Categories
Mikrokontroler

Watchdog dengan BASCOM-51 atau BASCOM-AVR

Diterbitkan Nopember 2008, di-update 27 Januari 2010

Pewaktu watchdog merupakan piranti pewaktuan perangkat keras yang bisa memicu reset sistem pada saat program utama, karena ada beberapa keasalahan, seperti hang, mengabaikan layanan rutin ke watchdog (biasanya seperti pemberian pulsa secara rutin), atau gampangannya kalo Anda punya anjing atau kucing kemudian lupa memberikan makan, apa yang terjadi? Ya jegog atau ngeong khan?? Dalam hal ini, saat jegog atau ngeong, pewaktu watchdog akan mereset sistem. Intinya, mengembalikan sistem ke awal mula (kondisi normal) karena telah terjadi kesalahan atau hang tadi…

Watchdog pada keluarga AT89 (khususnya seri AT89S52 ke atas) terdiri dari sebuah pencacah 13-bit dan Watchdog Timer Reset (WDTRST). WDT atau pewaktu watchdog biasanya tidak (belum) diaktifkan. Untuk mengaktifkan WDT, pengguna harus menuliskan 0x1E dan 0xE1 secara berurutn ke register WDTRST (lokasi SFR alamat 0xA6). Saat WDT diaktifkan, nilainya akan selalu dinaikkan setiap siklus mesin selama osliator juga bekerja. Timeout pada WDT bergantung pada frekuensi kristal atau detak yang digunakan. Tidak ada jalan lain untuk menon-aktifkan WDT kecuali melalui RESET (baik reset secara perangkat keras atau reset karena WDT melimpah atau overflow). Pada saat WDT melimpah, maka akan menghasilkan luaran pulsa RESET HIGH pada pin RST.

Instruksi Watchdog pada BASCOM51/BASCOM-AVR

Sintaks:

START WATCHDOG ' untuk menjalankan pewaktu watchdog
STOP WATCHDOG  ' untuk menghentikan pewaktu watchdog
RESET WATCHDOG ' untuk mereset nilai pewaktu Watchdog

Catatan:

  • AT89S8252 memiliki pewaktu Watchdog internal.
  • Pewaktu watchdog adalah pewaktu yang bisa me-RESET mikrokontroler saat mencapai nilai tertentu.
  • Selama jalannya program, pewaktu ini harus di-reset (secara manual) sebelum mencapai nilai maksimum-nya. Hal ini untuk memastikan bahwa program berjalan dengan baik dan benar (kayak bahasa Indonesia aja ya…).
  • Saat program mengalami masalah (hang, crash) atau diam saja pada suatu kalang, maka tidak terjadi proses reset pewaktu Watchdog sehingga RESET sistem secara otomatis akan terjadi.

Anda perlu mengkonfigurasi waktu reset Watchdog dengan perintah…

CONFIG WATCHDOG = waktu

Waktu, yang dinyatakan dalam milidetik, jika watchdog tidak direset, akan menyebabkan limpahan (overflow) yang kemudian me-RESET sistem, nilainya antara lain: 16, 32, 64, 128, 256, 512, 1024 atau 2048

Contoh dan penjelasan

$regfile="89s8252.dat"
$crystal = 12000000
$baud = 2400

Config Watchdog = 2048           ' lakukan reset setelah 2048 milidetik
Start Watchdog                   ' jalankan pewaktu watchdog
Dim I As Word
For I = 1 To 10000
   Print I                         ' tampilkan nilai I
'  Reset Watchdog
'
' jika Anda perhatikan, perintah FOR-NEXT
' tidak akan selesai karena keburu di-RESET
' tetapi jika perintah Reset Watchdog diaktifkan...
' instruksi FOR-NEXT akan berjalan dengan normal,
' karena pewaktu WDT akan di-reset sebelum
' mencapai 2048 milidetik
Next
End

Semoga bermanfaat…