Hari-1 Pelatihan Mikrokontroler AVR saya isi dengan memberikan konsep I/O. Yach lumayan banyak juga yang harus dipelajari, yaitu: antarmuka LED, antarmuka LCD, antarmuka pushbutton dan keypad matrix.

Perangkat keras yang digunakan adalah AVR Microcontroller Development Board v1.0 (AMDB1.0) yang merupakan produk dari tim Technovision (mahasiswa-mahasiswa ELINS, UGM). AMDB1.0 ini memiliki beberapa fitur:

  • Untuk mikrokontroler Atmel AVR: ATmega16, 32, 8515, 8535 (40 pin)
  • Dilengkapi dengan LCD 2×16 karakter;
  • Port serial RS232;
  • 8 buah LED;
  • 4 buah pushbutton;
  • 1 buah keypad matrix ukuran 4×4 (16 pushbutton);
  • 1 buat tampilan 4×7segmen, dan
  • 1 buat dot matrix 5×7 dot

Apa yang harus dilakukan untuk membuat aplikasi? Tentu saja, Anda harus mengikuti alur sebagaimana ditunjukkan pada gambar berikut ini:

Penjelasan gambar:

  1. Buatlah sebuah program menggunakan beberapa compiler yang tersedia untuk Mikrokontroler AVR, misalnya AVR Studio, Pascal for AVR, atau dalam hal ini (selama perlatihan) kita menggunakan BASCOM-AVR;
  2. Lakukan kompilasi program, sehingga menghasilkan berkas-berkas HEX atau BIN (juga berkas-berkas lainnya yang untuk sementara ini diabaikan);
  3. Berkas HEX/BIN sudah bisa digunakan untuk simulator Proteus VSM, atau langsung di-download ke mikrokontroler menggunakan AMDB1.0 melalui kabel ISP (baik dari port paralel menggunakan software PonyProg atau USBasp menggunakan AVRDude);
  4. Nah silahkan dicek di board atau program simulasi-nya apakah aplikasi sudah berjalan dengan baik dan benar atau belum (gambar USBasp ditunjukkan berikut ini).
Konsep I/O yang dipelajari di hari-1 ini mencakup masukan dan luaran, untuk luaran diaplikasikan pada bagaimana cara-cara menghidupkan dan mematikan LED yang dihubungkan ke salah satu port mikrokontroler AVR, misalnya PORTB. Juga dilakukan berbagai macam aplikasi animasi LED, seperti running LED dan lain sebagainya. Pokoknya pelatihan ini asik banget! Oya sebagaimana diketahui mikrokontroler AVR mengharuskan kita mendefinisikan PORT sebagai masukan atau luaran di awal program, ini-pun kita ajarkan, termasuk saya beritahukan <rahasia>Bagaimana mendapatkan income tak terbatas dengan membuat dan menjual produk-produk berbasis mikrokontroler</rahasia>. Selain itu untuk aplikasi selain LED juga diberikan bagaimana caranya menampilkan tulisan-tulisan di LCD secara statis maupun dengan animasi. Bagaimana menampilkan tulisan di penampil 4×7 segmen dengan sistem scanning.
Untuk konsep masukan, diberikan aplikasi pushbutton dan keypad matrix 16×16, mengapa susunan pushbutton adalah active low, hal ini juga dijelaskan dalam kelas, termasuk cara kerja keypad matrix 16×16. Berikut dibawah ini beberapa cuplikan materi yang kita berikan di hari-1.

LED Menyala berkedip-kedip

Tampilan “Saya keren” di LCD 2×16 karakter

Aplikasi 4×7segmen

Percobaan dengan pushbutton dan LCD

Percobaan dengan keypad matrix 16×16

Pelatihan di hari-2 akan membahas tentang ADC dan komunikasi serial, stay tuned…! Untuk informasi lebih lanjut (termasuk program2 pelatihan lain dan berikutnya) silahkan hubungi:
  • Anto (081802732491)
  • Ibnu (085236874409)
Jangan sampai tidak kebagian!

Revolusi Internet

Tags: , ,

14 Responses to “Hari-1: Pelatihan Mikrokontroler AVR”

  1. ooo…

    sudah naik publikasi..

    ayo silahkan daftar!! tempat terbatas..

  2. eh… ikutan aja temen2…

    saya dah ikutan tahun lalu, ilmunya luar biasa… harganya sangat murah dibandingkan dengan ilmu yang akan diperoleh… luar biasa!

    dah dech buruan aja daftarnya apalagi dapet voucher konsultasi 2juta…
    luar biasa…

    thanks pak Agfi…. sukses!

  3. Saya tertarik dan ingin ikutan pelatihan tapi di UGM Yogja jauh di tempat tinggal saya yg ada di Banten. Saya Usul bagimana kalo diselenggarakannya 2 x pertemuan atau 2 hari, sehingga tidak lama berada di Yogja biar irit akomodasi bagi yg berada diluar daerah.

  4. usul yang bagus…
    okey akan kita usahakan untuk angkatan berikutnya…
    terima kasih…

  5. mas Kusnan, sebaiknya buat aja in Banten training…
    kumpulin temen2, bahas harga, tempat dan akomodasi dll terus hubungin Anto ato Ibnu (sebagai EO-nya) untuk planning berikutnya…

    pak Agfi sudah okey kok…

  6. Mari-mari silahkan daftar…

    Ga akan rugi kok… dengan berbagai fasilitas apalagi didukung co trainer yang cakep dan berjam terbang tinggi…

    Kami tunggu partisipasinya… tempat terbatas so buruan daftar…

    Banten? hehehe… boleh tuh… ternyata banyak peminat luar kota juga ya?

  7. Wewwww………. Kang anang udah naek daonnnn… liat aja kang, technovision udah ada saingannya…wewewewewekkkkkk…

  8. aku boleh daftar kang???? aku pengen buat AVR untuk menembus ruang dan waktu… Time is mechine no time mechine or no die 4 time is mechine… alah mbuh aku ora biso moco boso inggris ki….

  9. mau tau lebih jauh ttg Proteus dunk, klu bisa tolong upload tutorial membuat rangkaian digital Traffic Light, Counter, Keypad Matrix, dan Running LED, thanks…

  10. aduh ketinggalan nih. kira kira kapan lagi ya diadakan lagi tolong infonya dong mas Agfi

  11. selamat siang pak, kalau mikrokontroler kelas 32 bit, seperti AVR32, ada trainingnya gak pak, saya berminat.

    briliant-bandung

  12. Salam kenal..

    Cuma mau memperkenalkan produk pelatihan atau praktikum mikrokontroller.
    Jika berkenan silahkan.
    http://WWW.PayZ-store.blogspot.com

  13. Pagi pak agfi…

    Website terbaru saya ada di sini : http://training-mikrokontroler.com/

    Salam

Trackbacks/Pingbacks

  1. Mau USB AVR Downloader gratis?!

Leave a Reply

You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>