Update 23 September 2011.

SCADA bukanlah teknologi khusus, tapi lebih merupakan sebuah aplikasi. Kepanjangan SCADA adalah Supervisory Control And Data Acquisition, semua aplikasi yang mendapatkan data-data suatu sistem di lapangan dengan tujuan untuk pengontrolan sistem merupakan sebuah Aplikasi SCADA!

Ada dua elemen dalam Aplikasi SCADA, yaitu:

  1. Proses, sistem atau mesin yang akan dipantau dan dikontrol - bisa berupa power plant, sistem pengairan, jaringan komputer, sistem lampu trafik lalu-lintas atau apa saja;
  2. Sebuah jaringan peralatan ‘cerdas’ dengan antarmuka ke sistem melalui sensor dan luaran kontrol. Dengan jaringan ini, yang merupakan sistem SCADA, memungkinkan Anda melakukan pemantauan dan pengontrolan komponen-komponen sistem tersebut.

Anda dapat membangun sistem SCADA menggunakan berbagai macam teknologi maupun protokol yang berbeda-beda.

Dimana SCADA Digunakan/Diperlukan?

Anda dapat memanfaatkan SCADA untuk mengatur berbagai macam peralatan. Biasanya, SCADA digunakan untuk melakukan proses industri yang kompleks secara otomatis, menggantikan tenaga manusia (bisa karena dianggap berbahaya atau tidak praktis - konsekuensi logisnya adalah PHK), dan biasanya merupakan proses-proses yang melibatkan faktor-faktor kontrol yang lebih banyak, faktor-faktor kontrol gerakan-cepat yang lebih banyak, dan lain sebagainya, dimana pengontrolan oleh manusia menjadi tidak nyaman dan/atau aman lagi.

Sebagai contoh, SCADA digunakan di seluruh dunia misalnya untuk…

  • Penghasil, transmisi dan distribusi listrik: SCADA digunakan untuk mendeteksi besarnya arus dan tegangan, pemantauan operasional circuit breaker dan untuk mematikan/menghidupkan the power grid;
  • Penampungan dan distribusi air: SCADA digunakan untuk pemantauan dan pengaturan laju aliran air, tinggi reservoir, tekanan dalam pipa dan berbagai macam faktor lainnya;
  • Bangunan, fasilitas dan lingkungan: Manajer fasilitas menggunakan SCADA untuk mengontrol HVAC, unit-unit pendingin, penerangan dan sistem keamanan.
  • Produksi: Sistem SCADA mengatur inventori komponen-komponen, mengatur otomasi alat atau robot, memantau proses dan kontrol kualitas.
  • Transportasi KA listrik: menggunakan SCADA bisa dilakukan pemantauan dan pengontrolan distribusi listrik, otomasi sinyal trafik KA, melacak dan menemukan lokasi KA, mengontrol palang KA dan lain sebagainya.
  • Lampu lalu-lintas: SCADA memantau lampu lalu-lintas, mengontrol laju trafik dan mendeteksi sinyal-sinyal yang salah

Dan, tentunya, masih banyak lagi aplikasi-aplikasi potensial untuk sistem SCADA. SCADA saat ini digunakan hampir di seluruh proyek-proyek industri dan infrastruktur umum.

Intinya SCADA dapat digunakan dalam aplikasi-aplikasi yang membutuhkan kemudahan dalam pemantauan sekaligus juga pengontrolan, dengan berbagai macam media antarmuka dan komunikasi yang tersedia saat ini (misalnya, Komputer, PDA, Touch Screen, TCP/IP, wireless dan lain sebagainya).

Mengapa Menggunakan SCADA?

Coba sekarang pikirkan tanggung-jawab atau tugas Anda di perusahaan, berkaitan dengan segala macam operasi dan parameter-parameter yang pada akhirnya mempengaruhi hasil produksi:

  • Apakah peralatan Anda membutuhkan Catu Daya, suhu yang terkontrol, kelembaban lingkungan yang stabil dan tidak pernah mati?
  • Apakah Anda perlu tahu - secara real time - status dari berbagai macam komponen dan peralatan dalam sebuah sistem kompleks yang besar?
  • Apakah Anda perlu tahu bagaimana perubahan masukan mempengaruhi luaran?
  • Peralatan apa saja yang perlu Anda kontrol - secara real time - dari jarak jauh?
  • Apakah Anda perlu tahu dimanakah terjadinya kesalahan/kerusakan dalam sistem sehingga mempengaruhi proses?

Pemantauan dan Pengontrolan secara Realtime Meningkatkan Efisiensi & Memaksimalkan Keuntungan

Tanyakan beberapa poin tersebut sebelumnya, saya yakin Anda akan bisa memperkirakan dimanakah Anda bisa mengaplikasikan SCADA. Bisa jadi Anda akan berkata lagi “Terus ngapain? So What?”. Apa yang sebenarnya ingin Anda ketahui adalah hasil secara nyata yang bagaimanakah yang bisa Anda harapkan dengan mengaplikasikan SCADA?

Berikut ini beberapa hal yang bisa Anda lakukan dengan Sistem SCADA:

  • Mengakses pengukuran kuantitatif dari proses-proses yang penting, secara langsung saat itu maupun sepanjang waktu.
  • Mendeteksi dan memperbaiki kesalahan secara cepat dan tepat.
  • Mengukur dan memantau trend sepanjang waktu.
  • Menemukan dan menghilangkan kemacetan (bottleneck) dan pemborosan (inefisiensi).
  • Mengontrol proses-proses yang lebih besar dan kompleks dengan staf-staf terlatih yang lebih sedikit.

Intinya, sebuah sistem SCADA memberikan Anda keleluasaan dalam mengatur maupuan mengkonfigurasi sistem. Anda bisa menempatkan sensor dan kontrol di setiap titik kritis di dalam proses yang Anda tangani (seiring dengan teknologi SCADA yang semakin baik, Anda bisa menempatkan lebih banyak sensor di banyak tempat). Semakin banyak hal yang bisa dipantau, semakin detil operasi yang bisa Anda pantau dan semuanya bekerja secara real-time. Tidak peduli sekompleks apapun proses yang Anda tangani, Anda bisa melihat operasi proses dalam skala besar maupun kecil dan Anda setidaknya bisa melakukan penelusuran jika terjadi kesalahan dan sekaligus meningkatkan efisiensi. Dengan SCADA, Anda bisa melakukan banyak hal, dengan ongkos lebih murah dan, tentunya, akan meningkatkan keuntungan!

Contoh Arsitektur SCADA

Next: Tutorial Scada-2: Bagaimana sistem SCADA bekerja?

Tags: , , , , , , , ,

37 Responses to “Tutorial SCADA (Bagian-1): Apa manfaat SCADA bagi Anda?”

  1. pertamax niy..:D
    wah… menarik infonya pak….
    ditunggu postingan selanjutnya..

  2. pak,,minta sotfware yang buat latihan scada dunkz….:D

  3. @yoyo: untuk latihan SCADA nanti bentuknya tutorial atau buku, sedang saya persiapkan, terima kasih…

  4. ok pak..terima kasih
    saya tunggu,,,,

  5. dian dwi rahmanto
    April 1st, 2009 at 2:08 pm

    YTH. Bapak Agfianto Eko Putra

    Assalamu’alaikum wr. wb.
    Pak,saya mahasiswa yang mengikuti matakuliah antarmuka yang Bapak ampu. Mohon dikirimkan via email source code tugas scada sederhana yang Bapak berikan kemarin.
    Sebelumnya saya ucapkan terima kasih dan mohon maaf jika ada kesalahan dalam penyampaian atau sesuatu apapun.
    Wassalamu’alaikum wr. wb.

    NB:diandwirahmanto@yahoo.co.uk

  6. Assalamu’alaikum wr.wb.

    Malem pak Agfi.
    Saya mahasiswa yang sedang mengambil mata kuliah antarmuka yang bapak ampu. Mohon dikirimkan Source Code SCADA yang bapak contohkan pada hari selasa kemarin (31 Maret) berkaitan dengan tugas SCADA yang bapak berikan. Sebelumnya saya ucapkan terima kasih.

  7. YTH. Bapak Agfianto Eko Putra

    Assalamu’alaikum wr. wb.
    Pak,perkenanlkan nama saya said, saya salah satu mahasiswa yang ingin memperdalam ilmu scada, terutama bagaimana cara mengetahui Trafik scada yang mengalir atau troughput Bwandwith yang digunakan oleh suatu sitem Scada. Mohon dikirimkan via email bagaimana cara dan metode untuk perhitungan trafik dan troughput bandwith Scada tersebut. baik dengan perhitungan fisik kapasitas RTU ataupun melihat trafik dari Console Routernya.

    Sebelumnya saya ucapkan terima kasih dan mohon maaf jika ada kesalahan dalam penyampaian atau sesuatu apapun.
    Wassalamu’alaikum wr. wb.

    email saya di : sai_mohsa6@yahoo.com

  8. @said:
    wa’alaikum salam wr wb
    saran saya, sebaiknya dibuat dulu sistem scada-nya, kemudian pada jaringan PC diberikan hardware atau software untuk melakukan pemantauan trafik maupun troughput bandwidth selama proses berlangsung…

  9. assalamualaikum…

    mau tanya, bedanya citec sama scada apa yah??

    thanks before..

  10. @iin:
    wa’alaikum salam wr wb
    setahu saya CITECT (dari Schneider) itu nama perusahaan yang memproduksi SCADA coba cek di link ini.

  11. Permisi pak, saya sangat tertarik pak dengan materi ini, jika boleh dan berkenan mohon saya juga dikirmkan modul tentang SCADA. Terimakasih banyak pak..

  12. Assalamu’alaikum wr. wb.

    Saya Sedang belajar menggunakan IFix secara Offline. Boleh minta Pak tutorialnya? jika berkenan tolong kirimi saya via e-mail.

    Dan juga “materi tentang mikrokontroler” dan “Pengolahan sinyal digital menggunakan Matlab”

    Karena Saya juga membahas Mikrokontroler dalam blog saya. “Andiero | Mikrokontroler dan pemrograman Komputer

  13. terima kasih infonya,..;)

  14. SALAM,…. BPK YTH,… SAYA TERTARIK DENGAN TEORY YG BAPK PAPARKAN , MOHON SAYA DI EMAIL SOFTWARE SKADA,… THX SEBELUMNYA

  15. saya minta buku apa saja yang saya bisa pelajari tentang scada

  16. Hi Pak Agfianto,

    Pak saya tertarik untuk blajar SCADA dan PLC lbh lanjut. Minta rekomend nya pak, baik referensi atau pun info yg bisa membantu.

    Thanks,
    Best Regards

    Binta

  17. mas,saya mahasiswa IT STT-PLN,sedang mngmbl SKRIPSI dan tema yg saya pilih adalah Simulasi MiniSCADA pada kubikel 20 KV..
    jd saya mau bikin telekontrol pada CB dngn kontrol pd Relay digital menggunakan SEPAM S20,
    klo saya baca relay ini memungkinkan untuk kita bikin control pd CB.

    bs mnta petunjuknya mas??

  18. assalamualaikum pak,

    saya mahasiswa jurusan elektro di bandung,

    kebetulan tugas akhir saya ttg SCADA. tpi saya hanya mengetahui sedikit sekali ttg SCADA. jika berkenan tolong kirim ke email saya tutorial ttg SCADA dan Komponen2 nya.

    bantuan bpa sangat ditunggu, makasih.

  19. trus bedanya scada sama dcs apa dong?? mohon bantuannya…

  20. Selamat siang Pak Agfianto,

    Saya sura, mahasiswa dari Surabaya..

    Jika bapak berkenan, apakah saya boleh meminta link, file dan segala yang berkaitan dengan scada?mengingat saya ingin mengambil topik scada. Namun referensi yang saya punya sangat terbatas. Terima kasih pak.

  21. Assalamualikum Wr.Wb
    saya adel, mahasiswa dari polban.
    mohon minta file,link,dan segala yang berbau scada..???
    mohon bantuannya pa’..
    terima kasih

  22. Assalamualikum Wr.Wb
    saya adel, mahasiswa dari polban.
    bolehkah saya minta file,link,dan segala yang berbau scada..???
    mohon bantuannya pa’..
    terima kasih

  23. pa…
    bisa ga kasih referensi tntng SCADA …
    aku pnya tapi yg bahasa ingris …jadi sbgai pemula aku ga ngrti …

  24. assalamualikum.pak agfi saya mahasiswa d3 elins ugm..saya mau tanya dmna yaah untuk mendapatkan buku panduan sebagai lengkap scada..saya kerja sbgai komisioning kontrol.terimakasih pak agfi

  25. Assalamualaikum, Gan ada gak gambar konfigurasi system scada yang terhubung dengan berbagai macam piranti seperti Industrial PC, PLC, HMI beserta plantnnya, aq penasaran banget dengan yang ini

  26. Yth.Eko, sy adlh konsultan, kontraktor Penerangan Jalan Umum, dan aplikasi lighting, mohon info alamat dan HP untuk konsultasi darat?

  27. likum .aku tertarik mempelajari SCADA,tolong di bantu mencari buku panduan yang tepat untuk pemula.kirim by emailku.terima kasih

  28. ada ni boz2 yang mau software scada gratis

  29. Ass.Wr.Wb, Pak Agfianto, perkenalkan saya Dicky pegawai swasta, saya sangat tertarik dengan hasil prestasi Bapak. dengan ini, saya berencana untuk mempelajari Ilmu SCADA dari tingkat dasar hingga Tingkat Mahir. Adapun Ilmu SCADA ini akan Saya terapkan pada jaringan listrik baik distribusi maupun transmisi, kususnya sebagai pengontrolan jarak jauh baik di aplikasikan pada automatic Meter Reading, Pengoperasian circuit breaker yaitu Close opperation maupun open operation dan pembacaan besaran- besaran listrik seperti (Daya, Tegangan, arus dll). Ada satu lagi pertanyaan saya, sebetulnya perbedaan SCADA dan DCS itu apa? mohon pencerahannya.

    Salam,
    Dicky K Prasetia

  30. Ass.Wr.Wb, Pak Agfianto, perkenalkan saya adania pegawai swasta sebuah pabrik air minum di Jakarta. Mohon bisa mengirimkan file2 tentang scada karena perusahaan tempat saya bekerja ada rencana penggunaan scada pada WTP dan distribusi…

    Terima kasih pa atas pencerahannya…

  31. terimakasih sharing ilmunya pak..
    saya tertarik belajar scada, minta pencerahan pak, kalau mau belajar scada dimulai dari mana pak, dan software yang harus disiapkan apa saja. saya coba mencari software scada di google kok dapatnya IGSS, sama tidak dengan scada terimakasih banyak

  32. Selamat siang Pak Agfianto,

    Pak saya mau bertanya mengenai Web Scada IntegraXor, apakah bapak pernah membuat project dgn integraXor. ini saya kebingungan mengenai literature yg ada dan jarang sekali ditemui studi kasus penggunaan web scada tsb

    atas perhatiannya terimah kasih

  33. Kpd Bp Agfy
    Salam kenal Pa saya janu dari Bandung dari pihak sekolah SMK ada yang membutuhkan system scada dengan pelatihan bagi siswa di kelas . Apakah bapak bisa bantu saya untuk mereka bisa menghubungi saya 087880157713 email: janurahmad@gmail.com

    Terimakasih
    Janu

Trackbacks/Pingbacks

  1. Tutorial Scada (Bagian-3): Bagaimana mengevaluasi Sistem dan Perangkat Keras SCADA?
  2. Antarmuka PC: Dasar-dasar Akuisisi Data | DSP & Embedded Electronics
  3. dikiwilardo17
  4. dikiwilardo17

Leave a Reply

You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>