Setelah saya memposting artikel tentang sumber detak atau clock source pada Mikrokontroler AVR, beberapa email maupun SMS masuk untuk menanyakan lebih lanjut langkah demi langkah bagaimana melakukan pengaturan konfigurasi kristal yang nyaman dan aman, khususnya menggunakan pemrogram USBasp dan Khazama AVR Programmer.

Jika Anda menjumpai artikel ini dan belum membaca tentang sistem detak pada Mikrokontroler AVR, saya sarankan untuk membacanya terlebih dulu. Selebihnya saya berasumsi bahwa saat ini Anda sudah membaca artikel tentang sistem detak Mikrokontroler AVR dan sudah menghubungkan mikrokontroler yang ingin Anda konfigurasi kristalnya dengan USBasp, kemudian jalankah perangkat lunak Khazama (saya pilih karena ‘nyaman’ dipakai, berdasar pengalaman) - untuk penggunaan dengan AVR Studio dan pemrogram AvR ISP MKII silahkan merujuk artikel saya disini).

Langkah-1

Aktifkan Khazama AVR Programmer dan pilih mikrokontroler yang digunakan, Gambar 1 menunjukkan contoh tampilan dengan pilihan ATMega32, silahkan Anda sesuaikan mikrokontroler-nya.

Gambar 1

Langkah-2

Cek dulu konektivitas mikrokontroler dan USBasp dengan melakukan pembacaan identifikasi mikrokontroler menggunakan menu Command -> Read Signature (perhatikan Gambar 2). Jika belum berhasil (tidak terbaca atau tidak cocok antara mikrokontroler yang dipilih dengan kenyataannya), maka lakukan pengecekan ulang terhadap rangkaian Anda secara menyeluruh (catu daya, pin ISP-nya, dll).

Gambar 2

Langkah-3

Penting dilakukan untuk membaca terlebih dulu bit-bit Fuse dan Lock pada mikrokontroler AVR Anda melalui menu Command -> Fuses and Lock Bits… (atau dengan shortcut Ctrl+A, perhatikan Gambar 3), sehingga ditampilkan kotak dialog Fuses and Lock Bits Settings (perhatikan Gambar 4). kemudian klik tombol Read All untuk membaca seluruh konfigurasi bit-bit Fuse dan Lock, contoh hasilnya ditunjukkan pada Gambar 5.

Gambar 3

Gambar 4

Gambar 5

Langkah-4

Carilah pilihan L Fuse (scroll ke bawah), sebagaimana contoh tampilannya ditunjukkan pada Gambar 6. Perhatikan, jika mikrokontroler Anda baru (termasuk belum pernah diotak-atik bit-bit Fuse dan Lock-nya), maka tampilan untuk sumber detak-nya ditunjukkan pada Gambar 6 tersebut (Int. RC Osc. 1MHz; Start-up timer: 6 CK + 64ms). Artinya, itu adalah pengaturan dari pabrik (default) dan Anda langsung bisa menggunakan mikrokontroler AVR tanpa harus menggunakan kristal eksternal karena sudah disetel menggunakan osilator internal sebesar 1MHz.

Gambar 6

Langkah-5

Sekarang pilih konfigurasi sumber detak yang diinginkan, biasanya untuk penggunaan kristal eksternal (misalnya, 7.3728MHz, 11.0592MHz, 12MHz, 16MHz dan lain sebagainya) digunakan pilihan sebagaimana ditunjukkan pada Gambar 7 (misalnya, Ext. Crystal/Resonator High Freq.; Start-up Time: 16CK + 4ms). Bisa juga Anda memilih yang lainnya di sekitar pengaturan tersebut (lihat kembali tabel lengkap di artikel tentang sistem detak pada mikrokotroler AVR). Kemudian klik tombol Write All untuk menuliskan semua pengaturan, termasuk mengatur sumber detak. Selesai!

Gambar 7

Perhatian!

  • Jangan mengubah-ubah pengaturan lainnya kecuali Anda tahu apa yang Anda lakukan.
  • Langkah-langkah yang saya tulis tersebut sudah sering saya lakukan dan tidak ada masalah, sehingga Penulis tidak bertanggung jawab terhadap kesalahan atau kerusakan yang ditimbulkan selama melakukan pengaturan sumber detak tersebut.
  • Tulisan ini hanya berlaku untuk penggunaan perangkat keras pemrogram USBasp dan perangkat lunak pemrogram Khazama AVR Programmer BUKAN yang lainnya.
  • Silahkan melakukan diskusi dengan cara memberikan komentar pada artikel ini, terima kasih.

Tags: , , , ,

11 Responses to “5 langkah nyaman dan aman mengatur sumber detak (clock) pada Mikrokontroler Atmel AVR”

  1. terimaksih pak… krn ini informasi yang berharga, saya selama ini menggunakan AVR dude dan merasa kesulitan dengan hal ini….
    jika saya ingin merubah fuse bite biasanya menggunakan ISP-flash programer 3.7

  2. Pak, saya coba klik Read All sudah terbaca, namun ketika saya klik yang kedua dan seterusnya koq setingan fuse bit-nya berubah-ubah ya? Trus yang kita anggap benar yang mana? Mohon pencerahanya… Terimakasih.

  3. kang saat saya mem-flashing tuk avrmega8535, muncul keterang missmatch chip signature, itu artinya apa kang? bagaimana memperbaikinya? thanks. bls juga via mail ya….

  4. @zahry: hmmm kok bisa berubah-ubah? coba cek kabel/koneksi kemikrokonya…

    @yusuf: jika mismatch artinya gak cocok antara mikro yang sesungguhnya dan pilihan mikro yang ada di khazama…

  5. pak mau nanyak,,kalau saya memakai ATmega 16 dengan clocok extrnal menggunakan crystal X-tall 16MHz..setting Fuse nya bagaimana ya Pak ??

    terimakasih

  6. pak saya mau tanya, kalau saya pakai ATmega 16 dengan clock external menggunakan crystal X-tall 6.144MHz
    setting fuse nya bagaimana ?
    mohon bantuanya, untuk tugas akhir

    terima kasih

  7. pak kalo udah terlanjur terkunci gmna ya?bisa dibuka lagi tidak?

  8. Wah thanks ya pak atas informasinya, berguna banget nih buat ngatur clock mikrotroler saya, tapi kalo misalnya pengen setting ulang gimana ya gan?

  9. Ini info yang saya cari-cari pak, terimakasih untuk info tentang mengatur sumber clock mikrokontroler ATMega ini

  10. jadi simanjuntak
    July 29th, 2017 at 9:02 pm

    Dear Pak Agfi,

    Saya msh agak pemula pak untuk penggunaan microcontroller,dan saat ini saya lg coba membuat USBASP yang support mcs51 ( AT89S51/52).
    saya telah mencoba mengisi”firmware” controller usbasp yang ke chip Atmega8,untuk informasi ,saya menggunakan Downloader lama yang di colokkan ke PC pakai DB25 paralel port ( PC lama) tetapi bukan type Kanda system STK200+/300 sebagaimana yang tersedia di internet.
    sewaktu saya flash firmware ke Atmega8,hasilnya”write succesfull”
    tetapi setelah saya pasang atmega8 yang sudah saya isi fimware tadi ke Hardware USBasp nya,dan di colokkan ke port usb hasilnya muncul”device not recognize”pada Windows XP.oh ya saya juga telah setting fuse high byte dan low byte nya sewaktu pengisian firmware atmega8 tersebut,tetapi kok tak mau ter deteksi ya Pak…??
    kemudian saya coba untuk memflash ulang chip atmega8 tadi dengan downloader paralel yang saya punya dan hasilnya “chip tersebut tak connect lagi pada software dowloader paralel tersebut muncul”ucontroller error”.kira-kira masalahnya dimana ya Pak,mohon penjelasan dan Bantuan Bapak.

    sebelumnya terima Kasih.

  11. @jadi simanjuntak
    sepertinya uC nya sudah ke-LOCK

Leave a Reply

You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>