Pemantauan secara terus menerus akan membebani storage pada server, karena ukuran berkas video hasil rekaman akan sangat besar. Salah satu cara untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan membuat agar webcam hanya merekam pada saat-saat dibutuhkan saja. Contoh ‘saat yang dibutuhkan’ ini adalah saat seseorang memasuki ruangan. Karena itu dibutuhkan sebuah sistem pemantauan yang dapat melakukan deteksi gerakan pada suatu ruangan.

Dalam penelitian ini, masalah tersebut coba diselesaikan dengan merancang bangun sistem pemantau ruangan berbasis Komputer mini (Raspberry Pi). Sistem pemantauan ini dibuat menggunakan program motion. Program motion menangani deteksi gerak dan streaming, selain itu sistem juga dibuat agar dapat mengirimkan notifikasi saat terjadi gerakan melalui email. Untuk alasan keamanan dan backup data, sistem juga akan mengunggah video hasil rekaman ke Google Drive. Sistem terdiri dari 1 server dan 1 klien yang saling berhubungan menggunakan jaringan WLAN.

Sistem diuji kinerjanya dengan mengamati parameter frame rate video hasil rekaman. Sistem juga diuji kemampuan deteksi geraknya pada intensitas cahaya yang berbeda-beda. Dari pengujian didapatkan bahwa kondisi terbaik untuk sistem adalah pada ukuran frame 320×240 dengan intensitas cahaya lebih dari 8 lux.

[klik disini]

Tags: , ,

6 Responses to “Sistem Pemantauan Ruangan Dengan Server Raspberry Pi”

  1. Wah ternyata Raspberry dapat digunakan untuk sistem pemantauan ruangan ya pak

  2. thank u for sharing

  3. thank you for sharing. it’s so helpful

  4. i like this article, thank you for sharing.

  5. If you are looking for best hosting UK audience targeted websites, Bluehost may be the most reliable one. Bluehost web hosting is an ideal option for shared and WordPress hosting spaces. Being one of the oldest hosting giant in the game, Bluehost was founded in 1996 and running worldwide while UK based users may take the most advantages of Bluehost UK hosting. Bluehost is officially recommended by WordPress. When you choose WordPress as your website CMS and looking for wider online presence in UK, Bluehost is the right option to click for registration. While maintain a great relationship with their users, they have been hosting over 2 million sites worldwide.

  6. Great piece of news, I really appreciate the writer, keep sharing more.

Leave a Reply

You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>