Selamat datang mahasiswa/i baru Program Studi Elektronika dan Instrumentasi!!

Berikut, selain bisa Anda baca pada Panduan Resmi Fakultas MIPA, saya sampaikan sekeluimit tentang Prodi ELINS…

Secara umum pada dasarnya sarjana-sarjana Program Studi Elektronika dan Instrumentasi disiapkan dengan pilihan salah satu dari dua jalur yang menjembatani kesenjangan antara ilmu-ilmu murni dan rekayasa teknik, yaitu pengembangan ilmu dan penerapan ilmu. Program Studi Elektronika dan Instrumentasi mengupayakan pendidikan dalam bidang yang pada umumnya berada di antara ilmu murni, khususnya Fisika, dan rekayasa, khususnya Teknik Elektro. Terutama yang belum / kurang mendapatkan penekanan pada kedua bidang tersebut, namun diperlukan oleh industri, lembaga-lembaga penelitian dan lembaga pendidikan dalam lingkup pembangunan Nasional.

Foto 1. Kegiatan Lomba Elektronika dan Instrumentasi 2007 - sambutan wakil prodi (Dr. Agfianto Eko Putra, M.Si.)

FMIPA UGM mulai menyelenggarakan pendidikan di bidang Elektronika dan Instrumentasi yang dulunya merupakan Seksi Elektronika dalam jurusan Fisika. Kemudian berdasarkan SK Dirjen DIKTI Nomor 22/DIKTI/Kep/1985 tanggal 1 Mei 1985 dan makin dirasakan adanya kebutuhan akan ilmu terapan serta kemampuan yang cukup memadai, maka mulai tahun 1987 Seksi Elektronika tersebut ditingkatkan menjadi Program Studi Elektronika dan Instrumentasi (Prodi ELINS) yang langsung menerima mahasiswa baru melalui jalur UMPTN dan PBUD (PMDK).

Tetapi pada tahun 1994 program studi ini tidak menerima mahasiswa baru lagi dan pada tahun 1999 Program Diploma (D3) Elektronika & Instrumentasi dibuka. Kemudian pada tahun 2002 Program Studi Elektronika & Instrumentasi (S1) dibuka kembali dan menerima mahasiswa baru melalui jalur SPMB. Kemudian pada tahun 2003 Prodi ELINS menerima mahasiswa baru melalui jalur SPMB dan UM-UGM serta jalur lain yang ditentukan oleh UGM.

Dan Program Studi Elektronika dan Instrumentasi UGM menurut Keputusan BAN-PT No. 217/SK/BAN-PT/Ak-XVI/S/X/2013, telah terakreditasi dengan peringkat A .

Tujuan Pendidikan

Mendidik dan mempersiapkan mahasiswa menjadi sarjana yang mampu mengikuti dan menyerap perkembangan ilmu/sains yang mutakhir dan teknologi maju, membantu mengembangkan dan meneliti, melaksanakan alih ilmu dan teknologi dan menerapkannya untuk kepentingan pembangunan nasional, dalam bidang elektronika, instrumentasi, dan sistem komputer.

Minat Studi

  • Sistem Cerdas - Smart System
    • Sistem Cerdas dapat didefinisikan sebagai perangkat mini yang menggabungkan fungsi penginderaan, aktuasi dan kontrol.
    • Sistem tersebut mampu menjelaskan dan menganalisis situasi serta mengambil keputusan berdasarkan data yang tersedia secara prediktif maupun adaptif, sehingga (dianggap) melakukan tindakan cerdas.
    • Dalam kebanyakan kasus “kecerdasan” dari sistem dapat dikaitkan dengan operasi otonom berdasarkan kontrol kalang tertutup, efisiensi energi dan kemampuan jaringan.
  • Robotika - Robotics
    • Robotika adalah cabang dari teknologi yang berhubungan dengan perancangan, konstruksi, operasi, disposisi struktural, pembuatan dan penerapan robot.
    • Robotika terkait dengan ilmu elektronik, teknik, mekanik, dan perangkat lunak atau biasa disebut sebagai Mekatronika.
  • Otomasi Proses dan Instrumentasi - Process Automation and Instrumentation
    • Sebuah kontrol proses atau sistem otomasi (Process Automation System - PAS) digunakan untuk secara otomatis mengontrol proses seperti kimia, kilang minyak, pabrik kertas dan pulp.
    • PAS sering menggunakan jaringan untuk interkoneksi sensor, pengendali terminal operator dan aktuator.
    • Sebuah PAS sering didasarkan pada standar terbuka kontras dengan DCS (Distributed Control System), yang secara tradisional berpemilik. Namun dalam beberapa kali PAS dianggap lebih terkait dengan sistem SCADA.

Kompetensi Utama

  1. Mampu menyesuaikan dengan cepat terhadap perkembangan baru dalam bidang minat Sistem Cerdas, Robotika atau Otomasi Proses dan Instrumentasi.
  2. Kompeten dalam penggunaan model-model matematis serta piranti lunak yang terkait untuk keperluan dalam bidang sistem cerdas, robotika, instrumentasi dan otomasi proses.
  3. Mampu menganalisis kebutuhan pengukuran besaran fisis, dan menghasilkan purwarupa (prototype) dari sistem yang terkait sesuai dengan bidang sistem cerdas, robotika, instrumentasi dan otomasi proses.
  4. Mampu memanfaatkan pendekatan metode analitik dalam riset dan pengembangan dan siap menempuh studi lanjut (S2/S3) dalam bidang sains terapan, teknologi, rekayasa, kebijakan sains/teknologi, atau manajemen ilmu pengetahuan dan teknologi.
  5. Mampu mengimplementasikan/memanfaatkan soft electronics/soft computing serta mengapresiasi hard electronics dalam bidang sistem cerdas, robotika, instrumentasi maupun otomasi proses.

Foto 2. Kegiatan Lomba Elektronika dan Instrumentasi 2007 - diskusi panitia dan juri

Foto 3. Contoh kegiatan pendadaran - demo alat TA simulator Pemantauan Pompa BBM by Pinandhito

Pada dasarnya sarjana-sarjana Program Studi Elektronika dan Instrumentasi disiapkan dengan pilihan salah satu dari dua jalur yang menjembatani kesenjangan antara ilmu-ilmu murni dan rekayasa teknik, yaitu pengembangan ilmu dan penerapan ilmu. Program Studi Elektronika dan Instrumentasi mengupayakan pendidikan dalam bidang yang pada umumnya berada di antara ilmu murni, khususnya Fisika, dan rekayasa, khususnya Teknik Elektro. Terutama yang belum/kurang mendapatkan penekanan pada kedua bidang tersebut, namun diperlukan oleh industri, lembaga-lembaga penelitian dan lembaga pendidikan dalam lingkup pembangunan nasional.

Berikut adalah penjabaran kompetensi lulusan Program Studi Elektronika dan Instrumentasi yang mengacu pada 5 kompetensi Direktorat Jendral Perguruan Tinggi:

  • Pengetahuan dan Pemahaman (Knowledge and Understanding)
    1. (KU-1) Mengerti dan memahami sains dasar (matematika, fisika, kimia, dan biologi) untuk keperluan elektronika dan instrumentasi dan sains terapan (ilmu elektronika, dan ilmu komputer) serta teknologi (teknologi informasi dan perangkat elektronika)
    2. (KU-2) Mengerti dan memahami sistem elektronika dan instrumentasi dasar secara umum
    3. (KU-3) Mengerti dan memahami sistem elektronika analog, digital, dan sistem hibrida (embedded system & evolutionary hardware)
    4. (KU-4) Mengerti dan memahami cara-cara mutakhir pengembangan sistem elektronika dan instrumentasi
    5. (KU-5) Mengerti dan memahami kecenderungan perkembangan iptek khususnya yang terkait dengan elektronika dan instrumentasi, seperti elektronika nano, biology-inspired system (biosystems)
  • Ketrampilan Intelektual (Intelectual Skills)
    1. (IS-1) Mandiri untuk belajar lanjut (mengembangkan diri) dan berfikir logis dan analitis untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi secara profesional
    2. (IS-2) Mampu dan cakap menerjemahkan suatu masalah elektronika dan instrumentasi menjadi rancangan sistem dalam bentuk perangkat lunak, perangkat keras maupun kombinasi keduanya
    3. (IS-3) Mampu dan cakap menganalisis kebutuhan komponen perangkat lunak dan keras untuk implementasi rancangan sistem elektronika dan instrumentasi
    4. (IS-4) Mampu dan cakap dalam penggunaan model-model matematika dan fisika serta piranti lunak yang terkait untuk keperluan simulasi sistem elektronika dan instrumentasi
    5. (IS-5) Mampu dan cakap dalam menganalisis kebutuhan otomasi pengukuran besaran alami, dan menghasilkan purwarupa (prototype) skala laboratorium dari sistem yang dimaksud
  • Ketrampilan Praktis (Practical Skills)
    1. (PS-1) Mampu dan cakap mengoperasikan instrument laboratorium maupun industri
    2. (PS-2) Mampu dan cakap melacak dan menelusuri kesalahan sistem elektronika dan instrumentasi
    3. (PS-3) Mampu dan cakap mengimplementasikan rancangan sistem elektronika dan instrumentasi
    4. (PS-4) Mampu dan cakap menggunakan komputer sebagai alat bantu maupun subsistem elektronika dan instrumentasi
    5. (PS-5) Mampu dan cakap mengimplementasikan program komputer untuk simulasi, pengantarmukaan, piranti dapat-diprogram pada berbagai aras bahasa pemrograman
  • Ketrampilan Manajerial (Managerial Skills)
    1. (MS-1) Mampu dan cakap memotivasi kelompok kerja, berinovasi, dan berinisiatif dalam suatu kegiatan/proyek
    2. (MS-2) Mampu dan cakap memimpin dan/atau bekerjasama dalam kelompok
    3. (MS-3) Mampu dan cakap mengelola system elektronika dan instrumentasi baik secara sendiri maupun secara kelompok
    4. (MS-4) Mampu dan cakap mengelola kegiatan kerjasama yang multi-disipliner
    5. (MS-5) Mampu dan cakap membangkitkan sinergi
    6. (MS-6) Mampu dan cakap melihat peluang dan memanfaatkan pekerjaan elektronika dan instrumentasi
    7. (MS-7) Mampu bersaing secara nasional dan internasional
  • Sikap/Perilaku (Attitude)
    1. (ATT-1) Jujur, disiplin, ingin tahu, percaya diri, mandiri, beremosi matang, kooperatif, adil, dan dapat dipercaya
    2. (ATT-2) Menjunjung tinggi norma, tata nilai, agama, moral, etika umum, dan etika profesi
    3. (ATT-3) Dapat menyesuaikan diri dengan cepat terhadap perkembangan iptek
    4. (ATT-4) Beretoskerja tinggi dalam melaksanakan setiap usaha/kegiatan

Foto 4. Kegiatan rutin Tahunan - ELINS Planet 2006

Mata Kuliah Wajib (versi 2011)

No.

Semester

Kode

Mata kuliah

SKS

Prasyarat

1

I

UNU 1010

Pancasila

2

2

MIE 1001

Bahasa Inggris

3

3

MFB 1000

Konsep Fisika

2

4

MKB 1000

Kimia Kontekstual

2

5

MMB 1000

Matematika Kontekstual

2

6

MIB 1000

Teknologi Informasi Kontemporer

2

7

MIE 1801

Untai Listrik

2

8

UNU 1000

Agama

2

9

MIE 1002

Bahasa Indonesia

2

Jumlah

19

10

II

MIK 1251

Algoritma dan Stuktur Data I

3

11

MIK 1252

Prakt. Algoritma dan Stuktur Data I

1

12

MFF 1012

Fisika Dasar II

3

MFB 1000

13

MFF 1014

Prakt. Fisika Dasar II

1

MFF 1012/par

14

MMM 1104

Kalkulus Dasar

3

MMB 1000

15

MIE 1003

Etika Profesi dan Bisnis

2

16

MIE 1805

Elektronika Digital

3

17

MIE 1855

Eksp. Elektronika Digital

1

MIE 1805/par

18

MIE 1802

Pengantar Elektronika dan Instrumentasi

2

Jumlah

19

19

III

MIE 2806

Analisis Pengukuran Fisis

2

MFB 1000

20

MMM 2304

Pengantar Persamaan Diferensial

3

MMM 1104

21

MIE 2808

Elektronika Analog

3

22

MIE 2858

Eksp. Elektronika Analog

1

MIE 2808/par

23

MIE 2601

Mikrokomputer

3

MIB 1000

24

MIE 2651

Eksp. Mikrokomputer

1

MIE 2601/par

25

MIE 2809

Pengantar Instrumentasi

3

Jumlah

16

26

IV

MIE 2810

Metode Pengukuran

2

MIE 2806

27

MIE 2812

Matematika Elektronika

3

MMM 2304

28

MIE 2813

Elektronika Lanjut I

3

MIE 1805

29

MIE 2863

Eksp. Elektronika Lanjut I

1

MIE 2813/par

30

MIK 4251

Sains Manajemen

3

MMM 1104

31

MIE 2814

Sistem Kontrol

3

MMM 2304

32

MIE 2004

Tugas Khusus Elektronika I

1

60 sks

Jumlah

16

33

V

UNU 1100

Kewarganegaraan

2

34

MIE 3005

Workshop Elektronika dan Instrumentasi

1

MIE 2858

35

MIE 3816

Elektronika Lanjut II

3

MIE 2813

36

MIE 3866

Eksp. Elektronika Lanjut II

1

MIE 3816/par

37

MIE 3006

Tugas Khusus Elektronika II

1

60 sks

Jumlah

8

38

VI

MIE 3007

Seminar Elektronika dan Instrumentasi

3

90 sks

39

MIE 3008

Metodologi Penelitian Elektronika dan Instrumentasi

2

100 sks

40

MIE 3009

Kerja Praktek Industri

3

100 sks

41

UNU 4500

Kuliah Kerja Nyata

3

100 sks

Jumlah

11

42

VII

MIE 4010

Kewirausahaan dan Manajemen

2

MIE 2204

43

MIE 4011

Tugas Akhir

6

MIE 3008

Jumlah

8

Jumlah mata kuliah wajib

97

Untuk mata kuliah pilihan bisa dilihat dalam buku Panduan terkait.

Foto 5. Tim mahasiswa Jurusan Elektronika dan Instrumentasi (Elins) FMIPA UGM yang terdiri atas Gallan Kusuma, Fauzi Marjalih, dan Akbari Indra Basuki
berhasil meraih juara nasional Lomba Inovasi Teknologi Pembuatan Prototipe Penakar Hujan Berbasis Mikrokontroler.
(klik disini untuk lihat berita selengkapnya)

Informasi lebih lanjut hubungi:

  • Ketua Program Studi ELINS (2011-2015):
  • Sekretaris Program Studi ELINS (2011-2015):
  • Telp: 0274 - 902382

Tags: , , , , , , , , , , , , ,

17 Responses to “Mengenal Prodi Elektronika dan Instrumentasi (ELINS)”

  1. ist good

  2. Like it much ..

  3. Mangstabs pak,
    Nambahin usul pak,
    robotikanya juga di Tampilkan,
    ya paling tidak poto nya :D

  4. Tri K Priyambodo
    May 28th, 2010 at 1:46 pm

    Mantap isinya, manis penyajiannya.
    Silahkan terus dikembangkan.. Barangkali perlu ditambahkan daftar prestasi yang diraih dan kegiatan yang diselenggarakan Elins.
    Setiap aktivitas dan prestasi perlu tambahan penjelasan, termasuk personel yang terlibat, mestinya ada link atau uraian lebih banyak.

    Elins memang luar biasa.

  5. @pak Tri:
    maturnuwun masukannya…
    ELINS memang HEBAT dan LUAR BIASA!

  6. Nambahin usul pak,
    robotikanya juga di Tampilkan

  7. salam kenal ya mas…

  8. Mantap bener ulasannya. Salam kenal.

  9. ulasan yg baik sekali..
    nice info pak :)

  10. nice!
    mantab dah!

    usul pak, mungkin informasi sepeti ini (matkul wajib, pilihan, prestasi,karya mahasiswa,digilib)bisa ditampilkan juga dalam website resminya prodi elins –>http://elins.fmipa.ugm.ac.id
    selama ini saya lihat website tersebut masih terlihat amburadul, :D

  11. Waduhhhh, harus dikembangkan program kayak begini, biar anak bangsa semakin CERDAS !

  12. HIDUP ELINS!!!

  13. Wahhhh Hebat!!! Insya Allah, di sini tujuanku

  14. kak kalo di ELINS itu arah bidang kerjanya kemana??

  15. Ugh…Fisika lagi T_T

  16. Mohon Update posisi Prodi ELINS di FMIPA UGM y pak?
    Maklum saya udah lama jauh dari IT ini.
    Thanks bgt.
    ELINS 2003.

  17. gan, mau tanya kira kira kalo elins itu kerjanya jadi apa ya ? terima kasih

Leave a Reply

You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>