Apakah Spice Atau Pspice Itu?

SPICE adalah program yang mampu mensimulasikan rangkaian elektronika melalui komputer. Anda bisa melihat bentuk gelombang dari tegangan atau arus pada rangkaian Anda. SPICE menghitung tegangan dan arus versus waktu (Analisa Transien) atau versus frekuensi (Analisa AC). Banyak program SPICE juga bisa digunakan untuk analisa DC, sensitivitas, derau maupun distorsi.

Kepanjangan SPICE adalah Simulation Program with Integrated Circuit Emphasis. Para peneliti di Uiversitas Kalifornia, Berkeley telah mengembangkan program komputer ini sejak pertengahan tahun 70-an. Apa yang mendorong pengembangan program SPICE ini? Hadirnya berbagai macam IC (Integrated Circuit) menuntut suatu metode untuk menguji dan mencoba rancangan rangkaian sebelum proses fabrikasi.

Saat ini, SPICE tersedia dari berbagai macam perusahaan yang kemudian menambahkan fasilitas untuk menggambar rangkaian serta kemampuan untuk plot grafik hasil analisis. Simulator dan aplikasi SPICE telah berkembang unuk berbagai macam rangkaian analog dan digital, piranti microwave dan sistem mekatronika.

Mengapa Menggunakan Pspice?

SPICE merupakan alat yang bagus untuk belajar elektronika. Anda bisa meningkatkan pemahaman suatu rangkaian seiring dengan percobaan da simulasi menggunakan SPICE. Lakukan eksperimen! Ubah rangkaian dan lihatlah apa yang terjadi! Ubahlah nilai resistor, nilai kapasitor dan lain sebagainya serta perhatikan efek pada rangkaian sekejap mata.

Idealnya, kita perlu membuat dan menguji rangkaian elektronika sesungguhnya da memahami perilakunya. Bagaimanapun juga, Anda membutuhkan breadboard, komponen-komponen dan waktu untuk merangkai rangkaian tersebut. Rangkaian sesungguhnya adakalanya membutuhkan peralatan yang mahal mulai dari suplai daya, generator sinyal dan osiloskop. Selain itu tidak selalu mudah merangkai semua rangkaian elektronika yang Anda temukan menggunakan breadboard.

Anda bisa menghabiskan waktu berjam-jam untuk membuat rangkaian elektronika yang sesungguhnya dan hanya untuk mendapatkan suatu konsep sederhana dari rangkaian tersebut, sedangka menggunakan SPICE Anda bisa melakukannya dalam hitungan menit. SPICE bisa Anda anggap sebagai breadboard “virtual”. Walaupun Anda hanya memiliki waktu yang pendek, Anda bisa mendapatkan prinsip-prinsip dan aplikasi dari beberapa rangkaian elektronika.

Bagaimana PSpice Bekerja?

Pada dasarnya, SPICE bekerja dengan cara sebagai berikut:

  1. Tentukan sebuah rangkaian dalam berkas teks (ekstensi “.CIR”) yang dinamakan netlist atau menggunakan simbol-simbol grafik melalui pembuatan skematik (rangkaian yang digambar);
  2. Jalankan simulasi. SPICE membaca netlist dan kemudian melakukan analisa yang diminta: AC, DC atau Respon transien. Hasilnya disimpan dalam sebuah berkas keluaran teks (ekstensi “.OUT”);
  3. Perhatikan hasil simulasi pada berkas teks keluaran (ekstensi “.OUT”) menggunakan editor teks. Banyak program SPICE yang sudah menyediakan tampilan grafik untuk plot data-data yang tersimpan pada berkas data biner.

Netlist Atau Skematik?

Muncul pertanyaan, apakah rangkaian yang akan disimulasikan dengan SPICE harus dibuat menggunakan teks berupa netlist atau digambar menggunakan skematik. Jawabannya disarankan menggunakan editor teks, mengapa? Walaupun menggambar rangkaian menggunakan schematic capture memiliki beberapa kelebihan, tetapi masing-masing vendor SPICE memiliki antarmuka skematik dan format berkas yang berbeda-beda. Hal ini bisa menyebabkan kebingungan, jika Anda menggunakan berbagai macam versi SPICE untuk sebuah rangkaian. Selain itu, banyak karakterisik komponen tidak nampak melalui skematik (selain itu, schematic capture selalu membuat berkas netlist sebelum menjalankan simulasi, jadi ya sama saja dong…)

Deskripsi netlist dari sebuah rangkaian adalah sederhana dan kosisten untuk tiap-tiap vendor SPICE dengan beberapa variasi. Seluruh properti komponen dan rangkaian jelas terlihat. Mempelajari netlist itu mudah dan melakukan perubahan bisa dilakukan secara cepat. Anda bisa membuat sebuah netlist dengan menggambar rangkaian yang bersangkutan di atas kertas dan menerapkan beberapa aturan sederhana. Selain itu, beberapa buku SPICE (masih kebanyakan dalam bahasa Inggris) sangat menyarankan penggunaan netlist, walaupun selanjutnya Anda memutuskan untuk menggunakan program schematic capture.

Mensimulasikan Rangkaian Anda

Mensimulasikan dan menguji rangkaian Anda bisa dilakukan dengan mudah:

  1. Gambarkan atau tuliskan rangkaian Anda, jangan lupa memberikan nomor pada masing-masing titik;
  2. Beri label pada masing-masing komponen dan nilainya;
  3. Buatlah sebuah berkas teks (netlist) yang berisikan semua komponen dan hubungan antar titik koneksi;
  4. Tentukan tipe analisis yang akan dilakukan (AC, Transien, DC, derau dan lain-lain) dan sertakan pernyataan-pernyataan yang terkait;
  5. Jalankan simulasi dan perhatikan hasilnya.
  6. Anda bisa mendapatkan koleksi rangkaian SPICE dari internet, gunakan koleksi rangkaian yang Anda peroleh tersebut untuk membuat rangkaian yang Anda inginkan dengan cara merubah sebagian komponen maupun nilai-nilainya.

Informasi lebih lengkap silahkan mengunduh ebook gratis tentang Simulasi Elektronika disini, listing program eksperimen dan tutorial serta PSPICE-nya (27MB).

Tags: , , , , , ,

13 Responses to “Tentang PSpice!”

  1. ass….
    mav pak emulator yang versi 2.58 udah ga ad,saya malah dapet yang terbarunya sedangkan bukunya isiinya buat belajar yang versi 2.58.
    akhirnya tu buku berakhir sebagai pajangan doank..
    kan sayang tau pak..

  2. maaf maksudnya PSPICE? Ebook ini sampe sekarang masih dipakai untuk bahan kuliah menggunakan PSPICE Student Edition versi 9.1, selain didownload dari esnips bisa juga di http://www.electronics-lab.com.....matic/013/

    Saya yakin ebook ini tidak hanya sebagai pajangan doank karena isinya selain simulasi juga ada dasar-dasar rangkaian untai listrik yang bisa digunakan siswa/mhs yang sedang mengambil mata kuliah tersebut…

    BTW terima kasih atas komentarnya… mohon bisa disampaikan kepada rekan2 lain yang membutuhkan… semoga bermanfaat…

  3. Websitenya sangat menarik mas Agfi. Saya mau tanya kalau Pspice dibandingkan Circuit Maker atau Electronic Workbench lebih lengkap mana ya ? Saya mau pakai program untuk simulasi rangkaian DSP.

  4. kalo masalah lengkap atau tidak kelihatannya sama saja, persisnya saya belum tahu.
    untuk simulasi rangkaian DSP mestinya yang analog sehingga bukan DSP tapi ASP, untuk keperluan DSP disarankan menggunakan mikrokontroler atau FPGA, silahkan baca artikel tentang Aritmatika terdistribusi yang digunakan untuk implementasi tapis FIR (kebalikan dari IIR)…

  5. Bobby Tri Wijaya Kusuma
    March 7th, 2009 at 7:57 am

    Bpak Agfi. . .Ad yang mw saya tanyakan Tentang Simulasi Elektrinika
    kebetulan saya sedang mengampu mata kuliah tersebut, dan mengunakan program pspice dalam praktikumnya. . .yang ingin saya tanyakan ad ga buku panduan tentang simulasi elektronika yang berhubungan dengan pspice. . .
    sebelumnya terimakasi atas jawabannya. . .

  6. saya sudah menyediakan ebook untuk kuliah dan praktikum-nya yang bisa di-unduh di halaman BUKU-BUKU SAYA.

  7. Mas
    Sya Mhs di politeknik neg.medan. utk praktium kendali diskrit kami msh pake yang tampilan dos ( kayakny yag ver.1 atw 2)
    Tutor PSPICE yang earlier version (1 atw 2) ada ga ya??????
    Sya sech da komen ma dosenny an blng da ada yng newest version…
    Thnx ya…

  8. @deardo:
    untuk yang earlier versio saya tidak punya, maaf…

  9. makasih ya mas… semoga ilmunya bermanfaat

  10. wah boleh dicoba tuh, dapet dari mana mas?

  11. gimana caranya menghubungkan pSpice dengan visual basic?
    apa bisa dibantu..?

  12. assalamu alaikum,,saya pemula dalam dunia mikrokontroller,,ketika saya membaca blog anda,,saya sangat tertarik,,,semoga Allah memebrikan anda kesehatan,serta imbalan yang pantas atas ilmu yang anda berikan,,amin
    mohon bimbingan,terima kasih

  13. saya mau bertanya.apakah software ini bisa untuk simulasi band pass filter mas ?
    terima kasih

Leave a Reply

You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>