Sekilas tentang OPC

  • OPC menstandarisasi komunikasi data kontrol proses
  • OPC menstandarisasi teknologi, bukan sebuah produk
  • OPC menyediakan interoperabilitas dan skalabilitas sesungguhnya
  • OPC bisa mengurangi waktu dan ongkos implementasi

Tujuan dari OPC adalah menyediakan sebuah infrastruktur standar untuk pertukaran data kontrol proses. Misalnya, pabrik biasanya memiliki berbagai macam sumber data seperti PLC, DCS, basisdata, meteran, RTU dan lain sebagainya. Data-data ini tersedia melalui berbagai macam koneksi yang berbeda-beda, misalnya, serial, ethernet, atau bahkan melalui pemancar radio. Sedangkan aplikasi kontrol prosesnya bisa menggunakan berbagai macam sistem operasi yang berbeda, seperti windows, UNIX, DOS, atau VMS.


Dulu, penjual (vendor) akan mengambil data-data ini untuk aplikasi mereka menggunakan antarmuka peralatan mereka sendiri. Data akan tersimpan dalam format kepemilikan (proprietary), artinya Anda hanya bisa mengakses data-data menggunakan perangkat lunak atau alat dari penjual yang sama yang telah disedikan. Setiap kali terjadi perubahan atau pengembangan, Anda perlu (dipaksa) mendatangi penjualnya (lagi).

Yang jelasn, OPC menstandarisasi suatu teknologi, bukan suatu produk. Dengan menggunakan standar OPC, data dapat dikirimkan dari berbagai macam sumber data ke aplikasi apapun yang memenuhi standar OPC. Aplikasi-aplikasi ini termasuk HMI atau Human Machine Interface, trender, spreadsheet, pengarsip data, aplikasi ERP (Enterprise Resource Planning) dan lain sebagainya.

OPC merupakan sebuah standar komunikasi yang menyediakan interoperabilitas dan skalabilitas sesungguhnya. Hal ini membolehkan Anda memvisualisasikan, menganalisis, melaporkan, atau melakukan apa saja yang Anda inginkan, melalui aplikasi dari pabrik mana saja menggunakan satu atau lebih spesifikasi OPC.

Dengan memilih teknologi standar OPC, Anda mengaktifkan interoperabilitas sesungguhnya, mengurangi ongkos implementasi, dan membuat sistem terskala penuh untuk masa depan.

Definisi OPC

OPC adalah sebuah standar industri untuk antarkonektivitas sistem. Yayasan OPC (OPC Foundation) mengatur semua spesifikasi OPC. OPC merupakan kependekan dari OLE for Process Control. OPC menggunakan teknologi COM dan DCOM-nya Microsoft untuk membolehkan suatu aplikasi menukar-nukar data dengan satu atau lebih komputer melalui arsitektur TCP/IP. OPC mendefinisikan sekumpulan antarmuka umum. Dengan demikian, aplikasi akan mengambil data dengan format yang sama, tidak peduli asal datanya, apakah dari PLC, DCS, penganalisa, perangkat lunak aplikasi, meteran, atau lainnya. Jadi, OPC adalah solusi komunikasi yang tinggal diambil, dipasang dan dijalankan.

Bersambung ke Bagian-2…

Sumber

  • Matrikon OPC Website;
  • OPC Foundation.

Tags: , ,

12 Responses to “Tutorial OPC (Bagian-1): Pendahuluan”

  1. Thanks Informasinya tentang OPC
    Saya Di pabrik lagi membangun sistem OPC, doain ya semoga berhasil.

    Best regards
    http://program-plc.blogspot.com/

  2. okey, semoga sukses!

  3. Wah, kebetulan di blog saya juga bahas tentang OPC Pak Agfi.. Kayak janjian saja ya :)
    Btw sudah pernah implementasi OPC langsung? Kalo iya bisa nanya - nanya juga dong.. :)

    1 lagi pak, rahasianya bisa posting hampir tiap hari apa ya pak? SAya masih nyoba teratur 1 minggu sekali saja sulit, gak ada waktu..

    Trims pak.. Sukses selalu

  4. oooo iya ya…
    selama ini OPC saya pake untuk integrasi SCADA (smentara ini sering pake Intouch)
    atau HMI ke pemodelan (scilab, matlab) maupun pake VB juga bisa (kepware)

    posting sudah saya target min 3 artikel/minggu - komitmen kuat…
    itu aja…

    sukses juga buat mas Handy…!

  5. Wah menarik sekali pembahasannya mas.
    Ada yang ingin saya tanyakan tentang OPC mas, saat ini saya sedang melakukan pengimplementasian SCADA, akan tetapi saya masih baru untuk hal ini. Pada awal pengimplementasiannya protocol OPC yang digunakan adalah MLDP, yang kemudian diganti menjadi MODBUS karena keterbatasan bandwidth.
    Yang ingin saya tanyakan, MLDP itu apa ya?apa kelebihan dan kekurangannya, dan bagaimana prinsip kerjanya?

    Terima kasih mas, mohon pencerahannya.

  6. salam kenal mas..
    perkenalkan saya fajar,,
    mau nanya kalo mau mensimulasikan HMI tanpa PLC bisa ga mas? Bagaimana caranya?
    HMI nya saya buat pakai software intouch wonderware dan program PLC nya pakai RSLogix 500.
    terima kasih atas perhatiannya…

  7. nice info

  8. bapak, saya rencananya mau ngambil tema judul sekitaran OPC interface nya pake HMI. kalo seandainya sumber nya hari dari PLC aja, masih boleh menggunakan OPC ngk pa?
    ada contoh penerapan secara real nya ngk pak? terimakasih :)

  9. Salam kenal pak Agfi,

    Saya ingin menggunakan OPC untuk mengcapture data dari PLC ke Excel (menggunakan DDE Link) dan sebaliknya menulis sebuah value dari excel ke PLC tsb.

    Software OPC apa yang perlu saya install?
    Saya menggunakan modbus TCP/IP

    Terimakasih & Salam,
    Rony Kurniawan.
    HP: 087 87 86 45670

Trackbacks/Pingbacks

  1. Komunikasi Intouch ke Serial Port via OPC « fleXible miNd
  2. 5 Barriers to System Interoperability | DSP & Embedded Electronics
  3. 5 Keys to Mastering OPC Integration | DSP & Embedded Electronics

Leave a Reply

You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>