Categories
PLC/SCADA

Low Cost PLC Thinget: Solusi Handal dan Murah!

Apakah Anda sedang mencari PLC yang handal?
Sekaligus murah? Harga terjangkau?
Jumlah I/O yang banyak?
Fungsi-fungsi-nya lengkap?

Bacalah artikel ini sampai selesai, barangkali saya telah memberikan solusi buat Anda…

PLC Thinget seri XC merupakan PLC tipe mini dengan fungsi-fungsi yang luar biasa. Produk ini dapat digunakan dalam berbagai macam aplikasi kontrol. Dengan rancangan yang kompak, kemampuan yang tidak diragukan, harga murah-terjangkau dan didukung dengan fungsi-fungsi yang hebat, PLC seri XC bisa menjadi solusi sempurna dan hebat untuk aplikasi kontrol skala kecil dan menengah.

Beberapa fitur penting dari PLC seri XC ini antara lain:

  • Masukan/Keluaran (I/O) mulai 14 hingga 60 poin (I/O);
  • Sudah memiliki FlashROM;
  • Jam yang real time;
  • Berbagai Port COM, dapat dihubungkan dengan inverter, instrumen lain, printer dan lain sebagainya (saya coba pake USB2Serial berjalan dengan mulus tanpa hambatan).

Penulisan program dapat dilakukan dengan:

  1. Pernyataan atau Statement, program menggunakan Pernyataan merupakan program yang menggunakan instruksi seperti “LD”, “AND”, “OUT” dan lain sebagainya, ATAU
  2. Diagram tangga atau Ladder Diagram, ini merupakan cara umum yang digunakan untuk membuat program PLC, bentuknya berupa gambar grafis.

Spesifikasi Umum

Spesifikasi umum bisa Anda lihat pada tabel berikut ini, jika kurang jelas silahkan klik saja gambarnya, sehingga akan ditampilkan gambar atau tabel dengan ukuran sebenarnya (yang lebih besar tentunya)…

Ukuran dan Bentuk

Tipe XC1-16poin dan XC1-14poin

Tipe XC1-32poin, XC3-32poin dan XC5-32poin

Tipe XC3-60poin dan XC5-60poin

Spesifikasi Masukan (Input)

Konfigurasi masukan unit utama ditunjukkan pada gambar di bawah ini (klik pada gambar untuk memperbesar). PLC Thinget dilengkapi dengan sumber daya tegangan sebesar 24VDC untuk memberikan arus dan tegangan pada sensor-sensor yang terpasang di PLC Thinget, dengan demikian sangat fleksibel, Anda tidak perlu menyediakan sumber daya tegangan eksternal, cukup lakukan pengkabelan dengan benar, sensor-sensor yang terpasang sudah mendapatkan sumber daya tegangan langsung dari PLC Thinget.

Spesifikasi masukan unit dasar

Agar Anda punya bayangan bagaimana melakukan pengkabelan pada PLC Thinget, atau contoh bagaimana pengkabelan untuk masukan, perhatikan gambar di bawah ini (klik untuk memperbesar). Dalam contoh ini, masukan PLC Thinget dihubungkan dengan tombol-tekan NO (Normaly Open), Sensor dan tombol-tekan NC (Normally Close).

Contoh koneksi masukan pada PLC Thinget

Spesifikasi Luaran (Output)

Konfigurasi luaran unit dasar ditunjukkan pada gambar-gambar di bawah ini (klik pada gambar untuk memperbesar). PLC Thinget memiliki dua macam luaran: (1) Luaran Relai, luaran yang dilengkapi dengan relai, jelas ini merupakan proteksi antara perangkat luaran dan PLC, dan (2) Luaran transistor, yang dilengkapi dengan proteksi optokopler, digunakan untuk memberikan luaran yang berupa pulsa, misalnya PWM yang tidak mungkin menggunakan luaran relai, ya bisa jebol ntar. Nach lengkap sekali khan fasilitas dari PLC Thinget ini…

Spesifikasi luaran relai

Spesifikasi luaran switching transistor

Informasi lebih lanjut

  • Artikel-artikel mendatang akan mengulas PLC Thinget lebih lanjut (detil fungsi-fungsi, contoh aplikasi, dll);
  • Agen di Indonesia hubungi PT. Sigma Multi Solusi;
  • Untuk Jawa Tengah dan DIY silahkan hubungi saya.