Jika sebelumnya banyak yang bertanya tentang downloader untuk AT89S, maka, alhamdulillah, saya sudah mendapatkan sumber informasi untuk rangkaian serta perangkat lunak downloader mikrokontroler AT89 dan sekaligus AVR.

Berikut ini rangkaian (gratis) yang dapat digunakan untuk mendownload program-program AT89S Anda melalui USB. Yang dibutuhkan adalah mikrokontroler AVRTMega8 sebagai kontroler-nya (sama atau mirip dengan USBASP).

ATMega8 memang tidak dilengkapi dengan fasilitas USB sebagaimana seri-seri AT90USB dari Atmel, sehingga program atau firmware USB telah disiapkan (lihat pada bagian Unduh). Firmware ini dibuat oleh Fischl dan tersedia di http://www.fischl.de/usbasp/, hanya saja firmware ini hanya mendukung untuk downloade mikrokontroler AVR saja (lihat ulasan-nya disini), sehingga perlu dimodifikasi sehingga bisa mendukung mikrokontroler seri AT89S.

Rangkaian ISP ke AT89S

Mendukung Mikrokontroler

  • AT89S51, AT89S52, AT89S53, AT89S8252, AT89S8253, AT89S2051, AT89S4051

Prosedur

  1. Download file HEX ke ATMega8;
  2. Hubungkan rangkaian ISP AT89S ke rangkaian induk;
  3. Ingat untuk memasang catu daya dan kristal ke rangkain AT89S-nya;
  4. Hubungkan perangkat ISP downloader ke komputer (instal driver jika baru pertama kali)

Unduh

Semoga bermanfaat, amin!

Tags: , , , ,

34 Responses to “Downloader untuk AT89S dan AVR!”

  1. wow..makasih pak, saya sudah lama mencari link rangkaian+firmware untuk membuat downloader AVR yg support 89SXX…akan saya coba untuk membuatnya…

  2. @nugroho:
    iya sama-sama, ntar share disini ya, soalnya saya belum sempet coba…
    terimakasih sebelumnya…

  3. untuk sisi minimum 8051 jika rangkaian auto reset nya dipasang saya sudah pernah nyoba. ic ngga bisa di download. tetapi ketika rangkaian auto resetnya di lepas ic bisa di program,

  4. kalau saya coba pakai downloader USB K-51 punya yang saya beli, Elco reset nya yang biasa 10uF diganti 1uF dah lancar. dicopot juga bisa, tapi pakai nilai 1uF bisa read signature.
    Bawaan nya K-51 pakai 1uF juga.

  5. Sekedar share, saya kemarin sudah membuat USB Downloader. Dari sumbernya support AVR dan AT89S.

    Saya sudah mencoba pada AVR (compiler menggunakan codevision avr), berhasih dengan sempurna,.. tapi untuk AT89S saya belum mencobanya sendiri,..

    bagi yang tertarik silahkan kunjungi :
    http://link-elka.blogspot.com/.....art-1.html

  6. Maaf mas, saya masih belum mengerti ttg gambar rangkaian di atas.. soalnya saya msh awam bgt ttg mikrokontroler, bisa dijelaskan lebih lanjut? Yg ke target uC AT89SXX nya yg mana? Yg JP2 itu apa? Lalu maksud dari J1, J2 dan J3 itu apa ya?
    Mohon dijelaskan..
    Thanks..

  7. @yogi:
    yang ada pin MOSI, MISO, RESET dan SCK (plus GND dan/atau VCC)
    J2: jumper untuk memberikan VCC pada konektor ISP
    J3: untuk reset programmer

  8. lalu rangkaian untuk membuat downloader parallel ATmega8nya bagaimana mas? ATmega8 nya khan harus di beri program dulu.. bisa di share?? makasi mas agfianto..

  9. Terima kasih pak wah ini sangat membantu saya…..terimakasih….!!!wah kalau ada waktu saya ingin sekali ditraining sama bapak untuk mikrokontroler dan PLC semoga bapak berkenan..!!

  10. oh iya pak kalau ada PCB disain yang siap untuk diunduh akan lebih membantu terimakasih..!!

  11. maas tanya mas file yang di download dari ling AVR Code: usb51.zip (108.71 kb)ini di gimanain mas??? maklum mas baru ni mas… thx ya mas

  12. mohon dijelaskan cara menggunakan software progisp untuk mendownload file hex ke at89s52.
    trims

  13. Maaf Mas, file progisp168.zip (843.50 kb)& usb51.zip (108.71 kb)tidak bisa d download. Saya sangat memerlukan file tersebut untuk membantu tugas akhir saya. Terimakasih.

  14. mas tanya, pin RXD dan TXD itu apa harus diconect ke ic targat juga?

  15. maaf..pak mau tanya…

    saya membuat untuk rangkaian usb nya jadi satu dengan rankaian minsys at89sxx nya. Saya pakai kristal 12 Mhz..saya shared untuk minsys at89sxx nya juga…
    ketika saya tidak atau belum memasang micro target nya ( at89s51), usbasp ini terdetk baik oleh pc ( dan berhasil instalasi driver nya ), namun ketika saya memasang micro target nya, kemudian saya colokin lg ke pc, malah Not Recognize”..kira2 permasalahan nya dimana ya???

    mohon temen2 juga mungkin yang pernah mengalami problem spt ini..mohon dibantu…

    terimaksih sbelum nya

  16. @ajib : pin Rx dan Tx…optional…tidak di hubungkan tidak menjadi masalah, yang penting MOSI,MISO,SCK,RST

  17. gan ada rangkaian minimum AT89SXX yang menggunakan USB,,
    soalnnya saya mau buat sendiri buat percobaaan

  18. pak, kalo untuk 89S53 or 89S8253 gak bisa, read signature selalu gagal. Kira-kira masalahnya di mana? Terimakasih..

  19. permisi numpang tanya ya…Pak
    saya gak punya PC yg ada port DB25 buat isp downloader, adanya leptop os win7×86 kalo pake usb to DB25 converter bisa gak ya…
    trimakasih…

  20. maaf ne saya bener2 g ngerti.,.
    tlong d jelasin semua’a fungsi2 j1,j2,j3.,.,
    terus cara memulai setelah rangkaian d koneksi k pc/laptop.,.,
    thx.,.,

  21. salam kenal bapak sy telah membeli downloader mikrokontroller USB ISP MKII DQ 51 USB ISP tp tidak bs digunakan padahal tuk driver udah tertanam dengan baik waktu execute chip programm selalu error di mode mohon dikasi penjelasan dan product apa yang ready to use

  22. Bs gak pak tuk at89s2051

  23. mas saya punya downloader atmega8-16pu sudah dikenali windows tetapi ketika akan memflash mikrokontroler at89s51 dengan progisp172. muncul tulisan chip enable program erorr, pada hal program sudah dikompil dgn mide51 no error….mohon bantuanynya mas…..trimakasih sebelumnya ….

  24. mas saya dah bikin tu downloader sudah bisa untuk download pgrogram ke atmega16 tapi setelah saya coba untu at89s51 kok gak suport salah di apanya..
    /

  25. gan, link downloadnya diupload lagi plis :(

  26. @Diaz: link yang mana?

  27. pak saya mau tanya kalo pake software kazama untuk mendownload program ke IC AT89S51.pilihan IC nya pake yang mana

  28. Saya sudah coba rangkaian usbasp download yang versi usbasp_gr didalamnya ada schematik + pcb dalam eagle. Pertama saya connect pc detect recognaze error. ternyata dalam rangkaiannya tidak memakai zener. setelah dipasang zener 3.6v barulah terdetect new harware. saya gunakan untuk memprogram AT89s52 dengan progisp172 memang muncul chip enable program error. kemudian saya searching lagi di internate untuk firmware yang support ke AT89Sxx. akhirnya dapat juga dan setelah dicoba kembali maslah masih sama. ternyata di progisp untuk At89Sxx kalau clik auto muncul error diatas, kemudian saya coba dengan menu command eksekusi satu persatu ( misal : erase, read, write flash ). alhamdulilah bisa berfungsi. terakhir saya test ke atmega8,usbasp berfungsi dengan baik semua menu di progisp tidak ada masalah. kesimpulannya : usbasp dengan progisp untuk AVR berfungsi baik. untuk AT89sXX di button autonya tidak berfungsi. Demikian pengalaman saya.

  29. mas bayu saya kok belum berhasil ya “masih keluar chip enable program error” itu firmware yg bisa at89sxx
    apakah yg main.hex kah…..saya memakai kristal 12 Mhz pada at89s52 apakh itu penyebabnya.

  30. Andrea Wirayudha
    April 8th, 2015 at 1:27 am

    itu bisa buat win 7 64 bit nggak

  31. mas link download frimware nya eror mohon di upload lg

  32. masih newbie banyak yang belom ngerti.
    intinya, jp1,jp2, jp3 itu apa. apakah tombol atau konektor?
    kalo konektor, itukan masing-masing jp ada 2 yang bisa dihubungin, trus dihubunginnya kemana aja?

  33. masih newbie banyak yang belom ngerti.
    intinya, jp1,jp2, jp3 itu apa. apakah tombol atau konektor?
    kalo konektor, itukan masing-masing jp ada 2 yang bisa dihubungin, trus dihubunginnya kemana aja?

  34. et dah udah kepencet 2 kali salah nanya. maksudnya j1, j2, j3. trus jp itu ic atau konektor. kalo konektor, tiap kakinya dihubungin kemana aja?

Leave a Reply

You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>