Suatu hari sekian tahun yang lalu saya pernah berpikir bagaimana kalo buku-buku teks atau buku-buku ajar yang digunakan selama ini, yang hampir semuanya merupakan buku impor, diganti dengan buku-buku karya putra-putri bangsa, buku lokal…? Tentu akan menjadi hal yang membanggakan bukan…?

Alhamdulillah selama 26-27 September 2014 saya diminta menjadi pendamping penulisan buku ajar oleh sahabat saya pak Eko Didik Widianto (dosen prodi Sistem Komputer, UNDIP, Semarang). Dan yang lebih luar biasa lagi, ternyata buku beliau telah dicetak dan diterbitkan oleh Graha Ilmu, Yogyakarta. Judulnya “Sistem Digital: Analisis, Desain dan Implementasi“, dan pada kesempatan ini saya akan memberikan ulasan singkat, semoga bermanfaat…

Buku ini membahas dasar-dasar sistem digital mulai dari konsep, analisis, perancangan, implementasi dan evaluasi rangkaian logika. Pokok bahasannya tersusun atas 5 bagian, yaitu:

  1. Pendahuluan yang membahas sistem digital secara umum serta konsep dan analisis rangkaian logika.
  2. Rangkaian logika minimal yang membahas tentang Aljabar Boolean, Sintesis Rangkaian Logika, Peta Karnaugh, Rangkaian Multikeluaran, Metode Quine-McKluskey dan Program Sintesis untuk menghasilkan rangkaian logika yang optimal (seringkali minimal).
  3. Teknologi implementasi yang  membahas rangkaian logika CMOS dan rangkaian terintegrasi standar TTL keluarga 74xx untuk implementasi rangkaian logika.
  4. Sistem bilangan digital yang membahas representasi bilangan digital, operasi bilangan biner dan rangkaian aritmetika biner.
  5. Rangkaian digital yang membahas rangkaian kombinasional, elemen rangkaian sekuensial dan rangkaian sekuensial sinkron yang pembahasannya menggunakan model FSM Moore dan Mealy.

Buku ini ditulis dengan struktur yang sangat membantu dalam pembelajaran, setiap bab diawali dengan ringkasan objektif apa yang akan dipelajari dan capaian pembaca atau mahasiswa setelah menyelesaikan bab yang terkait, selain itu pada bagian akhir setiap bab diberikan soal-soal latihan (umpan balik) dan (menariknya lagi) diberikan daftar bacaan-bacaan lanjut, sehingga ada kesempatan untuk terus belajar lebih dalam serta membuka wawasan pada topik yang terkait.

Selain itu, digunakan program bantu komputer untuk perancangan dan verifikasi sistem digital, yaitu program Bmin (Visualizer of Boolean Minimization), Qmls (Quine-McCluskey Logic Simplifier) dan Qucs (Quite Universal Circuit Simulator).

Buku ini sangat sesuai untuk setiap pembaca atau mahasiswa yang ingin mendalami masalah sistem/teknik/elektronika digital atau para praktisi elektronika digital untuk mendapatkan landasan konseptual dan desain tentang sistem digital.

Semoga bermanfaat dan selamat untuk pak Eko Didik Widianto, tetap semangat dan tetap terus berkarya untuk bangsa…!

Tags: , , , , ,

8 Responses to “Sistem Digital: Analisis, Desain dan Implementasi (sebuah review buku)”

  1. makasih banyak, membantu sekali http://www.situshargahp.com/

  2. thanks for sharing http://ulasmotor.blogspot.com/

  3. Terimakasih info yang telah diberikan http://wah-cantik.blogspot.com/

  4. Terima kasih

  5. Sangat membantu bagi saya yang sedang mencari referensi buku sisdig

  6. makasih bapak reviewnya

  7. thank you for sharing. it’s so helpful

  8. terimakasih sangat membantu

Leave a Reply

You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>