Setelah debut best seller buku saya “Belajar Mikrokontroler AT89C51/52/55, Edisi 2″ beberapa tahun belakangan ini, banyak yang menanyakan tentang bagaimana melakukan simulasi sedemikian hingga bisa digunakan untuk belajar pemrograman MIkrokontroler AT89, khususnya dalam bahasa Assembly.

Caranya mudah saja, dan hal ini sudah saya sebutkan atau jelaskan dalam buku saya tersebut, yaitu menggunakan TS Control Emulator. Dimana mengunduhnya? Gampang saja, silahkan mengundung program M-IDE Studio MCS-51 disini, yang terbaru sudah dilengkapi (integrasi) dengan TS Control Emulator.

Setelah Anda lakukan instalasi, jalankan program M-IDE tersebut, sebagai contoh tuliskan program assembly pada Gambar 1, yaitu sebuah program yang digunakan untuk membersihkan RAM (dengan memberikan 0xFF pada tiap-tiap lokasi RAM).

Gambar 1

Penjelasan program

Program diawali dengan memulai awal program di alamat 0×00 (baris 1), dilanjutkan dengan mendefinisikan konstanta START dengan nilai 0×30 sebagai awal alamat RAM (baris 2). Register R1 diisi dengan awal lokasi RAM yang akan dibersihkan atau di-clear yaitu sesuai konstanta START (baris 3), register R0 sebagai jumlah byte yang akan di-clear sebanyak 32 lokasi (baris 4). Akumulator diisi dengan data-data clear yaitu 0xFF (baris 5).

Baris 6-9 merupakan proses utama membersihkan RAM (dengan mengisi masing-masing lokasi RAM yang bersangkutan dengan 0xFF). Baris 7 digunakan untuk mengisi RAM dengan lokasi yang ditunjuk oleh register R1 dengan 0xFF (dari akumulator). Dilanjutkan dengan menaikkan isi R1 (ke lokasi RAM berikutnya, baris 8), kemudian diulang sebanyak 32 kali (baris 9).

Instruksi di baris 10 hanya untuk lompat ditempat.

Kompilasi dan Simulasi

Simpan program tersebut dan lakukan kompilasi (dengan menekan F9), jika tidak terjadi kesalahan lanjutkan untuk melakukan simulasi dengan cara klik pada bagian panah seperti pada Gambar 1 (Build and Sim), sehingga akan ditampilkan TS Control EWmulator, hasilnya ditunjukkan pada Gambar 2.

Gambar 2

Perhatikan tanda panah pada Gambar 2 tersebut. Itu adalah baris 3 pada program kita (Gambar 1). Programnya sendiri hingga alamat 0×000a.

Pada tahap ini, kita sudah bisa melakukan simulasi. Caranya? Gampang! Gunakan F11 (Step Into Next Instruction), sehingga sekarang yang aktif adalah instruksi berikutnya, perhatikan tanda-tanda panah di Gambar 3 (register R1 sudah berubah dari 00 menjadi 30).

Gambar 3

Demikian seterusnya Anda lakukan F11 lagi untuk instruksi berikutnya, sambil Anda perhatikan perubahan yang terjadi pada register yang terkait. Perhatikan rangkaian Gambar 4 sampai dengan Gambar 9.

Gambar 4

Gambar 5

Gambar 6

Gambar 7

Gambar 8

Gambar 9

Demikian seterusnya, silahkan Anda F11 sendiri hingga ke-32 lokasi RAM mulai alamat 0×30 akan terisi 0xFF semua, perhatikan Gambar 10.

Gambar 10

Semoga bermanfaat.

Tags: , , , ,

10 Responses to “Pemrograman dan Simulasi Mikrokontroler AT89 dengan M-IDE Studio MCS-51”

  1. pertamaxxxx gan, sip. ijin sedot M-IDEenya.
    maju terussssssssssssssssssss

  2. assalamualaikum…permisi pak saya mau numpang tanya,apasich perbedaan antara mikrokontroller at89c51 dengan at89s51..?

  3. @supri:
    sama saja, cuman yang AT89C sudah obsolette (tidak diproduksi lagi), sedangkan AT89S punya fasilitas tambahan untuk ISP Programming…

  4. Dari sisi bahasa gimana pak? apakah kita bisa mengisikan program yang biasa kita buat untuk AT89C kepada AT89S?
    Terimakasih Pak

  5. @denymon:
    pemrograman pada AT89 dan AVR jelas berbeda - ditnjau dari sudut ASM-nya, jika menggunakan BASIC (Bascom 8051 vs. Bascom AVR) memang mirip - konsepnya sama hanya saja harus disesuaikan ke masing2 mikrokontroler…

  6. wah sangat bermanfaat pak, terimakasih telah berbagi

  7. terrima kasih pak sudah share

  8. thank you for sharing it’s so helpful

  9. Rijschool den haag Hofstad rijopleiding is écht gevestigd in Den Haag Wij helpen je met het behalen van je autorijbewijs na je rijexamen leer je pas echt autorijden Wij helpen je een heel eind op weg om het verkeer in Den Haag én in Nederland de baas te zijn Wij gaan voor kwalitatief rijden!

  10. its good thing to share, thank you.

Leave a Reply

You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>