Update 05 Maret 2018

Informasi dan pemesanan buku silahkan klik disini atau kontak pak Listiyanto di 08122597214 atau di TOKO BUKU Gava Media

Apa kata mereka tentang buku-buku dan ebook saya?

Pak Agfianto, saya salah satu pembaca buku Omron karangan Bapak. Saya nilai buku itu bagus !!!”
Eka Budiono (Medan)

“Dear Pak Eko, Saya mengucapkan terima kasih!! Karena telah diperkenankan men-down-load program PSPICE secara 100% gratis. Saya hobi elektronika dan telah lama merindukan program seperti ini. Mudah-mudahan tidak menganggu bila kelak saya ada pertanyaan-pertanyaan seputar program tsb. Terima kasih.”
Andreas (Logistic Enginee)

“Sebelumnya terima kasih sekali pak atas bukunya (Belajar Mikrokontroler AT89 Edisi 2). Buku ini jadi acuan dan bahan latihan saya selama saya kuliah. Bahkan ketika TA, buku ini jadi referensi utama…”
Tresna - http://electromation.blogspot.com

“Saya tersugesti, klo baca bukunya pak agfi, saya baru bisa paham… padahal saya juga uda punya buku mikro yg lain, spt nya gak enak, klo gak baca punya pak agfi, aneh memang…”
Teguh Budiman

Buku-buku (termasuk ebook) apa saja yang saya terbitkan?

Tip dan Trik Mikrokontroler AT89 dan AVR: Tingkat Pemula hingga Lanjut - PESAN SEKARANG!!

Buku ini merupakan kumpulan berbagai macam catatan atau artikel selama penulis melakukan berbagai macam penelitian dan eksperimen hingga tahun 2009. Banyak hal yang penulis dapatkan selama itu, terutama ilmu dan pengembangan aplikasi atau terapan mikrokontroler keluarga Atmel AT89 dan Atmel AVR. Semoga para pembaca juga mendapatkan hal yang sama serta bisa ikut serta dalam menyumbangkan acuan dalam bidang mikrokontroler AT89 dan AVR. Juga saya tambahkan sebuah artikel bagaimana cara mendapatkan penghasilan dengan menguasai teknologi mikrokontroler, sehingga diharapkan bisa menjadi ilmu bermanfaat bagi calon-calon Technopreneur di Indonesia, amin!

saya tersugesti, klo baca bukunya pak agfi, saya baru bisa paham… padahal saya juga uda punya buku mikro yg lain, spt nya gak enak, klo gak baca punya pak agfi, aneh memang…
Teguh Budiman

Waduh, emang sip banget penjelasannya pak Agfi, salah satu yang saya kagumi dari pak Agfi adalah kalo pak Agfi njelasin sesuatu pasti dengan ringkas, padat, berisi, to the point dan mudah di mengerti.. saya juga senang baca buku-bukunya pak Agfi lho, nah.. itu adalah tanda-tanda dari dosen, entrepreneur dan sekaligus penulis yang profesional..| salut dah buat pak Agfi.. Seandainya sebagian besar dosen bisa aktif seperti pak Agfi, pasti Indonesia makin maju neh..
Herlambang (http://indomicron.co.cc/)

Pak Agfi, salut buat jiwa “technopreneur” yang kuat dan inovatif. Saya bisa lihat di tulisan - tulisan Bapak. Btw, saya sendiri juga sedang belajar untuk mengembangkan bidang otomasi, esp. PLC dan SCADA
Handy (http://learnautomation.wordpress.com/)

Pasti Ada Hikmahnya (Sebuah buku non Teknis yang luar biasa!) - PESAN SEKARANG!

Ini adalah buku yang mengherankan saya. Bagaimana mungkin seorang pakar di bidang elektronika & instrumentasi bisa merenung sedalam ini? Saya tak percaya jika yang menulis buku ini adalah Agfianto yang saya kenal. Mungkin karena usia, mungkin karena cinta, atau mungkin pula karena Agfianto memang selama ini menyembunyika kedalaman nuraninya. Buku ini menurut saya saya menakjubkan
Herman Sinung Janutama - budayawan penulis buku Pisowanan Alit.

Pak Agfi… thanks for being my teacher, my friend and my father… I can’t say more… you’re one of the amazing man in my life… Semoga amal ini menjadi harta karun untukanak cucu kita…
Febriyo Hedikusumah
- Penulis buku Be Briliant, Be Productive, Trainer dan Hypnotherapist.

Pak Agfi buat saya seperti ortu, saudara, sahabat yang paling baik, banyak memberikan masukan, orangnya agak keras dalam mendidik saya tapi baik. Trims banget ya pak Agfi atas semangatnya selama ini.
Ilona Usuman
- Dosen ELINS (Pemenang RUSNAS 2009 Smart Home), Yogyakarta

Pak Agfi adalah orang yang hangat, bersemangat, pandai memotivasi, dan terpacu untuk berprestasi.
Idham Ananta Timur
- Dosen ELINS (Pakar Jaringan Komputer), Yogyakarta

Bersama pak Agfi saya memperoleh sebuah prinsip kehidupan yang selalu saya ingat, DUIT (Doa, Usaha, Ikhlas, Tawakal), prinsip-prinsip yang sesuai dengan ajaran agama. Dengan prinsip itu banyak hal yang saya lakukan, hasilnya sangat baik bahkan saya sempat kaget, seperti ujian suatu mata kuliah, saya kira dapat nilai D ternyata dapat nilai B!!
Pidar Febriaji - Mahasiswa ELINS.

Buku ini mengungkap renungan-renungan perjalanan hidup seorang dosen Elektronika & Instrumentasi (ELINS), Agfianto Eko Putra, yang banyak di-share kepada kolega maupun mahasiswa2-nya, sehingga banyak di antara mereka mulai memandang kehidupan ini menjadi lebih optimis dan bersemangat, serta memiliki tujuan-tujuan yang mulia, Insya Allah Anda-pun juga bisa mengalaminya…

PEMESANAN LANGSUNG KE PENERBIT SEKARANG!

Belajar Mikrokontroler AT89C51/52/55: Teori dan Aplikasi, Edisi 2 - PESAN SEKARANG!

Buku ini ditujukan bagi mereka yang ingin memanfaatkan mikrokontroler tipe CISC yaitu AT89C51/52/55 (seri AT89 dari Atmel, Inc.) dalam aplikasi pengontrolan elektronik. Selain itu juga dalam rangka memperkaya pustaka nasional dalam bidang elektronika maupun sistem elektronika.

Buku yang terdiri dari 7 bagian ini mengupas tuntas AT89C (sudah obsolette diganti dengan seri AT89S) atau AT89S mulai dari awal tentang arsitektur dasar keluarga AT89 atau seri MCS-51, set instruksi (termasuk cara pengeditan program hingga siap untuk disimpan ke dalam Flash PEROM AT89C), kanal paralel (termasuk karakteristik dari masing-masing port dan aplikasinya), karakteristik timer dan counter, kanal serial dan penanganan sistem interupsi.

Program mikrokontroler disimpan ke dalam Flash PEROM-nya AT89, sekaligus bisa juga dihapus, keunggulan ini dapat dimanfaatkan sebagai sarana belajar mikrokontroler, karena tidak memerlukan memori program luar seperti EPROM maupun EEPROM, yang membutuhkan peralatan pengisian dan penghapusan yang merepotkan. Sehingga pada bagian terakhir dibahas secara singkat pembuatan alat untuk mengisi (sekaligus menghapus) program dari mikrokontroler AT89 menggunakan Pemrogram Easy Downloader 2.2, selain itu buku ini dilengkapi dengan CDROM yang berisi dokumentasi lengkap Pemrogram Easy Downloader 2.2 dan program pendukung untuk kompilasi dan informasi lainnya.

Alternatif lain untuk memprogram mikrokontroler AT89S dengan rangkaian dan program ISP sebagaimana rangkaiannya bisa dilihat disini dan programnya bisa diunduh disini.

Anda bisa mendownload daftar isi dan/atau contoh bab yang ada di buku ini… monggo…

PLC: Konsep, Pemrograman dan Aplikasi Omron Sysmac dan ZEN (edisi 2/revisi) - KLIK utk PESAN!

PLC atau Programmable Logic Controller adalah alat kontrol terprogram yang sudah banyak dijumpai dan dipakai dalam industri-industri untuk pengontrolan proses-proses produksi, buku ini ditujukan kepada siapa saja yang ingin belajar PLC, khususnya Omron Sysmac dan ZEN Programmable Relay.

Buku ini tersusun dalam 7 Bab, Bab 1 membahas dasar-dasar atau konsep dasar PLC (Programmable Logic Controller) mulai dari sejarah, konsep dasar PLC hingga jalur-jalur keluaran dan masukan PLC secara umum. Bab 2 membahas tentang PLC Omron seri Sysmac atau yang dikenal dengan tipe CPM1A/CPM2A mulai dari konsep jalur keluaran dan masukan hingga struktur memori di dalam PLC tersebut. Bab 3 membahas tentang ZEN Programmable Relay secara garis besar, fitur-fitur yang dimiliki, area memori hingga catatan khusus untuk pengguna PLC Omron Sysmac jika ingin menggunakan ZEN Programmable Relay. Kemudian di Bab 4 dijelaskan konsep-konsep pemrograman diagram tangga ditinjau dari PLC Omron Sysmac. Bab 5 menjelaskan tentang perangkat lunak yang digunakan dalampemrograman PLC, baik Syswin v3.4, ZEN Support Software v3.0 (serta simulatornya) dan PLC Simulator v1.0 karya Tang Tung Yan yang bisa digunakan untuk belajar pemrograman diagram tangga tanpa harus memiliki PLC Sysmac yang harganya mahal. Aplikasi untuk masing-masing PLC, Sysmac dan ZEN Programmable Relay dibahas pada Bab 6 dan Bab 7. Khusus untuk PLC Sysmac, saya membagi dua macam aplikasi, yaitu dasar dan lanjut, sedangkan pada ZEN dikelompokkan berdasar fungsi-fungsi yang ada pada ZEN tersebut.

Pesan/order melalui Gramedia.com. Anda juga bisa mengunduh daftar isi dan/atau contoh bab yang ada di buku edisi satu… monggo…

Penapis Aktif Elektronika: Teori dan Praktek - PESAN SEKARANG!

Buku ini ditujukan bagi para hobist maupun mahasiswa D3 dan S1 jurusan atau program studi Elektronika atau Elektronika dan Instrumentasi agar dapat digunakan untuk membantu mengetahui sekaligus memahami tentang seluk-beluk Penapis Aktif Elektronika secara teori dan praktek. Cakupan buku (terdiri atas 8 bab) ini meliputi antara lain:

  • Dasar-dasar penggunaan penguat operasional sebagai dasar rangkaian penapis aktif
  • Dasar-dasar penapis (low-pass, high-pass, band-pass dan notch)
  • Penapis aktif lolos-rendah dan tinggi Order Pertama
  • Penapis VCVS Order Kedua
  • Penapis Ragam-umpanbalik Order Kedua
  • Penapis-penapis Order Tinggi
  • Penapis aktif Notch dan Lolos-pita
  • Penapis Peubah-kondisi (state variable).

Anda bisa mendownload daftar isi dan/atau contoh bab serta bonus yang ada di buku ini… monggo…

Belajar Bahasa Assembly dengan EMU8086 - PESAN SEKARANG!

Mempelajari Bahasa Assembly atau Bahasa Mesin (untuk prosesor Intel 80×86) bisa dikatakan gampang-gampang susah, tergantung bagaimana cara Anda melakukannya. Pendekatan yang paling baik adalah metode ‘Learning by Doing’, belajar sambil mempraktekannya dan metode inilah yang saya gunakan dalam buku ini.

Segala sesuatu untuk mempelajari Bahasa Assembly dapat Anda peroleh menggunakan perangkat lunak Emu8086 (Emu8086, Inc), yang digunakan dalam buku ini adalah versi 2.58. Program Emu8086 ini mencakup fasilitas editor Bahasa Assembly, Assembler dan Disassembler (pengertian ini akan diterangkan kemudian), perangkat lunak emulator (PC Semu) yang dilengkapi dengan debugger.

Bab 1 Membicarakan tentang pengertian sistem bilangan dalam dunia komputer terutama dalam pemrograman Bahasa Assembly, termasuk operasi aritmetika yang terkait. Bab 2 membicarakan tentang perkembangan prosesor atau CPU pengertian Bahasa Assembly termasuk penggunaan secara umum Emu8086, Emulator dan Drive semu (virtual drive). Bab 3 menjelaskan cara-cara pengaksesan memori dalam pemrograman Bahasa Assembly termasuk pengertian memori stack dan wataknya, dilengkapi dengan contoh-contoh program. Juga diberikan penjelasan tentang variabel dalam permograman Bahasa Assembly serta cara-cara penggunaannya. Termasuk dalam bab ini dibahas tentang larik (array), pengalamatan variabel dan konstanta serta tentang stack.

Pada Bab 4 dibicarakan secara singkat instruksi-instruksi pada prosesor 80×86 yang meliputi instruksi untuk transfer data, aritmetika, manipulasi bit, transfer kontrol, string, interupsi dan kontrol prosesor. Bab 5 diulas berbagai macam interupsi Prosesor 8086 dan cara penggunaannya. Bab 6 dibahas tentang cara membuat dan menggunakan prosedur dan makro dibicarakan pada bab ini. Selain itu program Emu8086 dilengkapi fungsi-fungsi siap pakai yang memudahkan dalam pembuatan program Bahasa Assembly.

Sedangkan pada Bab 7, jika Anda suka dengan elektronika, maka dijelaskan bahwa dengan Bahasa Assembly-pun Anda bisa melakukan pengamatan dan pengendalian perangkat keras di luar komputer (yang biasa juga dikenal sebagai Teknik Antarmuka PC), tentunya bisa disimulasikan dengan piranti semu (virtual devices) yang telah disediakan oleh Emu8086.

Program EMU8086 bisa diunduh disini sedangkan listing program dalam buku bisa diunduh disini. Anda bisa mendownload daftar isi dan/atau contoh bab yang ada di buku ini… monggo…

Pengendalian Mobile Robot (MOBOT) dengan MOBOTSIM v1.0 - PESAN SEKARANG!

Buku ini menjelaskan teknik-teknik pengendalian robot mobile atau mobot menggunakan bantuan perangkat lunak simulasi mobot MOBOTSIM v1.0 dari mobotsoft. Buku ini cocok untuk siapa saja yang akan menekuni teknik pengendalian robotika dasar terutama mobot atau Mobile Robot, sedangkan perangkat lunak MOBOTSIM bisa digunakan untuk belajar teknik pengendalian sekaligus melakukan berbagai eksperimen pengendalian mobot, seperti penghindaran rintangan (obstacle avoidance), penerapan kecerdasan buatan dan lain sebagainya.

Buku ini tersusun atas 5 Bab. Pada Bab 1 diberikan penjelasan tentang perangkat lunak MOBOTSIM v1.0, kemudian dilanjutkan pada Bab 2 dibahas tentang teknik pengendalian mobot dasar tanpa menggunakan sensor, sedangkan pada Bab 3 dan 4 masing-masing dibahas bagaimana cara mengendalikan mobot dengan bantuan sensor posisi dan sensor jarak (dalam dunia nyata biasanya berupa sensor ultrasonik atau sejenisnya). Akhirnya pada Bab 5 dijelaskan teknik penghindaran rintangan dengan metode VFF dan VFH yang dikembangkan sejak tahun 1989 oleh Borenstein dan kawan-kawan dari Michigan University.

Buku ini juga dilengkapi dengan CDROM yang isinya perangkat lunak MOBOTSIM v1.0 edisi evaluasi serta berbagai macam informasi yang berkaitan dengan robotika terutama mobot atau Mobile Robot serta bonus-bonus lainnya khusus untuk para pembaca.

Anda bisa mendownload daftar isi dan/atau contoh bab yang ada di buku ini… monggo…

Teknik Antarmuka Komputer: Konsep & Aplikasi (PESANAN LANGSUNG KE GRAHA ILMU)

Buku ini ditujukan bagi para mahasiswa D3 atau S1 Jurusan Elektro atau para hobis atau siapa saja yang ingin mempelajari teknik antarmuka komputer mulai dari awal, melalui pemanfaatan sumber daya komputer yang telah ada hingga pembuatan kartu antarmuka (jenis ISA card) yang digunakan untuk tujuan tertentu.

Materi dalam buku ini meliputi: Pemanfaatan sumber daya komputer seperti kanal serial, kanal paralel serta dibahas juga konsep dasar dalam akuisisi data, pembuatan kartu antarmuka PPI dan ADC0809. Bahasa pemrograman yang digunakan difokuskan pada bahasa PASCAL (beberapa contoh dalam bahasa C). Untuk itu, agar dapat mengikuti penjelasan dalam buku ini, disarankan untuk mempelajari bahasa PASCAL terlebih dahulu, bagi mereka yang baru dengan bahasa komputer ini.

Catatan: Buku ini tidak disarankan untuk aplikasi antarmuka berbasis SO Windows, keterangan lengkap ada di dalam buku.

Anda bisa mendownload daftar isi, contoh bab dan listing program yang ada di buku ini… monggo…

FREE e-Book untuk Anda, pribadi yang LUAR BIASA!

e1. Simulasi Elektronik Menggunakan PSpice (sudah lebih dari 170kali di-unduh!!)

E-Book gratis ini merupakan hasil dari kumpulan handout yang telah penulis berikan selama memberikan kuliah Simulasi Elektronika di Program Studi ELINS. Buku (e-book) ini dilengkapi dengan bahan-bahan eksperimen yang bisa digunakan untuk praktikum yang menyertai kuliah atau sekedar untuk bahan belajar/praktek secara otodidak. Buku atau e-book ini merupakan bahan siap pakai untuk belajar sendiri maupun bahan kuliah Simulasi Elektronika, silahkan digunakan untuk adopsi bahan kuliah Anda, informasi atau keterangan lebih lanjut silahkan hubungi agfi@ugm.ac.id.

Harapannya, ebook gratis 100% ini bisa memberikan sumbangan dalam khasanah pustaka elektronika di Indonesia, selain itu juga sebagai ungkapan syukur atas keberlimpahan penulis selama hidup di alam semesta ciptaan Alloh SWT. Semoga bisa membawa manfaat bagi Anda para pembaca. Serta ungkapan syukur penulis telah berhasil menerbitkan 7 judul buku (beberapa diantaranya merupakan best seller), yang dalam proses penyelesaian ebook gratis ini juga sedang menyelesaikan judul-judul lainya;

Daftar Isi:

  • Tutorial PSpice-1: Pendahuluan
  • Tutorial PSpice-2: Sumber dependen sederhana
  • Tutorial PSpice-3: Membuat sub-rangkaian
  • Tutorial PSpice-4: Gerbang-gerbang Digital Dasar
  • Tutorial PSpice-5: Analisis Transien
  • Tutorial PSpice-6: Analisis AC Steady-state dalam PSpice
  • Tutorial PSpice-7: Analisis Tanggap Frekuensi
  • Tutorial PSpice-8: Sumber-sumber khusus dalam PSpice
  • Tutorial PSpice-9: Studi Kasus sumber-sumber khusus
  • Dilanjutkan dengan 10 macam eksperimen

Seperti ungkapan “tiada gading tak retak”, saran, kritik dan koreksi yang membangun mohon dapat disampaikan ke penulis di agfi@ugm.ac.id. Terima kasih!

Buku silahkan diunduh disini, listing program eksperimen dan tutorial serta PSPICE-nya (27MB).

e2. Belajar Adobe Captivate 3.0 (sudah lebih dari 400 kali di-unduh!!)

Perangkat lunak Adobe® Captivate™ 3 memungkinkan setiap orang bisa mebuat secara cepat simulasi yang ampuh dan terjamin, pelatihan berbasis skenario dan pengujian tanpa memerlukan ketrampilan pemrograman maupun multimedia. Berbasis platform Adobe Flash®, Adobe Captivate 3 secara otomatis menghasilkan konten yang interaktif dan kompatibel dengan Flash Player serta mudah didistribusikan dan diakses secara online. Hanya dengan antar muka point-and-click dan fitur-fitur otomatis yang beragam, para pengguna dosen, guru, pelatih profesional, pengusaha dan lain sebagainya bisa merekam aktivitas layar komputer dengan mudah, menambahkan interaksi eLearning, membuat skenario pencabangan yang kompleks disertai pilihan umpan-balik dan penyisipan beragam berkas multimedia.

Adobe Captivate memungkinkan kita untuk menambah, memodifikasi keterangan teks, memberi audio (voice-overs, background music dan sound effects), video, animasi Flash, animasi teks, gambar, hyperlink, ke dalam project yang dibuat. Ukuran berkas yang kecil serta resolusi yang tinggi membuat simulasi dan demonstrasi yang dibuat dengan Captivate mudah untuk dipublikasikan secara stand-alone (EXE), online serta dibakar ke CD untuk dipakai dalam pelatihan, penjualan, pemasaran, maupun dukungan pemakai.

E-Book (34 halaman) ini berisikan 13 modul tutorial Adobe Captivate 3 yang bisa Anda pelajari, silahkan diunduh disini.

Jika instansi atau institusi Anda membutuhkan pelatihan sehari Adobe Captivate 3 (misalnya untuk pembuatan presentasi, e-learning, tutorial, kuis dan lain sebagainya) termasuk pelatihan pembuatan e-learning yang efektif, silahkan hubungi saya via email agfi@ugm.ac.id), terima kasih.

e3. Analisis Sinyal Non-Stasioner Menggunakan Wavelet dan Metode Dekorlet

Telah dilakukan analisis sinyal-sinyal non-stasioner sintetis maupun nyata menggunakan metode-metode berbasis Wavelet yaitu Transformasi Wavelet Kontinu, Transformasi Wavelet Diskrit, Paket Wavelet dan Dekorlet, suatu metode baru yang menggabungkan antara proses dekomposisi penuh dan dilanjutkan dengan proses korelasi hasil dekomposisi dengan sinyal aslinya.

Transformasi Wavelet Kontinu maupun Paket Wavelet mampu menunjukkan pola-pola tertentu dari sinyal yang dianalisis sedangkan Transformasi Wavelet Diskrit dan Paket Wavelet mampu melakukan ektraksi dan deteksi fitur pada sinyal yang dianalisis, proses Dekorlet dapat digunakan untuk ekstraksi fitur sinyal secara lengkap yang diperkuat dengan hasil korelasi yang terkait, hal ini juga menguatkan temuan-temuan fitur sinyal pada Paket Wavelet. Beberapa parameter yang harus diperhatikan dalam analisis sinyal non-stasioner berbasis wavelet adalah (a) pemilihan tipe wavelet yang digunakan, (b) proses analisis yang dilakukan (kontinu, diskrit, paket atau dekorlet) dan (c) kedalaman analisis yang dibutuhkan yang dinyatakan dengan tingkat kedalaman dekomposisi sinyal. Secara keseluruhan, metode analisis sinyal non-stasioner berbasis wavelet memberikan alternatif yang sangat baik untuk analisis sinyal-sinyal non-stasioner, yang banyak dijumpai di alam nyata ini.

Silahkan mengunduh ebooknya dalam format PDF.

e4. Handout Workshop Pemrograman AVR (Versi 2.5, versi Assembly Language ATTiny2313) - yang v2.0 sudah lebih dari 900 kali di-unduh!!

Dalam ebook ini Anda akan belajar mengenal Arsitektur Mikrokontroler AVR, khususnya ATTiny2313 (dulunya AT90S2313) dan melakukan eksperimen atau latihan pemrograman Mikrokontroler AVR dengan VMLab yang tersedia secara GRATIS. Antara lain, Anda akan belajar tentang register-register dalam AVR, mode pengalamatan, port I/O, interupsi, pewaktu/pencacah, watchdog, komparator analog dan komunikasi serial. Di bagian II, Anda akan diajak untuk melakukan pembelajaran dengan learning by doing, yaitu melakukan eksperimen, antara lain:

  • Eksperimen-1: Proses aritmetika sederhana
  • Eksperimen-2: Proses aritmetika kompleks
  • Eksperimen-3: Penggunaan I/O untuk LED
  • Eksperimen-4: LED berjalan
  • Eksperimen-5: Penggunaan Interupsi Eksternal INT0 dan INT1
  • Eksperimen-6: Penggunaan Interupsi Pewaktu/Pencacah

Segera unduh saja ebook-nya dalam format PDF.

e5. Pengantar Mikrokontroler dan PLC (sudah lebih dari 1500 kali di-unduh!!)

Jika kita bicara tentang Mikrokontroler, maka tidak terlepas dengan pengertian atau definisi tentang Komputer itu sendiri, mengapa? Ada kesamaan-kesamaan antara Mikrokontroler dengan Komputer (atau Mikrokomputer), antara lain:

  • Sama-sama memiliki unit pengolah pusat atau yang lebih dikenal dengan CPU (Central Processing Unit);
  • CPU tersebut sama-sama menjalankan program dari suatu lokasi atau tempat, biasanya dari ROM (Read Only Memory) atau RAM (Random Access Memory);
  • Sama-sama memiliki RAM yang digunakan untuk menyimpan data-data sementara atau yang lebih dikenal dengan variabel-variabel;
  • Sama-sama memiliki beberapa keluaran dan masukan yang digunakan untuk melakukan komunikasi timbal-balik dengan dunia luar.

Lantas apa yang membedakan antara Mikrokontroler dengan Komputer atau Mikrokomputer? Begitu mungkin pertanyaan yang ada di benak kita, saat kita membaca beberapa daftar kesamaan yang sudah saya tuliskan tersebut. Sama sekali berbeda, itu jawaban yang saya berikan kepada Anda - silahkan unduh eBooknya dalam format PDF.

e4. Tutorial Pemrograman Mikrokontroler AVR dengan WinAVR GCC (v2.0)

Free ebook saya yang terbaru. Diterbitkan dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa Indonesia yang bermartabat.

Apa saja yang dibahas dalam ebook/buku ini?

  • Apakah mikrokontroler itu?
  • Pengetahuan dasar Mikrokontroler AVR
  • Pengenalan Bahasa C untuk Mikrokontroler AVR
  • Menggunakan AVR Studio dengan WinAVR GCC
  • Masukan/Luaran Mikrokontroler AVR
  • Timer/Counter pada Mikrokontroler AVR
  • Dan masih banyak lagi lainnya…

Mau…?? Silahkan mengunduh disini (password via email agfi68@gmail.com) untuk FREE Full Version ebook ini GRATIS!! Semoga bermanfaat…

126 Responses to “Buku-buku Saya”

  1. Hahaha… Salut!

    Chandra MDE
    http://telinks.wordpress.com

  2. terima kasih, matur nuwun…

  3. Salam kenal mas,… Buku-bukunya sangat menarik. Sukses Selalu!

  4. Salam kenal mas,… Buku-bukunya sangat menarik. Sukses Selalu!

  5. buat semuanya, terima kasih… dan sukses selalu untuk Anda!

  6. saya sangat tertarik dengan buku-bukunya mas ,ada ga referensi untuk melanjutkan sekolah yang sesuai dengan teknik kontrol seperti itu.trimakasih saya alumni stm sleman th 2003,

  7. biasanya masuk ke Elektronika & Instrumentasi atau Teknik Elektro bagian Kendali/Kontrol, dalam jenjang S1 akan dipelajari konsep2 dasar sistem kontrol sedangkan s2 sudah lanjutannya…

  8. salam kenal mas,
    saya sudah punya salah satu buku mas yaitu tentang plc, saya mau tanya nih gimana caranya program plc omron dengan visual basic ?
    terima kasih.

  9. mas Darto, PLC Omron tidak bisa diprogram pake VB, dia menggunakan ladder diagram, pemrogramannya melalui syswin, cx programmer atau cx-one…

  10. Salam kenal mas,
    Buku-bukunya saya sdh punya semua & sangat membantu sekali dalam proses belajar mandiri, apakah mas mengadakan kursus di bidang Microcontroller & PLC secara privat ?, terima kasih atas pencerahanya.

  11. silahkan cek di halaman PELATIHAN PRIVATE, terima kasih!

  12. Saya pernah belajar teknik digital, micro controller dan plc tapi pinginnya saya mahir plc. Ada nggak bukunya terutama yg banyak aplikasinya d industri. Trima kasih

  13. untuk mahir PLC sebenarnya harus lebih banyak latihan plus studi kasus, buku2 tentang PLC dan aplikasinya dalam dunia industri sebenarnya banyak, namun masih dalam bahasa inggris, dan sulit diperoleh di Indonesia..

    saat ini saya sedang menyelesaikan buku saya PLC yang kedua dan banyak aplikasi yang saya bahas dalam buku tersebut, menggunakan PLC Allen Bradley… tunggu saja terbitnya…

    terima kasih…

  14. maaf saya menggangu aktifitas bapak sejenak untuk
    membaca pesan saya ini.saya salah satu mahasiswa di padang, jd sekarang
    saya lagi menyusun skripsi yang berhubungan dengan MC AT89S51 yang
    dikombinasikan dengan RTC DS12C887.jd sudah sekian lm saya
    mengerjakannya ternyata saya dapat kendala pada cara
    interface/menghubungkan MC dengan RTC serta program yang saya buat juga
    tidak dapat berjalan sesuai yang diharapkan.jd saya mohon kepada bapak
    untuk dapat memberikan solusinya tentang program dan cara
    menghubungkannya krn saya tidak tau lagi harus menanyakan kepada siapa.atas bantuan dan perhatian bapak saya ucapkan terimakasih.

  15. baiklah, akan saya siapkan sekalian artikelnya, terima kasih atas pertanyaannya…

  16. Maaf Mas Agfianto saya langsung To the point aja.
    Mas tolong di dibahas mengenai program ADC/DAC untuk Xilinx sPARTAN 3E.
    saya bingung buat mengembangkan dan menggunakan Spartan 3E.trus berikan jg teori-teorinya kalo bisa, ya….
    Saya sangat berharap sekali dengan pencerahan dari tulisan2x mas agfianto.
    terima kasih banyak sebelumnya.
    mohon maaf kalo saya salah posting.

  17. Pak Eko, Materi Simulasi Elektronik Menggunakan PSpice (Buku, Tutorial, COntoh dan Programnya) gak bisa didownload apa memang dari esnipnya yang error atau file-nya udah dihapus ya… Kalau bisa mohon minta materinya (Kalo tidak sempat upload lagi bisa dikirim ke smandung@gmail.com) Terima kasih Pak, Semoga mendapatkan balasan Allah SWT.

  18. oya saya lupa bahwa materi-materi akan saya pindahkan ke share4you atau indowebster, terima kasih atas koreksinya…

  19. Terima kasih Pak Eko… Sudah bisa didownload…

  20. Salam kenal mas, Bukunya bagus sekali, dapat mencerdaskan bangsa.

    http://www.lppyupptekmas.com

    http://www.swaiklan.com/intern.....omron.html

    http://id.88db.com/id/Services.....tID=179785

  21. @Sumardi: thanks dan amin…

  22. Pak, link emu8086 yang ke http://www.esnips.com/ kok gak bisa ya?
    Trimakasih

  23. sudah saya ubah ke
    http://www.4shared.com/network.....me=emu8086

    thanks

  24. pak eko, apakah bisa menggunakan port usb untuk mengganti port serial rs 232 yang digunakan untuk downloader?? saya membeli downloader tetapi menggunakan port serial bukan untuk port usb sedangkan Laptop saya hanya tersedia port usb. terimaka kasih sebelumnya

  25. @marsel:
    biasanya bisa, tetapi Sekarang sudah ada USB Downloader yang informasinya bisa Anda peroleh disini.

  26. saya sngat tertarik dengan artikel anda, saya tinggalnya di ternate gimana cara saya memperoleh bukunya.info dong!

  27. @awal: silahkan menghubungi penerbit saya CV. Gava Media atau hubungi pak Listiyanto (08122597214)

  28. salam knl mas agfianto

    saya sudah beli buku belajar mikrokontroller AT89C51/52/55 teori dan aplikasi edisi 2

    bukunya sangat bagus mas dan mudah dimengerti

    tapi gini mas saya mau nanya saya beli downloader buat AT8951/52 tapi ga bisa kedetek ma software downloadernya. gimana ya mas

    apa mesti ada settinggan komputernya dulu atau ga?

    saya udah cek tegangan inputnya 11,9V
    tegangan output regulator 7805 = 4,8V
    tegangan VCC IC max232 dan IC master serta IC targetnya = 4,8
    tegangan pin 31 pada IC target = 4,7 V
    tegangan pin 9 pada IC targer = 4,9V
    tegangan pin 31 pada IC master = 4,9V
    rangkaiannya ampir sama, sama yang dibuku tapi ga ada LM317
    mohon bantuannya mas coz itu buat TA

    terimakasih

  29. kalo bisa email ke deraka_2006@yahoo.com

  30. @nasir ahmad:
    kalo gak salah yang Anda maksud adalah easy downloader, rangkaian ini dijual di pasaran dengan varian nama HB200W, Haline 2000W dan seterusnya.

    seharusnya produk yang Anda beli langsung konek begitu saja, komunikasinya menggunakan port serial, program yang disertakan sudah menyediakan setingan secara otomatis (baudrate, data bit, dst), sehingga hanya setingan nomor COM, jenis uC-nya, dst…

    untuk tegangan2 yang Anda beritahukan semuanya sudah OKEY banget!

    ada baiknya merujuk ke website asli versi 2.0, versi 2.1 atau versi 3.0.

    semoga bermanfaat…

  31. maaf mas
    yang saya beli bukan easy downloader versi 2.0 2.1 3.0
    saya beli di jaya plaza bandung trus di software nya tuh AT89S51/52 versi 1

    atau kabel db9nya ya coz Aku bikin sendiri tapi setinggannya udah bener disilang antara kaki2 dan kaki3. tapi jenis kabelnya yaitu kabel bekas kabel data flashdis.

    kalo ga bisa mah minta rangkaian downloader buat ISP donk mas beserta penjelasan dan softwarenya

    terimakasih

  32. mas saya ini pemula pada hal jaringan, saya minta tolong gimana merakit jalur kabel RS232 ke USB, kabel PIN nya yang mana saja dipakai?

  33. Lanjutan tentang pertanyaan saya di atas, RS232 mempunyai 9 PIN sedangkan USB 4 PIN, jadi kabel USB no.1,2,3,4 di sambung ke PIN RS232 No. berapa ?
    terima kasih

  34. @yanto:
    untuk membuat konverter RS232 ke USB tidak sekedar menyambung kabel, tetapi menggunakan IC driver FTDI… dan ada rangkaian khususnya…
    Untuk informasi mengenai FTDI bisa dilihat disini.

  35. salam kenal pak.
    saya mau tanya,buku khusus untuk kumpulan2 latihan program mikrokontroller uda terbit?krn saya ingin belajar mikrokontroller.makasi

  36. klo blm terbit.tlg dibuatkan.krn bukunya bpk materinya bagus jd sy ingin mendalami mikrokontroller utk masa depan sy.makasi+have a good day

  37. Ternyata belajar PLC merupakan modal dasar untuk mencari pekerjaan terutama dalam dunia teknik yang bersifat automasion. Bagi yang berlokasio di Tangerang, atau sekitarnya dapat belajar programming PLC dengan console dan software cx programmer. Lihat site http://lppyupptekmas.com

  38. @deny:
    tunggu saja penerbitan buku2 baru saya ttg PLC dan Mikrokontroler, launching nanti lewat website ini…

  39. ok.makasi :-]

  40. saya baru belajar PLC, mau tanya kl mau bikin program interface PLC OMRON lebih enak pake VB atau program yang lain??

    thx

  41. pak agfi.. buku PLC nya tak tunggu lho..
    smoga tmbh sukses deh..!

  42. maksud saya buku khusus contoh2 program PLC dan aplikasinya.. thanks..

  43. salam kenal mas agfianto..saya mhs TA..saya mau naya bagaimana cara motor DC bisa berputar lewat DT-51(minSYS Ver 3.3)dari PC(pake delphi komponennya pake vacomm)….mohon bantuannya..minta listingnya delphi dan asmbly….tq…

  44. Pa kalau saya membeli buku Bapa yang Pengendalian Mobile Robot (MOBOT) dengan MOBOTSIM v1.0,dijelaskan dari mulai perancangan sampai selesai.apakah saya langsung dapat merancangnya tanpa kendala,karena saya sangat sangat tertarik untuk membuatnya.mohon bantuannya Pa.terima kasih

  45. @adrie:
    agar mikrokontroler bisa berkomunikasi dengan PC ada beberapa hal yang perlu kita buat atau perhatikan:

    1. program komunikasi serial dan protokolnya di uC
    artinya pake uC yang sudah dilengkapi dengan port komunikasi serial, kemudian buatlah protokol komunikasi serial, agar program di PC dengan mikrokontroler-nya bisa berkomunikasi tanpa terjadi kesalah pahaman.

    2. buat program kontrol di uC untuk motor DC-nya
    menyesuaikan protokol yang sudah Anda buat tadi (1).

    3. buat program kontrol/antarmuka di PC menggunakan delphi
    gunakan komponen2 untuk komunikasi serial dengan uC-nya, buat antarmuka semudah mungkin penggunaanya…

    semoga bermanfaat…

  46. @edo:
    buku MOBOTSIM fokus pada algoritma program, bukan untuk membuat mobot-nya, karena diasumsikan pembaca sudah punya mobot dan tinggal belajar melakukan pemrograman mobot-nya…
    sehingga pada buku MOBOTSIM tidak diberikan langkah2 membuat robot, alhamdulillah, sudah terbit beberapa buku yang mengupas ttg pembuatan robot, silahkan cek di TB…

  47. maaf mas saya nggak ngerti….soalnya baru terjun di dunia mikrokontoroler…saya mau nanya kalau inisialisasi serial pada deldhi dengan vacomm gimana???kan di DT-51 pakai port A,B dan C..

  48. Maaf apa aja ya judulnya biar ngga susah nyari soalnya di toko buku pada di plastikin jadi ngga tau dalamnya.Terima Kasih.

  49. http://www.kmitl.ac.th/~kswichit/

    Websitenya ga bisa dibuka yah mas? butuh autentikasi. Forbidden :D

    Gmana tuh mas?

  50. @edo:
    untuk tutorial robot bisa dilihat disini.

    @wahyu:
    memang website-nya lagi down (saya coba juga tidak bisa)…

  51. thank’s alot, matur nuwun sanget

  52. mohamad tri atmoko wijaya
    July 11th, 2009 at 11:52 pm

    mas saya mau nanyakan ada kah buku mengulas tentang komunikasi data lewat jala-jala listrik?

  53. Pak saya salah satu mahasiswa angkatan 2007,dulu bapak mengajarkan PLC dengan alat dari OMRON tapi saya ketika saya KP di HOLCIM agak kebingungan karena rata2 bagian produksi menggunakan Allen bradley.Sistemnya sama tapi konfigurasinya yang membuat saya bingung,dengan power supply terpisah..bisa bapak memberitahu secara ringkas,atau web yang bisa saya cari???

  54. Ass..
    Maaf pa, saya salah satu pengguna buku bapa
    mau nanya dari buku - buku yang telah bapa tulis
    saya belum menemukan komunikasi melalui USB.
    Kalo boleh minta referensi yang membahas detail USB
    Terima kasih

  55. Saya seorang pemerhati bidang aplikasi berbasis mikrokontroler yang berlokasi di daerah Padang. Dimana saya bisa mendapatkan mikrokontroler di daerah saya?.

  56. @mohamad tri atmoko wijaya:
    silahkan unduh PDF-nya di http://www.indomedia.com/sripo.....711H07.pdf

    @Happy Ardhinan:
    untuk Allen Bradley RSLogix bisa dipelajari di http://www.thelearningpit.com/lp/doc/index.html

    @Jajang Mulyana:
    untuk antarmuka USB bisa dipelajari di http://www.beyondlogic.org/

    @r0nni3:
    coba cek di toko2 komponen elektronik di padang, atau coba juga lewat http://www.digi-ware.com/dw.php?p=home (tokonya di surabaya)…

  57. Assalamualaikum mas, bukunya masih tentang mikrokontrolernya masih ada gak, trus kalo di bandung kira-kira belinya dimana ya?,,terimakasih wassalamualaikum

  58. @aziz:
    Wa’alaikumsalam wr wb
    bisa diperoleh di Gramedia
    atau langsung belanja online di http://www.gavamedia.net
    atau hubungi penerbit di 08122597214 (pak Listiyanto)

  59. Salam Knal Mas, kami mau bertanya kepada yang ahlinya….
    apakah setiap PLC itu sama, lalu bagaimana caranya belajar software PLC Allen Bradley…

  60. mas kalau mau nyari buku mas di medan kok susah banget sihhh. kalau ada alamat perwalikannya tolong di emailkan yaaaaa. mendesak nihhh

  61. swandi simorangkir
    December 7th, 2009 at 10:22 am

    saya mau tanya mas.. buku yang judulnya Belajar Mikrokontroler AT89C51/52/55: Teori dan Aplikasi tapi edisi 1 masih ada mas… soalnya butuh banget. dimana ya bisa di cari lagi

  62. @swandi:
    edisi 1 sudah tidak diproduksi lagi, yang edisi 2 = edisi 1 plus tambahan beberapa informasi, silahkan hubungi Gava Media di http://www.gavamedia.net/

  63. mas ada buku yg membahas cara pembuatan sisitem akuisisi menggunakan prog labview tdk? lengkap dengan interfacenya ,lg btuh buanget nich. buat TA

  64. @raden:
    silahkan klik disini dari penerbit Gava Media - Yogyakarta…

  65. Kalau ada yang butuh komponen TRF2,4G SRF02 dll dengan harga miring hub saya di email penyimpan73@yahoo.com

  66. Juga kalau ada yang perlu bantuan training/pertanyaan mikro/plc/FPGA

  67. @budi setiyo:
    saya tertarik dengan produk2 FPGA-nya…

  68. Pak Salam Kenal, Ada Yang Tahu tentang sensor LVDT kah? Saya Sedang Membutuhkannya,Seandainya ada Tolong referensikan Tempatnya / tokonya ke emal saya

    ryan_elektro@yahoo.co.id

  69. Hello Pak Agfi,

    Tertarik untuk menulis AVR dengan tool opensource? ;-)

    Sukses selalu dan keep in touch!

    A+

  70. pak aku pengen belajar plc tapi aku belum tau banyak tentang plc. kemarin aku uda dateng ke ugm teknik jakal. kayaknya besok aku mau ikut privat plc tapi aku butuh info tentang dasar2 plc yang lebih akurat n detail buat persiapan supaya gak kaget. q minta bantuan dari bapak bls aj ke danu_deathlova@rocketmail.com trimakasih atas bantuanya dari ba[ak. mohon bimbinganya.

  71. kapan buat buku tentang “mikrokontroler atmega” ??
    tak tunggu pak

  72. mas buku-bukuknya sangat bagus buat iptek . salug buat mas

  73. Nanang Setya Jatiarsa
    May 9th, 2010 at 3:11 pm

    Buku buku tentang CPLD dan FPGA dimana nyarinya ya?

  74. @nanang:
    sementara buku2nya berbahasa inggris…
    silahkan cek di http://freebookspot.com atau http://gigapedia.com

  75. Luar biasa bp. Agfi. Tetap semangat berkarya, Tuhan pasti memberkati.

  76. Terima kasih banyak Boss, T O P B G T

  77. Pak, punya tutorial protel dxp 2004 ga?
    Ato Bapak akan membuat Buku Tutorialnya?

  78. Setiap saya jadi penguji sidang tugas akhir yang menggunakan mikrokontroler, hampr selalu buku bapak ada dalam daftar pustaka.

  79. Setiap saya jadi penguji sidang tugas akhir yang menggunakan mikrokontroler, hampir selalu buku bapak ada dalam daftar pustaka.

  80. @cahyawan:
    terima kasih… dan salam kenal…

  81. Terimakasih banyak Pak Agfi,saya banyak belajar tentang mikrokontroler & interface dari buku - buku karya Bapak…ditunggu karya-karya yang lainnya.

  82. pak saya baru memasuki dunia robotika,uC yg saya gunakan adalah atmega16, apakah lebih baik dari at89 atau sebaliknya?

    Pertanyaan lagi, saya ingin sekali mendalami dunia mikrokontroler, tapi nanti dalam dunia kerja apakah terpakai pa’? kalau ia, bisa bapak beri contoh pa . . .

    terima kasih,

    saya bersyukur sekali bisa menemukan web bagus ini :D

  83. @achirul:
    terima kasih

    @bambang dwi:
    ya seri AVR atau ATMega fasilitasnya lebih lengkap dibanding AT89, penggunaan mikrokontroler sudah banyak, misalnya sistem game di Timezone, untuk kontrol pengeluaran tiket menggunakan uC AVR, sistem antrian yang saya kerjakan di Pertamina Pengapon juga menggunakan uC AT89, dan masih banyak lagi lainnya…

  84. maaf pak saya mau numpang tanya,saya baru belajar sedikit tentang mikrokontrol,ada tidak perbedaan antara mikro at89c51 dengan at89s51?

  85. salam sukses,

    pak agfi, tlg dibahas tentang labview pak, tks.

    salam hebat

  86. kalau buku tentang dasar pemrograman PLC allen breadly tipe RSlogix 5000 ada gak??soalnya penting….

  87. Salam kenal Agfi….
    saya mau tanya nih sama bapak….
    cara memprogram LCD dan keypad dengan menggunakan PLC LDmikro
    saya menggunakan PIC16f877a
    sebelumnya terima kasih banyak Pak Agfi

  88. pak agfi.. buku membahas tuntas mikrokontroller AVR nya ditunggu lho pak..! buat persiapan TA ni..

  89. Semoga bisa terus berkarya, Mas. Ditunggu karya-karya berikutnya. Salam sukses.

    Regards,
    Dani Cory
    Bank Loans Consultan

  90. @dany: terimakasih…

  91. sangat bermanfaat …tks

  92. maaf mas ada buku tentang PLC Allen Bradley slc500 g ?

    ada tutorial tentang
    -Ethernet TCP/IP
    -Modbus
    -ato profibus

    ada g yang bahasa indonesia ?
    kayaknya lebih gampang kalo belajar dari bahasa indonesia

    i love indonesia
    hahahaha g nyambung yah ?

  93. selamat jumpa pak agfianto,
    begini pak saya telah membeli buku karangannya tentang plc zen pada bab 3 yang harganya kisaran 1 juta. saya tertarik nih pak untuk memakainya untuk belajar terutama type ZEN-10C1DR-D-V1 .dimanakah saya bisa membelinya, dan berapakah harga type yg saya maksud berikut ongkir ke surabaya. karena ndak enak pak kalo ndak punya sendiri maklum ndak kuliah dan pekerjaanpun belum kesitu pak. itung itung untuk modal perbaikan nasip. trim’s banyak atas karya tulisnya, sangat mencerahkan .
    03170074740

  94. Salam kenal pak Agfi. Saya adalah pembaca setia buku2 Anda. Materinya banyak yang saya gunakan pak. Terim kasih banyak.

  95. Jika ada beberapa buku yang sudah habis bagaimana saya bisa mendapatkan edisi barunya apakah dicetak lagi atau tidak? thanks.

  96. buku-buku bisa dipesan online di http://www.gavamedia.net/ terima kasih..

  97. wah, keren yah buku-bukunya
    boleh juga nih kalau kita dikasih hadiah…hehehe

    salam kenal pak

  98. Sebelumnya terima kasih banyak pak Agfi, buku2nya sangat bermanfaat sekali. Saya bisa menyelesaikan tugas akhir saya salah satunya berkat buku dari pak Agfi ini.

  99. Trima kasih banyak pak untuk bukunya karena saya bisa menyelesaikan tugas akhir salah satunya berkat buku2 dari pak agfi ini.

  100. buku bukunya keren - keren sekaliii

  101. Penulis satu ini sudah tidak usah diragukan lagi ilmunya mengenai berbagai mikrokontroler maupun embedded system. Salut sama bpk Agfi.

  102. Dear,
    Buku buku Pak Agfi jadi akses sy menemukan titik kunci dan benang merah memahami mikrokontrol…minimal ini akan jd starter buat sy dalam mendalami dunia digital kontrol, akuisisi data dan otomasi…selama ini sy bergelut dg training handphone….thanks atas guidance nya.

    PTC-GSM Bontang

  103. wah bukunya boleh juga neh

  104. Trima kasih…,,top markotop pokoknya..bikin ktagihan

  105. bukunya bagus bagus,bikin ngiri,heheheh

  106. mantap pak keren bukunya

  107. Semoga bisa terus berkarya, Mas. Ditunggu karya-karya berikutnya. Salam sukses.

  108. terima kasih atas jempol dan apresiasinya…

  109. saya lihat lihat dulu pak…

  110. maz,q Didin dr Malang.Minta izn dowload..

  111. Saya saiful Pak, salam kenal.
    Pak, ada buku yg menjelaskan tentang program matrik display dengan assembly ?
    Cz mau bikin skripsi pake assembly.
    trims

Trackbacks/Pingbacks

  1. Komunikasi serial menggunakan uC AT89
  2. Mikrokontroler versus Mikroprosesor
  3. Akses Port Paralel (Menggunakan Visual BASIC 6.0)
  4. Rangkaian Interlock menggunakan ZEN
  5. Pemrograman Mikrokontroler dalam Bahasa Tingkat-Tinggi
  6. Deteksi Adanya perbedaan masukan dengan ZEN
  7. MOBOTSIM v1.0: Software Pembelajaran Pengendalian Mobile Robot
  8. Tutorial Mikrokontroler AT89: Masukan dan Luaran (I/O)
  9. Antarmuka PC: Dasar-dasar Akuisisi Data
  10. Memulai Belajar Mikrokontroler - Quick, Easy and Harmless!
  11. Dasar-Dasar Akusisi Data « Tiwicennil's Blog
  12. MOBOTSIM v1.0: Software Pembelajaran Pengendalian Mobile Robot | ILMU TI dot COM
  13. Aplikasi TOGGLE ON/OFF menggunakan ZEN Programmable Relay | DSP & Embedded Electronics
  14. eBook - Pemrograman Mikrokontroler Atmel AVR menggunakan BASCOM-AVR | DSP & Embedded Electronics
  15. Agus : Tugas 1 Akuisisi Data