Categories
Mikrokontroler

Tampilan Scrolling pada Dot Matrix

Deskripsi

Aplikasi yang kita bahas kali ini adalah tampilan Dot Matrix Scrolling. Sebuah tampilan dot matriks terdiri dari 5×7 LED dengan susunan 5 kolom dan 7 baris. Tampilan dikendalikan menggunakan mikrokontroler AVR (ada beberapa versi yang disediakan: ATMega8, ATMega16 dan ATTiny2313). Baris dihubungkan ke PORTB pada mikrokontroler, sedangkan kolom dihubungkan ke PORTD, sehingga nantinya akan terbentuk karakter yang diinginkan.

Perangkat Keras

Rangkaian (antarmuka) dot matriks
Rangkaian (antarmuka) dot matriks

Rangkaian yang ditunjukkan tersebut merupakan rangkaian yang berdiri sendiri (stand alone) dan dapat dihubungkan ke PORTB maupun PORTD pada mikrokontroler AVR yang digunakan (ATMega8, ATMega16 atau ATTiny2313). Rangkaian tersebut memiliki 3 buah IC register geser 74HC595 yang digunakan untuk mengaktifkan kolom satu per satu selama 3 milidetik. PORTB bertugas mengendalikan IC 74HC595. Saat sebuah kolom diaktifkan, data untuk kolom tersebut disiapkan pada PORTD, yang dikuatkan menggunakan ULN2003, dan akan menghidupkan/mematikan LED-LED yang terkait. Demikian seterusnya sehingga akan terbentuk sebuah karakter pada dot matriks.

PCB dot matriks
PCB dot matriks

Perangkat Lunak

Program ditulis dalam bahasa BASIC-AVR atau BASCOM-AVR. Disediakan program untuk ATTiny2313, yang menampilkan pesan bergerak pada tampilan dot matriks. Juga program untuk ATMega8 yang memiliki kemampuan masukan data hingga 40 karakter yang kemudian ditampilkan pada dot matriks, serta ukuran huruf yang lebih besar sedikit.

Lain-lain

Silahkan mengunduh semua file yang dibutuhkan disini (ada film-nya juga untuk demo).