Pernahkah Anda bayangkan menghubungkan antara satu HP dengan HP lain baik dari merek atau tipe yang sama atau berbeda sama sekali? Bukan melalui bluetooth? Atau ingin mencetak foto dari HP langsung ke printer tanpa melalui PC atau bleutooth? Atau antara kamera digital dengan printer digital?

Saat ini sudah banyak pengguna yang cenderung memiliki keinginan atau kebutuhan untuk menghubungkan piranti-piranti bergerak (mobile devices) dengan periferal-periferal mereka. Hal ini dilakukan dengan berbagai cara atau metode termasuk penggunaan dock, dongle, slot-slot, konektor-konektor khusus dan 7 macam teknologi kartu (card technologies) yang ada saat ini. Tentu saja cara-cara tersebut menjadi sangat ribet dan rumit jika sudah melibatkan beberapa piranti sekaligus. Untuk mengatasi hal tesebut, beberapa produsen HP (mobile phone) dan PDA telah bekerja-sama untuk mengembangkan sebuah standar teknologi yang berbasis pada spesifikasi USB yang sudah populer yang kemudian dimodifikasi khusus untuk aplikasi-aplikasi mobile. Hasilnya berupa USB On-The-Go (OTG).

USB OTG merupakan tambahan pada spesifikasi USB versi 2.0 untuk meningkatkan kemampuan piranti-piranti bergerak dan periferal-periferal USB dengan menambahkan fungsionalitas host untuk koneksi periferal USB. Karena USB tradisionil hanya terdiri dari topologi host-periferal, artinya PC sebagai host dan periferal relatif sekedar sebagai piranti bebal (dumb device), maka fitur baru ini memperbaharui teknologi USB standar untuk piranti bergerak. Fitur-fitur baru tersebut antara lain:

  • Sebuah standar baru untuk bentuk konektor dan kabel kecil USB
  • Tambahan kemampuan host untuk memproduksi, yang selama ini dilakukan oleh periferal saja, untuk mengaktifkan koneksi P2P atau point-to-point
  • Kemampuan sebagai host sekaligus sebagai periferal (dual-role device) dan bisa di-switch secara dinamis.
  • Kebutuhan daya yang rendah untuk memfasilitasi USB pada piranti-piranti yang menggunakan baterei.

USB OTG Diumumkan pada tanggal 18 Desember 2001 oleh USB Implementers Forum. Teknologi USB OTG membolehkan para vendor membuat piranti-piranti yang mampu koneksi dengan berbagai macam piranti-piranti USB yang sudah dipasarkan saat ini. Lebih dari 1.4 juta PC dan periferal yang dilengkapi USB dipasarkan, dan koneksi dengan alat-alat tersebut merupakan alasan utama USB OTG banyak diadopsi.

Tanya-Jawab

  • Mengapa USB OTG perlu dikembangkan?
    Produk-produk portabel saat ini, seperti HP, kamera digital dan lain-lain yang saat ini konek ke PC sebagai periferal USB akan mendapatkan keuntungan bisa konek dengan piranti-piranti USB lainnya secara langsung. USB OTG mendefinisikan suatu cara bagi piranti-piranti portabel, melalui sebuah konektor mini, bisa berhubungan langsung dengan piranti-piranti USB tanpa perantaraan Komputer.
  • Apakah USB OTG harus ada di kedua produk agar bisa konek dan beroperasi?
    Tidak, produk-produk USB OTG akan bisa dikoneksikan ke semua komputer, dan akan memiliki fungsionalitas host untuk berhubungan dengan periferal USB yang sudah dipasarkan hingga saat ini.
  • Apakah USB OTG menghilangkan kebutuhan akan PC?
    Tidak juga. USB OTG justru memberikan pilihan atau opsi apakah akan dihubungkan langsung ke piranti USB lainnya atau ke komputer untuk proses-proses lebih lanjut.
  • Bagaimana perbandingan USB OTG dengan BlueTooth? Apakah merupakan persaingan?
    USB OTG merupakan bagian komplementer dari Bluetooth. USB OTG membolehkan koneksi ke lebih dari 1.4juta piranti-piranti USB yang telah dipasarkan hingga saat ini (selama sekitar 7 tahun). USB OTG menawarkan peningkatan unjuk-kerja pengiriman/penerimaan data. USB OTG menjadi tambahan opsi koneksi selain Bluetooth yang saat ini sudah hampir selalu ada di piranti-piranti USB.
  • Apa yang terjadi jika kita hubungkan dua alat USB OTG dual-role?
    Saat dua piranti dual-role dihubungkan bersama melalui kabel, kabel akan menetapkan default host dan periferal. Jika sebuah aplikasi membutuhkan pengalihan-balik (the roles need to be reversed), maka HNP (Host Negotiation Protocol) akan menyediakan jabat-tangan (handshake) yang akan melakukan fungsi tersebut. Proses ini, tentu saja, akan tidak terlihat bagi pengguna.
  • Bagaimana cara mendapatkan informasi tambahan lainnya?
    Silahkan kunjungi http://www.usb.org/onthego.

Semoga bermanfaat…

Tags: , , , ,

10 Responses to “USB On-The-Go: Pendahuluan”

  1. Informasi tambahan bisa dibaca artikel atau presentasi USB for portable devices (PDF)

  2. Pak, saya mau tanya. Kalo USB OTG apakah kontrolernya harus support sebagai Host? Bisa kah hanya menggunakan software stack?Saya berencana membuat mikrokontroler Atmel ATMega8535 sebagai USB OTG.
    Terima kasih

  3. mas boleh tanya g???
    saya sedang skripsi dengan judul “Aplikasi Pointing Otomatis Pada Antena Yagi 2.4GHz”
    gimana y mas ngukur signal usb wireless adapter tanpa menggunakan bantuan software netstumbler atau gimana klo mengukur dengan mikrokotroller avr atmega8535….
    kn komunikasi USB juga mas…
    klo bisa kirim ke email saya juga y mas
    ad_punkid@yahoo.com
    terima kasih banyak mas

  4. buat temen yang pengen interface AVR seri ap aj ke pc lewat protokol USb COba pake AVR cdc ?? mantap jaya bro !!!!

  5. Wah teknologi keren,

    tapi kapan ya muncul vendor ponsel (selain Nokia) pakai teknologi ini..
    soalnya saya membayangkan ngetik di HP lewat keyborad USB yang terbuat dari karet itu lho.. hahahaha. halah

  6. mantep ya :)

  7. Info yang bagus dan cukup jelas, saya sempat bingung apa itu OTG. ternyata disini bisa saya temukan jawabannya.

    Karena dalam Tips Memilih Android adanya device USB OTG itu sangat diutamakan.

  8. Yang jelas sangat membantu sekali USB in the go ini jadi lebih mudah koneksi segalanya.

  9. untuk instalasinya apa susah ga ini ya pak?

Trackbacks/Pingbacks

  1. Memulai Belajar Mikrokontroler - Quick, Easy and Harmless!

Leave a Reply

You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>