Nah sekarang saatnya melakukan pengujian sistem Mini2440 menggunakan berkas pengujian yang sudah dikompilasi menggunakan ADS sebelumnya. Kitapun bisa melakukan kompilasi sendiri tentunya. Intinya program pengujian yang disertakan dalam paket Mini2440 merupakan pengujian dengan tampilan laporan (hasil pengujian) atau interaksi melalui port serial, tidak menggunakan GUI pada touhscreen, karena, menurut saya nich, agar dapat digunakan secara umum terutama yang memiliki Mini2440 tanpa disertai LCD touchscreen.

Setelah dilakukan proses download berkas “2440test.bin” ke sistem Mini2440, maka ditampilkan menu yang ditunjukkan pada gambar berikut:

Pada saat menu tersebut ditampilkan, pada layar LCD 3,5inch ditampilkan gambar bunga matahari:

Ada 10 pilihan pengujian, tidak semuanya akan saya coba, yang pertama adalah pilihan 1 yaitu menguji fasilitas PWM, Pulse Width Modulation, untuk membunyikan buzzer yang terdapat pada Mini2440, secara visual hasilnya ditunjukkan pada gambar berikut (tombol ‘+’ dan ‘-’ pada keyboard PC masing-masing digunakan untuk menaikkan dan menurunkan frekuensi), sedangkan secara pendengaran hasilnya tidak terlalu bagus seperti biasanya kalau kita menggunakan buzzer:

Kemudian pengujian kedua adalah menu 2 (RTC Time display), yaitu pengujian pembacaa RTC dan menampilkan hasilnya melalui terminal port serial di PC, berikut gambar hasilnya:

Pengujian yang saya lakukan berikutnya adalah 5 (Touchpanel), yaitu pengujian touchscreen dan menampilkan hasil penyentuhan touch screen ke terminal port serial PC, melalui touchscreen LCD 3,5″ saya sentuh-sentuh menggunakan jari dan berikut hasilnya:

Sedangkan rangkaian dalam sistem mini2440 yang menangani LCD saya tunjukkan sebagai berikut:

Dan yang menarik disini adalah pengujian ADC, karena akses ke potensiometer (yang ada dibawah LCD) terlalu sulit, saya tidak sempat merubah-rubah posisi atau nilai dari potensiometer tersebut, btw ini dia hasilnya (nilai tentunya tidak berubah alias konstan):

Terakhir saya coba masukkan SD Card ke slot SD Card di Mini2440 dan saya coba untuk menjalankan menu 9 (SD Card) hasilnya sebagai berikut:

Rangkaian untuk antarmuka SD card-nya:

Wah, ternyata okey juga, cuman saya masih perlu melihat source code dari 2440test-nya untuk melihat pustaka (khususnya Samsung S3c2440) yang terkait dan belajar cara mengakses berbagai macam periferal yang ada di Mini2440. Oya, DVD yang disertakan dalam paket penjualan, pernah juga saya cari internet, tidak disertakan GUI development software, ya untuk merancang GUI Touchscreen 3,5inch-nya, artinya kita disuruh merancang sendiri, dalam bahasa C, begitu mestinya… weleh-weleh…

Intinya ada beberapa hal yang masih perlu saya pelajari lebih lanjut, mengingat banyak periferal yang bisa kita manfaatkan untuk pengembangan aplikasi-aplikasi baik menggunakan OS maupun tidak, antara lain:

  • Bagaimana melakukan komunikasi serial dua arah antara Mini2440, S3C2440 khususnya, dengan PC;
  • Bagaimana memanfaatkan chip Audio Codec yang tersedia di sistem Mini2440;
  • Bagaimana melakukan antarmuka dengan fasilitas SD Card, buzzer, NAND dan NOR Flash yang tersedia, LED, tombol, dll;
  • Mempelajari Embedded Linux (mengapa tidak Windows CE? Karena mbayar!);
  • Penjajagan kemungkinan ide-ide yang ada dalam benak saya terutama untuk berbagai macam aplikasi Consumer Product (Digital TV, Home Network, dan lain sebagainya);
  • Dan masih banyak lagi yang bisa saya lakukan dengan alat yang satu ini, terutama kepikiran untuk mengimplementasikan Samsung S3C2440 dengan ARM9 Based untuk aplikasi on-board sattelite controller maupun on-boad data handling, kebetulan tanggal 19 Oktober 2009 saya menjadi salah satu pembicara di Workshop INSPIRE yang diselenggarakan atas kerjasama EEPIS ITS dan TU Delft, Netherland (paper akan saya upload minggu depan, Insya Allah).

Dan satu lagi, lakukan instalasi CodeWarrior for ARM Developer Suite (disediakan dalam DVD paket) atau menggunakan yang dari ARM yaitu RealView Development Suite, karena saya bisa melihat contoh project-project yang disertakan dalam DVD dan tentunya bisa mempelajarinya, dan tentunya belajar menggunakan ADS-nya itu sendiri, gampang kok! Sekali lagi belum saya temukan dokumentasi lengkap untuk produk Mini2440, walaupun ada yang dalam bahasa Chinesse, itupun juga kelihatan tidak terlalu lengkap. Untuk tutorial lengkap dalam bahasa Inggris, Anda bisa mengunduhnya di http://www.thaieasyelec.com/Free-Service-from-ThaiEasyElec/ARM9-mini2440–micro2440-FriendlyARM-Tutorial.html.

Bersambung…

Tags: , , , ,

11 Responses to “Pengalaman Pertama pake Mini2440 (Jilid-3)”

  1. Makasih banyak pak infonya….
    Sangat bermanfaat sekali untuk referensi Embeded Systems development.

    Ditunggu riset berikutnya :)

  2. Makasih atas informasinya Pak..
    Busyet,,,lama ga buka mikro ee udah ada yang muantep kayak gini…
    gimana rasanya programming pke ini yaaa…

    Jadi penasarann….

  3. pak saya mahasiswa TE 06, kira2 klo mau ngembangin SBC mini2440 ini untuk TA saya yaitu mengenai apliaksi SBC untuk HMI gimana ya pak??

    kira2 program visual GUInya bisa dibuat ga ya pak?? thx
    terus untuk jaringannya pake wireless perlu da tambahan modem eksternal apa pak??

  4. Mohon info bagaimana suatu mikrokontroller outputnya ditampilkan pada layar touchscreen. Koneksinya bgmn?terima kasih.

  5. @fajar:
    maaf baru szempat bales - bisa saja tapi kurang praktis karena HMI banyak membutuhkan resource yang besar…

    @iqbal:
    terlalu kompleks untuk saya jelaskan disini, maaf…

  6. Salam Bp. Agfi,

    Senang melihat Bp. berkutat dengan Mini 2440.

    Sekedar menebar pesona di sini :-), incase ada yang berminat dengan Mini 2440, boleh mampir di http://www.robocellar.com ya?

    Terima kasih.

  7. Sekedar share ternyata ada samsung mini2440 seharga 1,2jt.. kunjungi http://www.kontri-electronics.com. semoga bermanfaat.

  8. mau nanya mengenai mini 2440 dibalik layar LCD terdapat 1GB apakah ini 1GB NAND Flash atau apa?

    Dan berikutnya mini 2440 yang saya beli ini menggunakan LCD w35 3.5″, saya coba komunikasi dengan serial dan boot diNOR kan masih black screen dan tidak respon apa2 dihyperterminal? mhn informasi ini apakah kendalanya?

    Salam,
    Iqbal

Trackbacks/Pingbacks

  1. Memulai Belajar Mikrokontroler - Quick, Easy and Harmless! | DSP & Embedded Electronics
  2. On-Board Satellite Controller using ARM Based Microcontroller
  3. Empat Jagoan MotoGP Main Film | motogpnews.biz

Leave a Reply

You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>