Categories
buku Mikrokontroler

Belajar Mudah Mikrokontroler ARM Cortex M0

Belajar Mudah Mikrokontroler ARM Cortex M0” merupakan sebuah pelatihan (biasanya inhouse training) juga sebuah buku sederhana. Sebuah pelatihan/buku yang cocok digunakan untuk pelatihan atau belajar solusi berbasis mikrokontroler, khususnya seri ARM Cortex M0.

The ARM® Cortex®-M0 processor is the smallest ARM processor available. The exceptionally small silicon area, low power and minimal code footprint of the processor enables developers to achieve 32-bit performance at an 8-bit price point, bypassing the step to 16-bit devices. The ultra-low gate count of the Cortex-M0 processor also enables its deployment in analog and mixed signal devices. (ARM)

Pelatihan/buku belajar mikrokontroler ini didasarkan pada penggunaan ARM Cortex M0 produksi dari Nuvoton seri NUC140, lebih tepatnya NUC140VE3CN, menggunakan bantuan papan belajar NUC140 Learning Board atau NUC140LB.

NUC140 Learning Board by Nuvoton

Pendahuluan

ARM adalah arsitektur prosesor 32 bit yang dibuat oleh ARM Holding dan dilisensikan untuk diproduksi oleh berbagai vendor di dunia termasuk AMD, Atmel, Freescale, Nuvoton, Nvidia, NXP, Samsung, ST Micro, dan TI. Prosesor ARM digunakan pada perangkat smartphone, tablet, dan embedded system. Kini ARM menjadi arsitektur prosesor yang paling banyak diproduksi di dunia.

Seri arsitektur ARM terbaru terdiri dari 3 lini kelas penggunaan yaitu:

  • ARM CORTEX A untuk aplikasi umum
  • ARM CORTEX R untuk aplikasi real time
  • ARM CORTEX M yang setara dengan mikrokontroler

Deskripsi Umum

NuMicro NUC100 merupakan seri mikrokontroler 32-bit dengan inti ARM Cortex M0 yang tertanam atau menjadi satu didalamnya, digunakan dalam kontrol industri maupun aplikasi-aplikasi yang memerlukan media komunikasi yang beragam. Cortex M0 merupakan prosesor tertanam ARM 32-bit yang relatif baru. Seri NuMicro NUC100 terdiri dari NUC100, NUC120, NUC130 dan NUC140.

NuMicro™ NUC130 Automotive Line dilengkapi dengan fungsi CAN dengan Cortex™-M0 tertanam bekerja hingga frekuensi 50 MHz dengan kelengkapan 32K/64K/128K-byte embedded flash, 4K/8K/16K-byte embedded SRAM, dan 4Kbyte loader ROM untuk ISP. Juga dilengkapi dengan berbagai piranti periferal seperti Timers, Watchdog Timer, RTC, PDMA, UART, SPI, I2C, I2S, PWM Timer, GPIO, LIN, CAN, PS/2, ADC 12-bit, Komparator Analog, Kontroler Low Voltage Reset dan detektor Brown-out.

NuMicro™ NUC140 Connectivity Line dilengkapi dengan USB 2.0 full-speed dan fungsi CAN dengan Cortex™-M0 tertanam bekerja hingga frekuensi 50 MHz dengan kelengkapan 32K/64K/128K-byte embedded flash, 4K/8K/16Kbyte embedded SRAM, dan 4K-byte loader ROM untuk ISP. Juga dilengkapi dengan berbagai piranti periferal seperti Timers, Watchdog Timer, RTC, PDMA, UART, SPI, I 2C, I2S, PWM Timer, GPIO, LIN, CAN, PS/2, USB 2.0 FS Device, ADC 12-bit, Komparator analog, Kontroler Low Voltage Reset dan Detektor Brown-out.

Berikut ini tabel perbandingan keluarga NUC100 terkait dengan fasilitas komunikasi yang dimiliki masing-masing tipe NUC100.

Untuk lebih jelasnya Anda bisa menggunakan rujukan di bawah ini terkait dengan pemilihan tipe-tipe keluarga NUC140 seri NUC100.

Materi Pelatihan/Buku

Pelatihan/Buku “Belajar Mudah Mikrokontroler ARM Cortex M0” meliputi beberapa pembahasan, terutama hal-hal yang mendasar, antara lain:

  • Pengenalan mikrokontroler ARM Cortex M0.
  • Tentang pustaka ARM CMSIS (Cortex® Microcontroller Software Interface Standard).
  • Pengenalan NUC140LB.
  • Instalasi dan penggunaan CooCox IDE.
  • Konfigurasi Clock, inisialisasi dan aplikasi berbasis GPIO digital.
  • Komunikasi dengan SPI dan aplikasi LCD grafik.
  • Penggunaan fasilitas ADC.
  • Penggunaan fasilitas PWM.
  • Komunikasi data menggunakan fasilitas UART.
  • Tentang Timer, Watchdog Timer (WDT) dan Real Time Clock (RTC).
  • Komunikasi data menggunakan I2C.
  • Berbagai macam studi kasus.
Untuk keterangan lebih lanjut (permintaan pelatihan, informasi lain-lain) hubungi agfi68@gmail.com, terima kasih.