Buku ini ditujukan bagi mereka yang ingin memanfaatkan mikrokontroler tipe CISC yaitu AT89C51/52/55 (seri AT89 dari Atmel, Inc.) dalam aplikasi pengontrolan elektronik, termasuk untuk mendapatkan income atau penghasilan. Selain itu juga dalam rangka memperkaya pustaka nasional dalam bidang elektronika maupun sistem elektronika.

Buku yang terdiri dari 7 bagian ini mengupas tuntas AT89C (sudah obsolette diganti dengan seri AT89S) atau AT89S mulai dari awal tentang arsitektur dasar keluarga AT89 atau seri MCS-51, set instruksi (termasuk cara pengeditan program hingga siap untuk disimpan ke dalam Flash PEROM AT89C), port paralel (termasuk karakteristik dari masing-masing port) dan aplikasinya, karakteristik timer (pewaktu) dan counter (pencacah), port serial dan penanganan sistem interupsi. Semua disertai dengan contoh aplikasi dan penjelasan dengan bahasa yang mudah dipahami.

Program mikrokontroler disimpan ke dalam Flash PEROM-nya AT89, sekaligus bisa juga dihapus, keunggulan ini dapat dimanfaatkan sebagai sarana belajar mikrokontroler, karena tidak memerlukan memori program luar seperti EPROM maupun EEPROM, yang membutuhkan peralatan pengisian dan penghapusan yang merepotkan. Sehingga pada bagian terakhir dibahas secara singkat pembuatan alat untuk mengisi (sekaligus menghapus) program dari mikrokontroler AT89 menggunakan Pemrogram Easy Downloader 2.2, selain itu buku ini dilengkapi dengan CDROM yang berisi dokumentasi lengkap Pemrogram Easy Downloader 2.2 dan program pendukung untuk kompilasi dan informasi lainnya.

Alternatif lain untuk mengisi program ke mikrokontroler AT89S adalah dengan rangkaian dan program ISP (In System Programming) sebagaimana rangkaiannya bisa dilihat disini dan programnya bisa diunduh disini.

Anda bisa mendownload daftar isi dan/atau contoh bab yang ada di buku ini… monggo…

KLIK DISINI UNTUK PEMBELIAN ONLINE

Tags: , ,

47 Responses to “Belajar Mikrokontroler AT89C51/52/55: Teori dan Aplikasi, Edisi 2”

  1. bisa minta satu gak

  2. @Hanendyo: silahkan hubungi penerbit Gava Media Yogyakarta 0274-558502 atau di toko2 buku di kota Anda, tnggal 4-9 Agustus 2009 ada pameran buku (+diskon) di JEC, Yogyakarta

  3. CDROM yang menyertai buku ini tidak ada, jad bagaimana cara saya mendapatkan CDROM ini mas?

  4. Salam kenal,Saya pembaca buku “Belajar Mikrokontroler”,saya mo nanya ada gak buku bagus tentang bahasa pemrograman pada Mikrokontroler dari yang Mikrokontroler lama sampai terbaru?Trim’s
    Tlg jwb secepatnya…

  5. @andit:
    kalo yang ditanyakan persis seperti itu, setahu saya belum ada… biasanya ditulis untuk mikrokontroler tertentu bukan untuk semua mikrokontroler, saya tidak bisa membayangkan berapa tebalnya buku tsb… he he he..

  6. salam kenal, saya lagi mencari penjelasan lengkap ttg aplikasi mikro at89s51 pada metal detektor.. ada yg bisa membantu kah?? thx b4.

  7. kalo ngarang buku jangan dicomot-comot pak
    lebih baik translate dari aslinya aja
    biar mahasiswa gak kesasar
    di internet banyak sekali
    jadi bukunya biar bermutu

  8. @Paijo:
    terima kasih mas Paijo , btw terima kasih atas masukannya. Memang betul buku hasil comot2 dari berbagai handout kuliah saya sendiri, alhamdulillah datasheet at89 juga saya translate supaya lebih banyak lagi generasi di Indonesia yang mengenal potensi luar biasa dari mikrokontroler, alhamdulillah sudah banyak sekali yang mendapatkan manfaat dari buku saya (juga buku2 teman saya lainnya)….

  9. @Mas Paijo:
    Mungkin anda dilahirkan jadi kritikus yang pedas, tapi sepengetahuan saya kritikus yang bagus adalah yang telah membuktikan hasil karyanya bukan sekedar OMDO (omong doang). Cobalah hargai karya orang lain.

    Kritik @Mas Paijo:
    Mana karya anda ….? supaya dapat saya kritik.
    Atau anda ingin bertanding berapa banyak & berapa bermanfaat hasil karya anda untuk masyarakat? Saya tunggu anda di adhopraz@yahoo.com

  10. dasar paIJO NDAK TAHU APA2 KAMU BARU BISA DCS AJA SOMBONG, ITUPUN SUKUR2 KALO TAHU. KALAUPUN TAHU PALING TRAINING DULU. PAKE UANG PERUSAHAAN LAGI. DASAR.
    motorlistrik@yahoo.co.id

  11. ada nda yah buku yang ngebahas tuntas tentang cara pemerograman trafick light yang sistem wireless ato apalah yang penting dari nol sampe mahir….klo ada ku minta tolong biar aku juga ngrti

  12. @odi: sudah saya japri…

  13. pak saya ingin tanya…downloader untuk at89c55WD gimana ya pak? tlg jawabannya secepatnya.terimakasih

  14. asslmqm pak,,saya jujur baru mengenal mikrokontroler dan saya sngat tertarik untuk mempelajarinya,,saya sedikit punya dasar di elektro tapi masalah digital / bahasa mesin saya nol pak,,mohon saranya dan kalau ingin belajar sendiri dengan buku-buku anda saya baiknya beli yang mana pak?? trims,,,,,tolong balasannya,,,bagi temen2 yang mau kasih masukanya yaa,,,,asslmqm,,,
    sambelkorut@yahoo.com

  15. @muhammad:
    sebaiknya beli dulu yang “Belajar AT89C51/52/55 Edisi 2″ karena disana dibahas mulai dari pemrograman asm pada AT89 hingga beberapa contoh aplikasi berkaitan dengan fasilitas2 yang dimiliki AT89, terima kasih…

  16. @marga:
    bisa dicek di ATMEL 89 Series Flash Microcontroller Programmer Ver 3.0.

  17. maaf apa buku di atas ada di GRAMEDIA??

  18. @muhammad:
    Insya Alloh ada, jika tidak ada silahkan langsung pesan online saja di http://www.gavamedia.net/?158,.....plikasi%29

  19. Pak …untuk buku “Belajar AT89C51/52/55″ untuk versi pemrograman C, apa sudah ada. Kalo sudah ada apa bisa kita dapatkan di toko-toko buku ? gramedia dll. thanks … atau langsung hubungi pak agfi ?

  20. Salam kenal pak Agfi.
    Aduh jadi serasa nostalgia lihat buku ini. Sebelumnya terima kasih sekali pak atas bukunya. Buku ini jadi acuan dan bahan latihan saya selama saya kuliah. Bahkan ketika TA, buku ini jadi referensi utama.
    Begitupun buku PLC-nya, saya otodidak OMRON dari buku pak Agfi juga. Terus berkarya pak Agfi. sekalian minta ijin untuk mencantumkan blog ini di blogroll saya.

    salam

    Tresna
    electromation.blogspot.com

  21. Assalamu’alaikum Wr. Wb
    saya saat ini sedang belajar Mikrokontroler secara otodidak dengan buku dengan modul2 mikrokontroler. buku bapak belajar mikrokontroler AT89C51 menggunakan bahasa bascom atau C ? karena untuk tahap awal saya lihat lebih mudah dengan Bascom. Buku karangan Bapak yang menggunakan Bascom ada pak ?
    terima kasih

  22. @hafidzah:
    buku saya ini menggunakan assembly language, yang bascom nanti ada di buku saya ke-8 (sebagai BONUS), saat saya tulis comment ini sedang dalam proses cetak dari penerbit Gava Media, Yogyakarta.

  23. @trigas:
    silahkan cek di Gava Media, Yogyakarta (klik saja LINK INI)

  24. Assalamualaikum warahmatullah
    Yth.P Agfi,
    Saya Ayyub dari balikpapan.
    Alhamdulillah saya banyak mendapat manfaat dari buku bapak diatas (Masya Allah),suatu ketika saya hendak membuat program untuk mengontrol input PLL yang mengunakan dip switch(penentu frekuensi pancar) rencananya saya ganti dengan output dari port At89c51 sekaligus saya tampilkan posisi dip switch yang telah diganti dengan keluaran At89c51 tersebut pada 7 segment dengan kontrol up/down frekuensi menggunakan int-0 dan int-1 ,namun saya mengalami kendala yakni pada saat setelah memilih up/down frekuensi yang diinginkan kemudin rangkaian pengontrol di matikan maka posisi dip swicth dan display frekuensinya tidak bisa tersimpan sesuai dengan yang telah kita inginkan. mohon solusinya Pa Agfi,bila tidak keberatan mohon no telp yang bisa di hubungi.

    Terimakasih banyak
    jazakallhu khairan

    yoube.wijaya@gmail.com

  25. aku pingin bisa mikrokotroler…
    dari dasar sampai profesional…
    ada info..gak????

  26. ASS.

    Salam Kenal Mas….

    Saya Kepingin Mendalami mikrokotroler

    pembuatan prongram

    sampai bisa membuat perintah-perinta pada Ic mikrokotroler

    Buat dong buku.
    yang di sertai Contoh Lengkap pembuatan prongram
    dan jelaskan do IC yang mana input dan autput nya.

  27. @arfah: silahkan mempelajari melalui buku saya ini, pemesanan online bisa di http://www.gava-media.net

  28. alhamdulillah saya sudah punya bukunya 5-6 tahun yang lalu mas..salam kenal..

  29. Salam hangat,Mas saya baru belajar avr mohon bantuannya,ada ngak buku avr menggunakan bahasa c yang isinya contoh program basic saja dulu, seperti menggunakan tombol dengan on delay atau off delay seperti segampang plc”sulit”saya ngeblank,yang saya baca tidak dibahas,selama ini yang sy baca tombol ditekan on,dilepas off,saya sudah banyak membeli training kit tapi mentok di program,mau kursus waktunya ngak ada,mohon pencerahan mas,mohon maaf,trimakasih.

  30. Salam hangat,Mas saya baru belajar avr mohon bantuannya,ada ngak buku avr menggunakan bahasa c yang isinya contoh program basic saja dulu, seperti menggunakan tombol dengan on delay atau off delay seperti segampang plc,sulit,saya ngeblank,yang saya baca tidak dibahas,selama ini yang sy baca tombol ditekan on,dilepas off,saya sudah banyak membeli training kit tapi mentok di program,mau kursus waktunya ngak ada,mohon pencerahan mas,mohon maaf,trimakasih.

  31. Salam Kenal Pak Agfi..!!!

  32. Sy dh pny yg bk ver.1 bedany dgn ver.2 ni ap pak,.

  33. ada artikel led matrix yang lengkap gag?

  34. mas pa masih ada buku ini?
    mikro nya apa msih ada yg jual dpsaran?

  35. @romi: masih ada/dijual di toko2 buku…. atau bisa langsung pesan online di penerbit-nya…

  36. ok makasih info nya pak.

  37. file daftar isi dan/atau contoh bab ga bisa di download??

  38. salam kenal mas…. saya baru sadar trnyata mas agfi ini penulis buku belajar mikro atmel cover merah ada CDnya ya?? saya belinya kl g salah tahun 2002-2005 di gramedia jember.

    wah mantap sekali mas… kl bgitu saya bisa berguru langsung nih lewat blog mas agfi. SUKSES

  39. sepertinya bagus pak bukunya

  40. pak apakah bukunya masih tersedia?

  41. thank you for sharing it’s so helpful

  42. terimakasih sangat membantu

  43. Here is a good Weblog You might Come across Fascinating that we Encourage You

  44. Enjoyed studying this, very good stuff, thanks.

  45. Konten halaman artikel ini, saya menemukan konten yang cukup menarik dan bermanfaat bagi saya, terima kasih telah berbagi

Trackbacks/Pingbacks

  1. LED Blink! AT89 (AT89LS53) vs. AVR (ATMega32)
  2. Buku mikrokontroler | Lipotrez

Leave a Reply

You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>