PENDAHULUAN

Kemajuan dan perkembangan teknologi telah banyak memberi manfaat bagi kehidupan manusia. Kemajuan teknologi disebabkan karena semakin banyak tuntutan manusia yang harus dipenuhi untuk mendapatkan kemudahan-kemudahan, baik dalam hal kecepatan, ketepatan, maupun otomasi. Peralatan-peralatan dalam dunia industri beralih dari sitem manual menjadi sistem otomatis sekaligus memiliki kemampuan dapat dikendalikan dan diamati parameterparameternya dari jarak jauh. Salah satu aplikasi yang dibuat dalam penelitian ini adalah sistem pengendali motor langkah (berupa perangkat keras dan lunak) dari jarak jauh berbasis TCP/IP.

Motor langkah atau stepper motor, banyak digunakan dalam berbagai macam aplikasi, terutama aplikasi-aplikasi yang menuntut jumlah putaran tertentu dan tepat, biasanya berkaitan dengan posisi yang harus akurat. Suatu contoh dapat dijumpai pada alat kemudi cakram atau disk drive, untuk proses pembacaan dan/atau penulisan data ke/dari cakram, head baca-tulis ditempatkan pada tempat yang tepat di atas jalur atau track pada cakram (diskette), untuk keperluan tersebut, head dihubungkan dengan sebuah motor langkah.

Kecepatan motor langkah pada dasarnya ditentukan oleh kecepatan pemberian data pada komutatornya. Semakin cepat data yang diberikan maka akan semakin cepat pula putarannya. Kebanyakan kecepatan motor langkah dapat diatur dalam daerah frekuensi audio dan akan menghasilkan putaran yang cukup cepat.

(informasi selengkapnya bisa diunduh disini)

Tags: , , ,

7 Responses to “Pengendalian Motor Langkah Menggunakan LabVIEW 7.0 berbasis TCP/IP”

  1. Pak Agfi bgm cara mengkomunikasikan mikrokontroller ATMega8535 dgn ATMega8535 sebagai master dan slave, rangkaian hardwarenya? Trimakasih.

  2. to Adi

    Tinggal komunikasinya mau pake apa? serial, parallel, SPI, TWI, atau buat standar sendiri?

  3. Kalau hardware bikin sendiri, drivernya pakai yang mana pak? bisa ditunjukkan link tentang komunikasi labview dengan hardware buatan sendri?
    Makasih

  4. aku bingung….

  5. mas,saya mau tanya..
    1. cara komunikasi portparalel menggunakan labview gmn??
    2. ada nggak contoh aplikasi untuk menyalakan LED dan juga bisa menerima input dari luar misalnya push buttom??maksud dari pertanyaan tadi biar saya paham cara komunikasi untuk mengirim dan menerima data dari luar.contohnya led dan tombol pushbottom tadi??

  6. salam Pak Agfi,

    Pak Agfi pny buku LabVIEW untuk komunikasi serial ? terutama modbus RTU. sy lg belajar monitoring digital metering pak, kl ada dimana sy bisa beli ? mohon bantuannya

    terimakasih

  7. Untuk yang mau belajar labview, beli buku yang berjudul “Interaksi Arduino dan Labview” karangan dian artanto..

Leave a Reply

You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>