan nich,,, ada pembahasan mengenai aplikasi mengenai uC dengan menggunakan bahasa assembley ga ya,,, saya lagi butuh pencerahan nih mas,,, saya kesulitan di aplikasi u/ menyalakan 2/lebih 7segment sama motor servo,,, :( :(

  28. sy msih pmla bgt dan sy punya ide mau bikin pngatur suhu dan kelambabn denngan mnggunakan avr, mknya sy berniat untuk mengikuti pelatihan tsb dan membeli mnimum sistemnya, yg sy tnyakan apakh dngan avr lbih mdah dripada menggunakan mcs51

  29. @samsuhuda:
    bukan masalah mudah atau sulit, AVR dan MCS51 merupakan dua produk mikrokontroler, masing2 memiliki kelebihan dan kelemahan, jadi implementasi sederhana biasanya bisa untuk kedua jenis mikrokontroler tersebut, sedangkan untuk aplikasi2 kompleks ada yang bisa ada yang nggak…

  30. Memang program dari mikrokontoler AVR DAN MCS51 memudahkan untuk melakukan komunikasi bagi Elemen Masyarakat bersama dengan.Bapak.DR.Susilo Bambang Yudhoyono.untuk kepentingan partai Demokrat.Karena SBY menghadiri Kegiatan Partai Demokrat.Palu.Pesan Dari:Moh.iwan Rajasipa.S.H.ADVOKAT/PENGACARA.Alamat:Jl.Veteran.NO.113.Kelurahan.Tanamodindi.Kecamatan.PaluSelatan.Kota.Palu 94124.Propinsi.Sulawesi Tengah.E-mail:iwan rajasipa.com

  31. mas cara menggunakan khazama gmana?

  32. kalo alat u/ mengisi ic microkontroller all in 1 itu apa namanya pak dan saya bisa mendapatkannya dimana kira2 harganya berapa.. dulu waktu masih kuliah salah satu dosen saya… memperlihatkan alat seperti itu tapi lupa namanya

  33. hebat juragan artikelnya.. gan saya pengen belajar buat led matrix, soalnya saya dapet banyak pesanan buat plang toko toko.. mohon bantuanya gan.. saya pengen rangkaian led dot matrix.. terimakasih gan sebelumnya…

  34. @wahyu:
    silahkan langsung saja ke sini

  35. salam p agfi,
    saya membuat minsist pakai at89s51. Pin reset saya hubungkan ke RC network seperti biasa. Dengan nilai R 10K dan C 10 uF. Yang jadi masalah rangkaian saya sering Reset sendiri. Kenapa bisa begitu ya pak? Apa mungkin ini dikarenakan salah program? Tapi saya tidak mengaktifkan WatchDog timer. Saya periksa teg suplay 5 v juga bagus. Mohon pencerahan pak. Terima kasih.

  36. Salam kenal Pak Agfi..

    Artikelnya luar biasa, memberikan motivasi dan inspirasi bagi saya.
    Semoga Pak Agfi terus berkarya dan di beri keberkahan.

    Amin,

    Pak,
    Saya masih pemula pak di bidang mikrokontroller,

    Pak Agfi, saya mau nanyain,,,untuk masalah prospek kerja dari keahlian bidang MIKROKONKTROLER ini bagaimana prospeknya?

    saya mengambil jurusan teknik elektro sistem komputer, dan ketika iseng liat lowongan2 kerja di internet,, jarang sekali yang memposting kebutuhan tenaga kerja di bidang MIKROKONTROLER ini… hal tersebut sedikit membuat saya menyesal masuk jurusan ini,

    mohon Pak Agfi memberikan sarannya.

  37. saya baru belajar mikrokontroler avr atmega8535, kebetulan saya menggunakan os w7. avr studio 4 tidak dapat saya gunakan krn os itu tadi. lantas saya gunakan atmel studio 6, cuma yang jadi masalah listing program saya ataupun contoh program lain yang sudah jadi selalu error apabila dibuild/compile dengan keterangan “missing include file name”. apa arti kesalahan ini? saya sudah set device dan saat penginstalan pun tidak ada masalah. mohon pencerahan.

  38. apakah mide-51 bisa digunakan untuk avr?

  39. TERIMA kasih banyak atas ilmunya ma
    s

  40. selamat siang. mas sya membuat sebuah intrumen bell sekolah yang dikendalikan dengan PC (menggunakan VB), dimana bell tersebut berbunyi 3 x dlam 1 hari, ada bbrapa mslah yg sya hadapi saat ini:
    1. ketika sya simulasikan bbrapa mingngu, senin s.d jumat, bell trsebut dpt berfungsi sesuai dengan wktu setting. ttpi bell tersbut tidak berbunyi ktika hri senin brikutnya (jum’at sore bell tersebut terakhir berbunyi, sabtu & mnggu tidak berbunyi krna waktu libur). mslah tersbut dpt sya atasi dengan memberi code listing RESET pada VB, jdi sblum software trsbut mengekskusi mikro, maka softwarenya akan mereset 3 mnit sblum ekskusi.
    2. ketika program pada PC meRESET, COMnya sering putus (terkadang bell tersebut berbunyi sesuai dengan settingan kita,tkdang jga jga muncul perintah “5 ACCESS TO THE PORT COM 11 IS DENIED”). padahal sebelumnya telah disetting pada COM 11.
    Mohon bantuannya mas.

  41. selamat siang. mas sya membuat sebuah intrumen bell sekolah yang dikendalikan dengan PC (menggunakan VB), dimana bell tersebut berbunyi 3 x dlam 1 hari, ada bbrapa mslah yg sya hadapi saat ini:
    1. ketika sya simulasikan bbrapa mingngu, senin s.d jumat, bell trsebut dpt berfungsi sesuai dengan wktu setting. ttpi bell tersbut tidak berbunyi ktika hri senin brikutnya (jum’at sore bell tersebut terakhir berbunyi, sabtu & mnggu tidak berbunyi krna waktu libur). mslah tersbut dpt sya atasi dengan memberi code listing RESET pada VB, jdi sblum software trsbut mengekskusi mikro, maka softwarenya akan mereset 3 mnit sblum ekskusi.
    2. ketika program pada PC meRESET, COMnya sering putus (terkadang bell tersebut berbunyi sesuai dengan settingan kita,tkdang jga jga muncul perintah “5 ACCESS TO THE PORT COM 11 IS DENIED”). padahal sebelumnya telah disetting pada COM 11.
    Mohon bantuannya mas.

  42. mas sy mau naxak gmna cara membuat kunci pda mobil tp memakai code atau digital,,,,,,,

  43. Mas, bisa minta bikinkan rangkaian dan source code bel sekolah otomatis? pakai bahasa c atau bascom avr.

    buat tugas ujian susah bgt :(

  44. asslamu’alaikum ,
    pak Agfi, saya tanya untuk menambah library di AVR STUDIO itu gimana yaw?? saya mau menambah at89C51, di library nyablom ada

  45. mantap mas artikelnya memberi pencerahan pada saya sebagai pembelajar baru..
    ikutan nanya mas…
    saya punya projek untuk membuat kontroler pada sistem audio disekolah dengan 7 speaker, rencananya tiap spiker dikontrol 1 tombol on /off (dikantor), maunya di kontrol via kabel 1 jalur sebagai penghubung (paralel), pengontrolnya kaya tombol remote tv, kendala yg saya hadapi ndak tahu cara pengaplikasiannya dengan Attiny 2313 atau sejenisnya… mohon bantuan…

Leave a Reply

You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>