Untuk mengawali tahun 2011 ini, kali ini iseng-iseng saya buat sebuah diagram tangga menggunakan ZEN Programmable Relay untuk fungsi tombol TOGGLE (ON/OFF melalui (hanya) satu tombol saja). Kedengarannya menarik, baiklah yang perlu kita ingat bahwa TIMER pada ZEN Programmable Relay memiliki beberapa fungsi yaitu:

  • ON delay
  • OFF delay
  • One-shot Pulse
  • Flashing Pulse, dan
  • Twin Timer

Nah yang akan kita manfaatkan adalah OSP atau One-Shot Pulse-nya bukan yang lain. Oke kita awali dengan menggambarkan koneksi antara tombol ON/OFF dengan TIMER T0-nya yang sudah diaktifkan OSP-nya dengan jeda sekitar 200milidetik (lebih kecil juga boleh). Dari T0 kemudian dihubungkan dengan sebuah memori bit M0 sebagai stat_0, nah dari stat_0 inilah nantinya kombinasi untuk menghasilkan kondisi TOGGLE bisa dilakukan, yaitu dengan memanfaatkan M1 (atau stat_1) sebagai luaran TOGGLE. Perhatikan gambar awal diagram tangga berikut ini:

Gambar 1

Selanjutnya tinggal dipikirkan bagaimana kondisi TOGGLE bisa tercapai, anggap saja awalnya stat_0 nilainya 0 atau OFF (ya memang seharusnya begitu), saat tombol TOGGLE (I0) ditekan maka memicu OSP pada T0, artinya stat_0 akan bernilai 1 (ON) sesaat saja (hanya 200 milidetik), walaupun kita menekan I0 lebih dari 200 milidetik.

Saat stat_0=1, yang hanya sesaat tersebut, harus bisa memicu stat_1 menjadi ON seterusnya (ditahan seperti interlock). Sehingga dipastikan ada rangkaian interlocknya, perhatikan gambar berikut:

Gambar 2

Baiklah, sekarang dipikirkan cara untuk mematikan stat_1 (menjadi OFF) melalui stat_0 yang bernilai 1 sesaat, seperti saat menghidupkan stat_1. Berdasarkan rangkaian interlock, untuk mematikan stat_1 diperlukan kebalikan dari stat_0 (Normally Closed) dengan syarat stat_1 masih ON (jelas kan, gak ada gunanya mematikan (OFF) jika alatnya saja belum ON, he he he…), perhatikan baris 3 gambar berikut, juga dilengkapi sekalian untuk syarat menghidupkan stat_1 yaitu Stat_1 sebelumnya dalam kondisi OFF (perhatikan baris 2):

Gambar 3

Diagram tangga selengkapnya sebagai berikut:

Gambar 4

Dapatkan buku “PLC: Konsep, Pemrograman dan Aplikasi (Omron CPM1A/CPM2A dan ZEN Programmable Relay)” karya Dr. Agfianto Eko Putra, terbitan Gava Media di toko-toko buku terdekat di kota Anda atau langsung ONLINE.

Semoga bermanfaat…

Tags: , , , , , , ,

Leave a Reply

You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>